Monkey D. Dragon adalah salah satu misteri besar yang belum terpecahkan sampai saat ini. Kita belum tahu banyak tentang sosok Dragon, selain dia adalah ayah dari Luffy dan juga pemimpin Pasukan Revolusi. Banyak teka-teki muncul yang berkaitan dengan sosok Monkey D. Dragon termasuk mengenai masa lalunya. Dengan sosoknya yang misterius banyak para fans yang kemudian menerka-nerka mengenai sosoknya.

Mengapa Monkey D. Dragon sangat berhasrat untuk menghancurkan Pemerintah Dunia, dalam hal ini adalah kaum naga langit, dan bukan pihak angkatan laut? Itulah yang masih menjadi misteri sampai saat ini dan membuat fans penasaran. Ada banyak teori yang beredar tentang sosok Dragon dan juga masa lalunya. Misalnya ada teori bahwa Dragon dulunya adalah seorang perwira angkatan laut atau seorang agen Cipher Pol.

Yang juga menarik adalah sempat muncul sebuah teori yang menyebutkan bahwa Monkey D. Dragon dan juga Gol D. Roger memiliki koneksi atau hubungan. Dalam teorinya disebutkan bahwa Dragon dan Roger adalah saudara. Sekilas tentu teori ini menarik, karena keduanya sama-sama memiliki mimpi yang besar dan merupakan sosok yang ingin bebas tanpa harus terikat dengan aturan yang ada.

Dalam teorinya juga disebutkan bahwa Dragon dan Roger merupakan saudara tiri yang lahir dari ibu yang berbeda. Lalu, apa yang menjadi dasar dari teori tersebut? Yang pertama adalah Ace. Dalam perang di Marineford, Garp nampak tidak nyaman berada di posisinya. Dia mengalami dilema di mana di satu sisi dia ingin menyelamatkan Ace dari kematiannya. Tetapi, di sisi lain, dia harus menjalankan tugasnya sebagai seorang angkatan laut.

Apakah rasa bersalah tersebut timbul karena Garp tidak pernah ada saat masa pertumbuhan Ace, atau sikap tersebut menjelaskan bahwa kegelisahan Garp karena ia tahu bahwa Ace adalah bagian dari keluarganya, darah dagingnya, cucu kandungnya?

Kemudian petunjuk lainnya yang dihadirkan dalam teorinya adalah Garp dan Roger sudah sering kali bertarung. Namun mengapa mereka tidak pernah saling menghabisi satu sama lain? Bisa jadi hal ini dikarenakan Garp tidak mau membunuh anaknya sendiri. Dan sama halnya dengan Roger, dia pun tidak mau menghabisi ayahnya sendiri. Sehingga pertarungan mereka sering kali berakhir dengan imbang.

One Piece: 10 Things You Never Knew About Monkey D Garp | CBR

Namun teori ini juga menyebutkan bahwa Dragon tidak tahu sama sekali bahwa ia merupakan saudara dari Roger, karena Dragon tidak memberikan reaksinya terhadap kematian Ace. Karena sekali lagi, keduanya lahir dari ibu yang berbeda dan Garp mungkin menyembunyikan hal tersebut dari Dragon.

Kejanggalan

Teori ini memang terdengar menarik. Apalagi Eiichiro Oda sering kali dikenal sebagai mangaka yang menghadirkan kejutan besar yang tidak diduga oleh para fans sebelumnya. Namun, terlepas dari bagaimana menariknya teori ini, ada beberapa kejanggalan atau plot hole yang harus diperhatikan dalam teorinya. Salah satunya adalah umur dari kedua karakter ini.

Lentezone on Twitter: "MONKEY D. LUFFY'S MOTHER, LUFFY IS RELATED TO PIRATE KING GOL D. ROGER https://t.co/E6UTrSPyhD… "

Jika saat ini masih hidup, umur dari Gol D Roger sama dengan usia Garp, yaitu 78 tahun. Dengan usia Roger yang setara dengan Garp, tentu sangat tidak mungkin jika Roger adalah anak dari Garp. Kemudian, jika memang Roger adalah anak dari Garp, maka seharusnya Garp mengungkapkan hal itu kepada Luffy, sama seperti saat Garp memperkenalkan Dragon pada Luffy.

Tetapi, pada kenyataanya, selama ini Garp tidak pernah membahas atau menyebutkan hal tersebut. Selama cerita One Piece berlangsung, sosok Roger sering kali disebutkan sebagai rival abadi dari Garp, dan merupakan musuh Pemerintah Dunia. Sehingga rasanya mungkin aneh jika kemudian rival abadi tersebut sebenarnya adalah ayah dan anak. Jika memang ingin memaksakan teori, seharusnya yang terjadi adalah Garp merupakan saudara dari Roger.

Namun jika memang Garp merupakan ayah dari Roger, maka sikap yang dia tunjukan pun tidak akan sama seperti apa yang dihadirkan olehnya selama ini. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kecil kemungkinan bahwa Monkey D. Dragon dan Gol D. Roger memiliki hubungan darah atau menjadi saudara, meskipun mungkin teorinya sendiri menarik dan luar biasa. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.