Sejak awal seri One Piece dimulai, Sanji sudah menunjukan kualitasnya sebagai salah satu karakter terkuat dalam kru Topi Jerami selain Luffy dan Zoro. Meskipun dia berperan sebagai chef atau juru masak di kapal Thousand Sunny, kekuatannya sangat luar biasa bahkan dia dianggap sebagai salah satu dari trio monster.

Menemukan keluarga baru di kru Topi Jerami membuat Sanji sering kali ikut bertarung demi melindungi para keluarganya tersebut dari berbagai ancaman atau musuh kuat yang datang. Dalam berbagai kesempatan, seperti saat arc Enies Lobby dan time-skip selama dua tahun, Sanji berusaha untuk bisa menjadi lebih kuat. Akhirnya dia pun mendapatkan tambahan kekuatan baru yaitu Diable Jambe dan Haki.

Dalam pertempuran di Onigashima yang terjadi saat ini, Sanji kembali mendapatkan peningkatan kekuatan. Yang berbeda adalah dalam peningkatan kekuatan kali ini, ada kaitannya dengan teknologi Germa 66, bagian militer dari kerajaan Germa, yang merupakan keluarga asli dari Sanji. Teknologi Germa 66 inilah yang membuat tentara kerajaan Germa beserta seluruh saudara kandung Sanji kuat dan mengerikan.

Namun, yang menarik adalah ketika Sanji merasakan adanya peningkatan kekuatan dalam dirinya, dia menolak. Dia marah dan mengatakan bahwa dia tidak mau seperti saudara-saudaranya yang lain. Hal tersebut tentunya menjadi pertanyaan besar, mengapa Sanji tidak ingin menjadi lebih kuat? Mungkin hal itu ada kaitannya dengan masa lalu Sanji yang buruk dan mengerikan.

Tumbuh sebagai pangeran dari salah satu kerajaan yang menguasai teknologi paling maju di dunia, kehidupan Vinsmoke Sanji tentunya dianggap sangat mudah dan akan sangat menyenangkan. Namun, pada kenyataanya, hal tersebut justru sebaliknya. Sang ayah, Vinsmoke Judge, memiliki rencana lain bagi anak-anaknya. Dia melakukan berbagai eksperimen mengerikan terhadap anak-anaknya, bahkan ketika mereka masih dalam rahim sang ibu, Sora.

Judge mencoba menyiapkan anak-anaknya untuk bisa lahir dengan kemampuan yang luar biasa dan berbagai peningkatan lainnya. Judge juga mempersiapkan anaknya agar mereka tidak memiliki kelemahan seperti simpati dan empati. Berkat pengorbanan sang ibu, Sanji kemudian mendapatkan nasib yang berbeda dari saudara-saudaranya. Sora melakukan hal yang tidak diduga sebelumnya.

Sora meminum obat yang mencegah eksperimen Judge berkembang. Dia berharap bahwa upayanya tersebut akan menyelamatkan anaknya dari harapan sang ayah, yaitu tumbuh menjadi monster mengerikan. Yang disayangkan dari hal tersebut adalah hanya Sanji yang kemudian “berhasil” menggagalkan upaya dari sang ayah. Namun, ada harga yang harus dibayar Sanji.

Judge dan saudara-saudaranya yang lain sering kali melakukan kekerasan dan perundungan terhadap Sanji. Masa kecil Sanji benar-benar dipenuhi oleh luka dan air mata dari keluarganya. Judge begitu membenci Sanji karena dia lemah. Bahkan, dianggap paling lemah diantara semuanya. Sementara saudara-saudaranya yang lain secara rutin memperlihatkan bagaimana perkembangan kekuatan mereka.

Hanya sang ibu yang sering memberikan kasih sayang terhadap Sanji. Tragisnya, obat yang diminum oleh Sora untuk menghentikan upaya Judge terhadap Sanji dan saudara-saudaranya, harus menyebabkan kematian bagi Sora. Tidak lama setelah kematian ibunya, Sanji pun dikurung di ruang bawah tanah. Sang ayah tidak ingin melihat sosok Sanji lagi, yang mana hal itu semakin membuat Sanji menjadi bulan-bulanan saudaranya – kecuali Reiju.

Ketika Germa melakukan penyerangan ke wilayah lain, Sanji pun melihat peluang tersebut untuk kabur. Judge sendiri mengetahui hal tersebut dan malah membantunya kabur. Melihat Sanji sebagai kegagalan, Judge meminta Sanji untuk tidak pernah mengungkapkan jati dirinya. Hal itu dianggap sebagai aib oleh sang ayah. Dan akhirnya Sanji pun melakukan hal tersebut.

Ketika Sanji kembali bertemu dengan keluarganya, mereka justru memanfaatkan Sanji. kerajaan Germa berharap menjalin kerja sama dengan kelompok bajak laut Big Mom. Mereka pun mengingat kerja sama dengan cara menikahkan Sanji dengan Pudding. Agar semuanya berjalan sesuai rencana, mereka mengancam akan menghabisi kru Topi Jerami dan juga menghancurkan Baratie jika Sanji tidak mengikuti hal tersebut.

Pada akhirnya, semuanya gagal setelah diketahui bahwa Big Mom mengkhianati Germa. Hal itu memaksa Sanji untuk menyelamatkan mereka. Berdasarkan hal tersebut, bisa dipahami bagaimana perasaan Sanji terhadap keluarga dan semua warisan mereka. Sanji memang menyelamatkan keluarganya di Tottoland, namun hal itu karena kebaikan yang ada dalam dirinya, bukan karena dia memaafkan atau mencintai keluarganya.

Bahkan, Raid Suit yang diciptakan oleh Judge khusus untuk Sanji pun baru digunakan beberapa kali sejauh ini – sekali saat mencari tahu apa yang bisa dilakukan Raid Suit, sekali saat Sanji menggunakannya untuk mengintip wanita, sekali saat bertarung melawan Page One, dan sekali ketika menyelamatkan Momonosuke dari King.

Meskipun Sanji tidak senang dengan peningkatan kekuatan dari teknologi Germa yang ada di dalam tubuhnya, namun patut untuk diperhatikan bahwa dia ingin menjadi lebih kuat. Sanji ingin menjadi lebih kuat dengan caranya sendiri, bukan dengan bantuan teknologi seperti saudara-saudaranya. Inilah yang mungkin jadi alasan mengapa Sanji kemudian mengatakan bahwa dia tidak ingin seperti saudara-saudaranya.

One Piece: Observation Sanji Lebih Hebat Dari Milik Luffy? | Greenscene

Sanji sering kali berada di urutan ketiga di bawah Zoro, meskipun dia termasuk dalam tiga monster kelompok Topi Jerami. Meskipun dia sadar posisinya adalah juru masak, namun dia juga sadar tentang perannya untuk menjadi salah satu sayap dari Luffy yang akan membawanya mewujudkan mimpi sebagai raja bajak laut. Karena itulah dia harus menjadi kuat untuk bisa membantu Luffy.

Sayangnya, peningkatan kekuatan yang dialami Sanji sekarang ini tidaklah sesuai dengan keinginannya. Dia membenci Germa dan juga keluarga Vinsmoke. Sanji tidak ingin apa pun dari mereka. Yang paling buruk, peningkatan kekuatan tersebut mungkin akan dianggap Sanji sebagai pengorbanan yang sia-sia dari sang ibu. Kita memang masih belum tahu seperti apa kekuatannya, namun Sanji secara jelas memperlihatkan bahwa dia tidak ingin seperti keluarganya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Sanji memang akan berubah menjadi monster atau tidak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.