Tidak diragukan lagi, Yonko adalah salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece. Yonko adalah bajak laut luar biasa, yang memiliki armada yang sangat besar, jumlah pasukan yang banyak, dan wilayah kekuasaan. Mereka adalah salah satu ancaman besar dari Pemerintah Dunia, sehingga rasanya wajar jika kemudian tidak sembarangan bajak laut bisa mengalahkannya.

Seperti yang sudah kita ketahui, Yonko merupakan istilah untuk menyebutkan empat orang penguasa di lautan. Mereka adalah penguasa wilayah di New World, dan bajak laut terkuat. Yonko sendiri memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing di New World. Banyak yang berteori bahwa Yonko sendiri adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Pemerintah Dunia, yang mana artinya bisa jadi adanya pergantian (rolling) dari titel ini.

Sama halnya seperti Shichibukai, yang mana sudah ada beberapa orang yang mengisi titel tersebut. Jika melihat dari apa yang terjadi di ceritanya, kemungkinan memang teori tersebut benar adanya. Hal ini bisa dilihat dari sosok Blackbeard yang menggantikan Whitebeard sebagai salah satu Yonko, setelah Whitebeard tewas dalam pertempuran di Marineford.

One Piece: Apakah Big Mom Akan Mengkhianati Kaido? | Greenscene

Saat ini, di arc Wano Country, dua orang Yonko sedang bertarung menghadapi lima bajak laut baru yang menjadi bagian dari Worst Generation. Mereka adalah Kaido dan juga Big Mom. Rasanya Geeks pun sudah tahu siapa sosok Kaido dan Big Mom, dua Yonko yang dikenal memiliki kekuatan dahsyat. Bahkan, Kaido sendiri dikenal sebagai ‘makhluk paling kuat di seluruh dunia.’

Dan hal ini terbukti dalam pertempuran di Onigashima, di mana Luffy harus kalah berkali-kali dalam pertarungan mengahadapi Kaido. Bahkan, Luffy sempat berhasil dikalahkan dengan hanya satu kali serangan saja oleh Kaido, sebelum kemudian dia berlatih kembali di penjara Udon dan bergabung dalam pertempuran di Onigashima dengan kekuatan baru dan barulah mampu mengimbangi kekuatannya.

Big Mom pun sama. Dalam pertempuran melawan Worst Generation di Onigashima, kita melihat bagaimana kengerian dari sosoknya. Saat ini, Big Mom sedang menghadapi Law dan juga Kidd. Namun, kedua Worst Generation tersebut sepertinya menghadapi kesulitan untuk bertarung melawan Big Mom. Meskipun begitu, bukan hal mustahil Yonko dikalahkan.

ONE PIECE] Spoiler One Piece Chapter 1011, Big Mom Akan Khianati Kaido

Contoh nyatanya adalah ketika Whitebeard diserang seluruh pasukan angkatan laut, dan akhirnya harus tewas. Artinya para Yonko yang tersisa juga memiliki peluang yang sama dengan Whitebeard. Banyak fans berteori bahwa pasca arc Wano Country ini, kemungkinan Yonko yang tersisa hanya dua orang saja. Mereka adalah Blackbeard dan juga Shanks.

Kaido dan Big Mom banyak diteorikan akan kalah dan tewas dalam arc Wano Country. Seperti yang dijelaskan dalam artikel lain, kedua Yonko tersebut – terutama Kaido – terlalu berbahaya jika kemudian masih hidup setelah kalah dari Worst Generation. Bukan tidak mungkin jika Kaido akan menimbulkan kekacauan yang jauh lebih besar saat dia kembali beraksi. Dia juga mungkin akan kembali merebut Wano dari tangan penguasa sahnya.

Karena itulah ada kemungkinan jika kedua Yonko di atas tewas dalam ceritanya, yang mana artinya tersisa dua orang Yonko. Bagaimana dengan Luffy? Meskipun untuk bisa dianggap sebagai Yonko secara resmi perlu persetujuan dari pihak Pemerintah Dunia, namun sosok Luffy sendiri sejak memasuki New World sudah dianggap sebagai Yonko baru alias Yonko kelima.

Teori Gila One Piece: Shanks Tahu Gomu Gomu no Mi Luffy Lawan Alami Gura Gura no Mi Blackbeard - Pikiran Rakyat Bekasi - Halaman 2Dan hal ini juga diperkuat oleh cerita yang dihadirkan oleh Oda Sensei, di mana dalam ceritanya diperlihatkan Luffy mengalami peningkatan kekuatan yang sangat drastis. Peningkatan kekuatan tersebut dianggap membuat Luffy saat ini sudah setara dengan para Yonko lainnya – setidaknya dari segi kekuatan. Jika memang demikian, maka Luffy pun tidak perlu pengakuan dari pihak Pemerintah Dunia untuk bisa dianggap Yonko.

Berdasarkan hal tersebut, kesimpulannya, setelah arc Wano Country selesai maka di dunia One Piece tersisa dua orang Yonko yaitu Shanks dan Blackbeard, ditambah sosok Luffy yang harus diakui sebagai Yonko setelah berhasil mengalahkan Kaido. Artinya total ada tiga orang Yonko yang masih berlayar di lautan One Piece. Apakah kemudian pihak Pemerintah Dunia akan membubarkan sistem ini? Atau justru akan tetap melanjutkannya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.