Apakah Kaido akan tewas dalam akhir arc Wano? Apa yang akan terjadi kepada Kaido selanjutnya? Jika Kaido dibiarkan hidup, bagaimana dengan nasib Wano selanjutnya? Itulah mungkin beberapa pertanyaan para fans One Piece yang berkaitan dengan akhir dari sosok kaido dalam arc Wano Country. Sebagian fans berharap bahwa Kaido bisa tewas, namun sebagian lainnya justru sebaliknya.

Eiichiro Oda pernah menjelaskan apa yang menjadi alasan dirinya tidak pernah memperlihatkan Luffy menghabisi musuhnya. Menurut Oda Sensei, Luffy tidak bertarung untuk membunuh musuhnya, dia bertarung untuk harga dirinya sebagai calon raja bajak laut di masa depan. Oda juga beranggapan bahwa memperlihatkan impian dari musuhnya hancur setelah berhasil dikalahkan, bisa menjadi hukuman yang menyakitkan dan berat bagi karakter tersebut.

Oda Sensei juga sempat mengatakan bahwa dia kebingungan bagaimana caranya untuk menghadirkan cerita di mana Kaido terbunuh. Dia tidak tahu bagaimana caranya “membunuh” Kaido. Namun, jika melihat situasinya sekarang, rasanya Oda sensei bisa menemukan alasan mengapa kemudian Kaido harus tewas atau tidak bisa dibiarkan hidup.

One Piece: Satu-satunya Cara Luffy Kalahkan Kaido! | Greenscene

Dengan semua kekuatan dan kedahsyatan yang dia miliki, Kaido menjadi sosok yang terlalu berbahaya untuk bisa bertahan hidup setelah kekalahannya. Kaido sendiri selama ini sering kali diperlihatkan berusaha untuk mencari tempat yang pas demi menyambut kematiannya, dan bukan bermain-main dengan kematiannya. Selama ini pun Kaido selalu berusaha untuk bisa mati secara heroik dalam sebuah pertarungan.

Dengan asumsi bahwa Kaido akan tewas, tentunya akan kurang etis jika menghadirkan momen di mana Luffy melakukan eksekusi terhadap Kaido. Lalu, bagaimana kemudian caranya Oda Sensei menghadirkan momen Luffy “mengeksekusi” Kaido tanpa kemudian harus memperlihatkannya secara langsung? Untungnya, Oda sepertinya sudah mempersiapkan solusinya dalam beberapa chapter terakhir.

Pertama, Oda Sensei menegaskan bagaimana situasi di Onigashima saat ini. Kita diperlihatkan bagaimana seluruh istana Kaido terbakar akibat api yang dinyalakan oleh Orochi dan juga Black Maria. Apinya belum padam, bahkan semakin membesar dan terus membakar seluruh istana. Kedua, dalam chapter sebelumnya Yamato menjelaskan bahwa Onigashima adalah sebuah bom yang sangat besar.

Hal ini dikarenakan di Onigashima terdapat banyak sekali cadangan senjata dan juga bahan peledak, yang tersimpan di gudang penyimpanan istana. Rasanya Geeks pun bisa menebak apa yang akan terjadi dengan Onigashima, apalagi sisa waktu yang ada kurang dari lima menit. Kemungkinan besar pulau Onigashima akan meledak, dan itu bisa jadi jawaban untuk cara kematian Kaido.

Spoiler One Piece 1009: Big Mom Akhirnya Kalah! | Greenscene

Setelah berhasil dikalahkan oleh Luffy, Kaido yang terluka dan lemah kemudian ditinggalkan sendirian di pulau tersebut. Sedangkan yang lainnya sudah berusaha untuk pergi dari lokasi, menghindari efek yang muncul dari ledakan tersebut. Semua penduduk ibu kota bunga pun berhasil diselamatkan atau di evakuasi. Melihat kondisi tersebut, Kaido memutuskan untuk tetap tinggal.

Kaido menolak untuk diselamatkan, dan kemudian dia memilih untuk tewas dengan cara yang (menurutnya) heroik, penuh hingar bingar, dan penuh emosional, seperti yang selama ini dia inginkan. Pulau Onigashima kemudian akan meledak tanpa menyisakan apa pun, dan pada akhirnya Kaido pun tidak pernah lagi terlihat dalam cerita. Menarik tentunya melihat apa yang akan dilakukan Oda Sensei terhadap karakter Kaido.

Tetapi, seperti disebutkan di atas, rasanya memang terlalu beresiko jika kemudian Kaido dibiarkan tetap hidup setelah dia kalah. Bukan tidak mungkin jika dia kembali mengacau, bahkan dia mungkin akan menghadirkan kekacauan yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Maka, akan lebih baik jika Kaido tidak lagi kembali dalam cerita dan mewujudkan impiannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.