Di chapter 1018 kemarin, Who’s Who bercerita tentang sosok legendaris yang pernah dia dengar ketika dipenjara. Sosok tersebut bernama “Sun God” Nika atau Nika sang dewa matahari. Menurut cerita yang dituturkan oleh Who’s Who, sosok Nika ini sering kali membebaskan para budak yang ditawan. Dan karena hal itu pula Who’s Who berharap bahwa dia bisa diselamatkan dari penjara.

Namun, Who’s Who kemudian menjelaskan bahwa penjaga yang bercerita tentang sosok Nika tersebut kemudian harus “menghilang”, dan sesuatu terjadi padanya akibat ulah Pemerintah Dunia. Hal ini bisa diartikan bahwa cerita tentang sosok Nika tersebut seharusnya tidak boleh dibagikan atau diceritakan kepada orang lain, yang memang bukan bagian dari Pemerintah Dunia.

Titel Nika sebagai dewa matahari ini bisa dibilang menarik. Dan juga titel tersebut mungkin ada kaitannya dengan semua motif matahari dan juga referensi yang selama ini sudah diperlihatkan di sepanjang serinya, terutama di Alabasta, Shandora, dan juga kelompok bajak laut Matahari. Mother Carmel sendiri sempat menyinggung nama dewa matahari untuk menipu para anak-anak.

Sebenarnya mungkin referensi atau motif matahari yang sudah diperlihatkan di serinya ada banyak, namun sebagian besar terlewatkan. Namun, satu hal yang pasti adalah semua motif dan referensi tersebut kemungkinan memiliki kesamaan yaitu semuanya terhubung dengan kerajaan kuno, yang merupakan incaran dari 20 kerajaan pada zaman dahulu. Peristiwa tersebut yang kemudian melahirkan Pemerintah Dunia.

Seperti yang pernah ditulis di artikel sebelumnya, spekulasi mengenai siapa sosok Nika pun bermunculan. Dan salah satu spekulasi yang banyak muncul adalah adanya kemungkinan bahwa Nika merupakan Joy Boy. Terdapat sebuah teori yang berpendapat bahwa sosok Nika memanglah sosok Joy Boy dan nama ‘Nika’ sendiri merupakan salah satu nama lain dari Joy Boy.

Sempat muncul juga spekulasi lain yang menyebutkan bahwa ‘Joy Boy’ sebenarnya adalah titel, dan bukan nama seseorang. Kita juga tahu dari flashback Oden bahwa Roger mengharapkan kembalinya Joy Boy, seperti halnya Oden dan juga Kaido. Mengingat bahwa Joy Boy adalah sosok yang sangat penting di masa lalu, tidak heran jika dia kemudian memiliki banyak nama lain, dan Nika bisa jadi adalah salah satunya.

Manga Onigashima Spoiler] It all comes back to Skypeia : u/Altrustic-Dictator

Joy Boy juga sering dikaitkan dengan kebangkitan dunia dan sosok Nika juga memiliki simbol matahari, yang mana kemudian dia direferensikan sebagai dewa matahari. Dan yang juga penting adalah bagaimana Who’s Who secara khusus bertanya mengenai sosok Nika kepada Jinbe yang merupakan seorang manusia ikan, untuk menggali informasi lebih lanjut tentang sosok legendaris itu.

Dari Poneglyph yang ada di pulau manusia ikan kita tahu bahwa Joy Boy sudah berjanji kepada seluruh penduduk bahwa dia akan membawa manusia ikan ke daratan. Sayangnya, janji itu tidak pernah dia tepati karena Joy Boy sudah tewas. Para penduduk Wano sendiri kemudian melihat sosok “Joy Boy” yang diprediksi oleh Oden 20 tahun lalu di dalam sosok Luffy. Sehingga inilah yang kemudian membuat para fans berpendapat bahwa Luffy mungkin adalah Nika atau terkoneksi dengan sosok Nika.

Seperti yang kita ketahui, Luffy sering kali membantu wilayah atau tempat yang sedang mengalami kesulitan. Contohnya adalah wilayah Alabasta, yang sempat diterjang konflik perang saudara yang diakibatkan oleh Crocodile. Namun, Luffy kemudian berhasil membantu wilayah tersebut dari kehancuran dengan mengalahkan sang mantan Shichibukai.

How will straw hats defeat kaido? - Quora

Kemudian, dalam arc pulau langit mereka berada dalam kondisi yang terburuk. Mereka selalu ditindas dan berada dalam ancaman dari Enel. Para suku Shandia dan suku lainnya sudah berusaha untuk melakukan perlawanan, namun upaya mereka tidak pernah berhasil. Barulah kemudian setelah Luffy dan kru Topi Jerami muncul mereka mampu hidup dalam damai, karena Enel dan para anak buahnya berhasil dikalahkan.

Terakhir, saat ini Luffy sedang berusaha untuk bisa membebaskan Wano dari cengkraman Kaido dan juga Orochi. Berbicara mengenai referensi tentang matahari, tentu menarik untuk melihat gambaran yang lebih besar lagi mengenai keterkaitannya dengan referensi bulan di cerita sampul milik Enel, sejarah penduduk Shandia yang pindah dari bulan, serta nama-nama keluarga di Wano yang berkaitan dengan bulan – contohnya Shimotsuki. Kita nantikan saja penjelasan lebih jelasnya di chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.