Bisakah Boruto Uzumaki menjadi seorang Jinchuriki? Pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak Geeks semua, mengingat ayah Boruto, Uzumaki Naruto, merupakan seorang Jinchuriki. Menjadi Jinchuriki tentunya bukanlah sebuah perkara yang mudah. Memiliki monster dengan kekuatan besar di dalam tubuh, tentunya memerlukan sebuah tanggung jawab yang besar. Belum lagi jika tubuhnya tidak sanggup untuk kemudian menjadi wadah bagi para monster tersebut.

Pada awalnya, monster tailed beast sengaja muncul karena Hagoromo dan juga Hamura mencoba untuk memecah kekuatan chakra dari monster ekor 10 ketika Kaguya menyerang bumi. Pada saat itu, Kaguya menggunakan monster ekor 10 untuk mendapatkan kembali buah chakra yang diambil oleh kedua anaknya tersebut. Tetapi, kedua anaknya berhasil menyegel sang ibu selama ribuan tahun.

Sedangkan untuk monster ekor 10 yang digunakan sebagai senjata Kaguya, Hagaromo dan Hamura kemudian “memecah” kekuatannya menjadi sembilan sosok monster berekor, yang mana jika semuanya dikumpulkan maka monster ekor 10 akan kembali bangkit bersama dengan Kaguya Otsutsuki. Monster-monster tersebut kemudian disebar ke seluruh penjuru dunia.

Kurama Naruto - Boruto: Naruto Next Generation Indonesia

Karena mereka sangat membahayakan bagi orang-orang, akhirnya para shinobi butuh wadah atau tempat untuk menampung para monster tersebut. Dan orang-orang yang disebut Jinchuuriki inilah yang kemudian dipilih/terpilih untuk menjadi wadah bagi para monster-monster tersebut. Salah satu contoh yang populer dari Jinchuuriki adalah Uzumaki Naruto.

Seorang jinchuriki bisa mewariskan monster yang ada dalam tubuhnya ke generasi selanjutnya, atau orang yang memang dipilih untuk menjadi jinchuriki tersebut. Naruto sendiri sempat menjadi jinchuriki dari monster ekor sembilan, Kurama. Naruto merupakan jinchuriki ketiga setelah nenek dan juga ibunya. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan apakah kemudian Boruto bisa menjadi seorang jinchuriki seperti halnya sang ayah?

Secara teori, Uzumaki Boruto merupakan seorang Jinchuriki dengan adanya bukti segel Karma yang muncul dalam tubuhnya. Yang membedakan adalah Boruto merupakan Jinchuriki bagi salah satu anggota klan Otsutsuki, yaitu Momoshiki Otsutsuki, dan bukan Jinchuriki monster berekor seperti ayahnya. Seorang Otsutsuki memang akan hidup di tubuh orang lain/Jinchuriki, memberikan mereka kekuatan sampai mereka bisa mengambil alih tubuh tersebut.

Boruto Jadi Wadah Kurama Jika Naruto Mati | Greenscene

Hal itulah yang menyebabkan para fans banyak yang berargumen bahwa suatu hari nanti tubuh Boruto akan diambil alih secara penuh oleh Momoshiki. Dan seperti yang dijelaskan oleh Amado, satu-satunya cara untuk menghentikan hal tersebut adalah dengan membunuh Boruto. Tetapi, apakah kemudian Boruto bisa menjadi seorang jinchuriki?Peluang tersebut ada meskipun kemungkinan untuk berhasil sangatlah kecil bahkan berpotensi menjadi mustahil.

Ada beberapa catatan yang harus dipenuhi. Pertama, sosok Momoshiki yang ada dalam tubuh Boruto harus sudah keluar terlebih dahulu. Boruto tidak bisa menjadi wadah bagi dua makhluk kuat. Rasanya belum ada seorang karakter dalam franchise Naruto yang menjadi Jinchuriki atau wadah bagi dua makhluk kuat. Tubuhnya tentu tidak akan kuat menahan tenaga yang sangat besar.

Kedua, ada shinobi yang mau dan bisa melakukannya. Memasukan monster tailed beast ke dalam tubuh seorang Jinchuriki tidaklah mudah dan butuh pengorbanan yang besar. Bukti nyatanya adalah Minato Namikaze, ayah dari Naruto, yang harus tewas karena berusaha untuk menjinakan Kurama dan memasukannya ke dalam tubuh Naruto.

Gambar Boruto Mata Jougan

Ketiga, Boruto harus memenuhi berbagai hal teknis untuk menjadi seorang Jinchuriki. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak mudah untuk membuat seseorang menjadi Jinchuriki. Ada banyak hal teknis yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Ketika seseorang sudah dipilih untuk menjadi Jinchuriki, orang tersebut belum tentu cocok menjadi Jinchuriki.

Salah satu contoh teknis untuk menjadi Jinchuriki adalah tubuhnya pas atau kompatibel dengan sang monster berekor. Dalam ceritanya, tidak sedikit orang yang tewas karena tubuhnya tidak sanggup atau tidak pas menanggung beban monster berekor dalam tubuhnya. Belum lagi chakra monster berekor tidak cocok dengan chakra orang tersebut.

Shukaku, monster ekor satu dan dianggap paling “lemah” diantara monster lainnya, sempat diperlihatkan tidak cocok dengan Gaara sebelum kemudian Gaara dan Shukaku mampu menjalin hubungan (bond) dan akhirnya Shukaku bisa tinggal dengan baik di tubuh Gaara. Bagaimana dengan Boruto? Bukankah Boruto karakter yang lebih kuat dari Naruto?

Boruto memang merupakan bagian dari klan Uzumaki. Dan dia memiliki DNA seorang Uzumaki, untuk bisa memiliki kemampuan menahan chakra dalam jumlah besar. Tetapi, kita masih belum tahu apakah Boruto juga memiliki kemampuan yang sama dengan Naruto, yang sedari kecil diberkahi oleh kemampuan chakra yang melimpah sehingga bisa menjadi Jinchuuriki Kurama.

Jika kemudian Karma sudah tidak lagi ada di dalam tubuh Boruto, dan Boruto kemudian ditunjuk menjadi seorang Jinchuuriki, monster mana yang cocok untuk Boruto? Shukaku bisa menjadi pilihan yang menarik. Bijuu yang sempat ada di tubuh Gaara ini berbeda dengan Shukaku yang dahulu. Sekarang, dia sudah lebih mudah dikendalikan.

Dengan lebih mudah dikendalikan, tentu akan lebih mudah bagi Boruto untuk memanfaatkan kekuatannya. Dan melihat Boruto yang kemudian menjadi Jinchuuriki selanjutnya bagi Shukaku, mungkin Gaara dan juga Naruto tidak akan keberatan – meskipun keduanya lebih memilih untuk tetap pada pendirian mereka sebelumnya. Bagaimana menurut kalian Geeks?