Jiraiya merupakan salah satu karakter klasik yang mana sosoknya masih terus dikenang oleh para fans. Dalam franchise Naruto, nama Uzumaki Naruto dan Boruto mungkin adalah dua nama yang paling populer. Namun, pada kenyataannya selain mereka berdua ada juga karakter lain yang tidak kalah populer. Salah satunya adalah Jiraiya.

Rasanya hampir semua Geeks mengenal siapa Jiraiya. Dia adalah salah satu legenda Sannin Konoha dan merupakan mentor bagi Naruto. Jiraiya sendiri diceritakan tewas, saat dia bertarung melawan Akatsuki. Dan tidak dipungkiri bahwa kematian Jiraiya membawa kesedihan bagi para fans. Meskipun begitu, kepopuleran sosok Jiraiya tidak pernah padam. Bahkan, sampai saat ini ketika serinya sudah mengeluarkan sekuel.

Berbicara mengenai sosok Jiraiya, sama seperti beberapa karakter dalam franchise Naruto lainnya, ia merupakan salah satu karakter yang misterius. Sampai saat ini, tidak diketahui bagaimana asal-usulnya. Inilah yang menjadi salah satu hal yang membuat para fans penasaran. Dengan kurangnya informasi yang beredar mengenai asal-usul Jiraiya, tidak jarang hal ini membuat para fans banyak berteori.

52+ Unduh Gambar Kartun Naruto Jiraiya - KataCCp

Salah satu yang menarik adalah teori tentang kemungkinan bahwa Jiraiya merupakan keturunan dari Hokage kedua, Tobirama Senju. Mengapa kemudian Jiraiya dianggap memiliki koneksi dengan adik Hashirama Senju tersebut? Ada beberapa poin pendukung yang dianggap bisa menjadi bukti terkait adanya hubungan antara sosok Jiraiya dan juga Tobirama. Yang pertama adalah rambut.

Seperti yang kita ketahui sosok Jiraiya memiliki rambut berwarna putih dengan modelnya yang berduri atau runcing. Warna rambut tersebut dianggap cocok dengan warna rambut Tobirama. Yang perlu diperhatikan bahwa rambut Jiraiya ini memang berwarna putih sejak dia masih kecil. Dalam franchise Naruto, ada tiga klan yang diketahui memiliki warna rambut putih.

Yang pertama adalah klan Otsutsuki. Seperti yang kita ketahui, klan para dewa ini memiliki warna rambut putih dan kulit mereka pun putih. Bahkan, warna mata mereka juga putih. Hal ini memang dirasa cocok mengingat klan tersebut merupakan klan elit yang berisi para dewa. Namun, kecil kemungkinan jika Jiraiya berasal dari klan ini.

Naruto: Bagaimana Jika Jiraiya Masih Hidup? | Greenscene

Selain klan Otsutsuki ada juga klan Hatake yang memiliki rambut putih. Kita bisa lihat dari sosok Hatake Kakashi dan juga Hatake Sakumo. Namun, lagi-lagi kemungkinan ini kecil karena sejak bertemu dengan Kakashi pun Jiraiya seolah nampak biasa saja. Mereka nampak seperti murid dan guru, bukan layaknya saudara. Tidak pernah ada pembicaraan mengenai atau hal yang menyangkut keluarga.

Bagaimana dengan klan Senju? Klan Senju memang tidak memiliki ciri khusus, seperti rambut putih. Namun, dari klan tersebut hanya Tobirama yang kemudian rambutnya berwarna putih. Kemudian petunjuk selanjutnya adalah bagaimana Jiraiya sangat ahli dalam menggunakan teknik atau jutsu dari elemen air. Dan hal ini pun merupakan keahlian dari sosok Tobirama Senju.

Jiraiya dikenal karena kemampuannya yang luar biasa. Dan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh jiraiya adalah penggunaan jutsu air. Teknik ini bisa saja memang dipelajari saat dia masih muda dan belajar menjadi shinobi hebat. Namun, di sisi lain, hal ini juga bisa saja diwariskan dari leluhurnya. Tobirama Senju sendiri memang sudah lama dikenal sebagai shinobi yang ahli dalam hal jutsu air.

Naruto: 5 Alasan Tobirama Senju Adalah Hokage Terburuk

Petunjuk terakhir adalah garis atau riasan warna merah yang ada di wajah. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa arti riasan di wajah Jiraiya yang terlihat seperti coretan berwarna merah. Apakah itu merupakan simbol keluarga/klan? Apakah itu merupakan aturan dari klannya? Yang pasti riasan tersebut terlihat sama dengan apa yang dikenakan oleh Tobirama, meskipun polanya berbeda.

Untuk saat ini, sepertinya asal-usul mengenai masa lalu Jiraiya masih akan tetap menjadi misteri besar. Karena, tidak ada petunjuk pasti dari mana sosok Jiraiya berasal. Selain adanya kemungkinan Jiraiya berasal dari klan Senju – dalam hal ini adalah keturunan Tobirama – namun mungkin juga Jiraiya bukan berasal dari klan elit atau terpandang seperti klan Namikaze atau klan kecil lainnya. Bagaimana menurut kalian Geeks?