The Expendables 4 akan kembali menghadirkan beberapa pemeran lama dari tiga film sebelumnya, termasuk Sylvester Stallone sebagai Barney Ross, Jason Statham sebagai Lee Christmas, Dolph Lundgren sebagai Gunner Jensen, dan Randy Couture sebagai Toll Road. Para pemeran lama ini nantiya akan ditemani oleh beberapa pemeran baru seperti Curtis “50 Cent” Jackson, Megan Fox, Tony Jaa, Andy Garcia, Eddie Hall, Sheila Shah, Jacob Scipio, dan Levy Tran. Dengan banyaknya aktor besar yang terlibat, sepertinya tidak semua karakter tersebut akan selamat sampai di akhir film.

Beberapa hari yang lalu, aktor Sylvester Stallone membagikan sebuah video yang menyatakan bawah dirinya telah menyelesaikan syuting The Expendables 4. Tidak berhenti sampai disitu, aktor veteran berusia 75 tahun ini mengungkapkan bahwa The Expendables 4 adalah film terakhirnya sebagai Barney Ross. Stallone juga menambahkan bahwa dia akan menyerahkan “tongkat estafet” The Expendables kepada Jason Statham yang memerankan Lee Christmas di waralabanya. Lantas bagaimana nasib Barney Ross setelah film The Expendables 4 nanti? Apakah dia akan dimatikan atau diperlihatkan pensiun?

Sebenarnya kabar bahwa Stallone akan pensiun dari waralaba sudah terdengar sejak lama. Kabar tersebut menyebutkan bahwa film The Expendables 4 adalah sebuah spin-off untuk karakter Lee Christmas. Walaupun pada akhirnya kabar tersebut tidak pernah terbukti, tetapi dengan pernyataan Stallone baru-baru ini, sepertinya film keempat nanti memang akan lebih banyak berfokus pada karakter Lee Christmas. Ditambah lagi, jangka waktu syuting Stallone sendiri terbilang cukup singkat, padahal syuting baru saja dimulai pada bulan September lalu.

Kemungkinan besar karakter Barney Ross yang diperankan oleh Stallone akan diperlihatkan mati di film The Expendables 4 nanti. Bagi sebagian penggemar mungkin teori ini terdengar terlalu menyedihkan, mengingat Barney Ross telah menemani penggemar sekitar 12 tahun lamanya. Barney Ross adalah pemimpin dari tim The Expendables, dia terkenal karena kemampuannya yang cepat dalam menggunakan pistol, dari mulai menembak sampai mengisi peluru. Barney adalah orang yang mempunyai banyak pengalaman bertempur, sehingga sudah menjadi tugasnya untuk menjadi pemimpin tim.

Namun, kematian Barney Ross adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh waralaba. Sebagai karakter yang menjadi jantung tim saat melakukan banyak pertempuran, mati karena usia tua terdengar berlawanan dengan prinsip hidup Barney Ross. Dia pasti akan lebih memilih mati sebagai pahlawan dalam pertempuran, daripada sakit-sakitan di ranjang rumah sakit pada usia tua. Selain itu, kematian Barney akan memberi banyak dampak terhadap waralaba kedepannya.

Selama ini hanya ada satu orang yang mati dari pihak The Expendables, yaitu Billy “The Kid” yang diperankan oleh Liam Hemsworth. Kematian Billy di The Expendables 2 membuat semua tim bersatu dan akhirnya menang. Sehingga bisa dibayangkan jika karakter sebesar Barney diperlihatkan mati, selain menjadi momen untuk membuat tim makin kuat, kematian Barney juga bisa menjadi dorongan bagi waralaba untuk makin viral dan terkenal. Hubungan dekatnya dengan Lee juga dapat menjadi salah satu faktor mengapa Barney harus mati.

Barney melihat Lee sebagai adik sekaligus sahabatnya di tim The Expendables, begitu juga dengan Lee yang melihat Barney sebagai sahabat sekaligus mentornya. Sehingga selain menyedihkan bagi tim, kematian Barney juga akan sangat emosional bagi karakter Lee Christmas. Setelah kepergian Barney, hal itu bisa dipakai untuk membangun kisah Lee Christmas kedepannya, di mana dia membangun tim yang lebih kuat untuk menghadapi ancaman yang jauh lebih besar lagi pada masa depan The Expendables.

Walaupun banyak alasan untuk membuat Barney Ross mati, pada akhirnya hanya penulis yang bisa menentukan nasib Barney. Bisa saja dia tidak diperlihatkan mati, melainkan tetap hidup sampai akhir film dan memutuskan untuk pensiun. Hanya saja adegan yang jika Barney masih hidup dan pergi meninggalkan tim adalah adegan di mana dia pergi menuju matahari terbenam dengan motornya. Dengan teman-temannya di The Expendables yang melepasnya dengan senyuman dan air mata. Kalau menurut kalian, Geeks, mana ending yang lebih baik untuk Barney Ross?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.