Sengoku merupakan tokoh penting di One Piece. Dia adalah seorang pemimpin tertinggi Angkatan Laut dan orang yang paling disegani. Sengoku adalah teman baik Garp dan juga salah satu orang yang masih hidup sejak era Gol D. Roger. Dia sosok yang menjunjung tinggi keadilan diatas apapun dan tidak memiliki belas kasih pada orang-orang yang dia anggap jahat.

Meski terkesan tegas, namun Sengoku sebenarnya sangat penyayang. Dia sempat mengasuh dua anak kecil yang akhirnya tumbuh dewasa di jalannya masing-masing. Anak yang pertama adalah Donquixote Rosinante alias adik kandung Doflamingo. Setelah kematian ayahnya, Rosinante secara diam-diam diasuh Sengoku. Sejak umur 8 tahun Rosinante mendapat didikan yang tegas dan mendapat rasa kasih sayang Sengoku. Sebagai balas budinya, Rosinante akan menuruti semua perintah Sengoku, salah satunya menjadi mata-mata di bajak laut Doflamingo.

Rosinante menjadi mata-mata Doflamingo sejak lama. Dia selalu melaporkan pergerakan Doflamingo secara diam-diam dan selalu sukses dalam menjalankan misi yang diberikan Sengoku. Bahkan Rosinante menjadi salah satu anggota paling dipercaya Doflamingo. Sayangnya kedok Rosinante akhirnya terbongkar dan dia dibunuh Doflamingo. Kematian Rosinante membuat Sengoku sangat sedih. Sengoku telah menganggap Rosinante sebagai anaknya sendiri.

Sementara itu, X Drake adalah anak asuh kedua Sengoku. Tidak begitu dijelaskan dengan detail bagaimana hubungan mereka berdua dalam serial One Piece. Namun konon kabarnya setelah X Drake berhasil kabur dari kelompok ayahnya yang sedang di serang Doflamingo, dia bertemu dengan Sengoku. X Drake juga diasuh sejak kecil dan mendapat didikan yang kurang lebih mirip seperti mendiang Rosinante. Terbukti dia menjadi mata-mata di kelompok bajak laut Beasts yang dipimpin Kaido.

X Drake juga menjadi salah satu anggota SWORD, sebuah kelompok rahasia dari Angkatan Laut. Organisasi ini sangat rahasia dan Pemerintah Dunia hingga sekarang masih belum tahu keberadaannya. Bisa jadi SWORD akan ikut mencari informasi penting terkait kejahatan-kejahatan yang dilakukan Pemerintah Dunia. Konon kabarnya SWORD adalah organisasi paling netral dan tidak memihak siapapun.

Sengoku terbukti telah berhasil mendidik dua anak asuhnya sebagai mata-mata yang handal. Dia telah menjadi salah satu mantan anggota Angkatan Laut yang tidak mudah percaya pada Pemerintah Dunia, terutama setelah Sengoku mengetahui Pemerintah Dunia menutupi beberapa fakta kejahatan yang telah mereka lakukan di masa lalu. Sengoku juga sempat tidak sepakat dengan Pemerintah Dunia yang memilih menyembunyikan informasi terkait tahanan Impel Down level 6 yang kabur. Padahal masyarakat perlu mengetahuinya agar bisa menjaga diri dari kemungkinan terburuk.

Setelah time-skip, Sengoku pensiun dari jabatannya sebagai pemimpin tertinggi Angkatan Laut dan menikmati hidupnya dengan santai sebagai oran tua biasa. Namun nampaknya Sengoku masih menyembunyikan sesuatu yang hingga sekarang masih belum diketahui orang banyak. Bisa jadi dia dan Garp sedang merencanakan sesuatu untuk membereskan beberapa masalah besar yang berhubungan Pemerintah Dunia. Setelah Perang Besar Marineford, nampaknya Sengoku sadar bahwa dia selama ini terlalu naif dalam menilai keadilan. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah Sengoku berhasil mendidik kedua anak asuhnya?