Gol D. Roger dikenal sebagai raja bajak laut pertama dalam series karya Eiichiro Oda yaitu One Piece. Fakta ini sudah diketahui bahkan sejak awal seriesnya dimulai. Roger diceritakan sudah berhasil mengunjungi semua pulau, bahkan sampai pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Di sana, dia menemukan sebuah harta karun terbesar yang pernah ada yang mana adalah One Piece.

Meskipun memang Roger harus diakui berhasil mengunjungi seluruh pulau di Grand Line, tetapi apakah Roger merupakan raja bajak laut pertama? Atau ada orang lain yang pernah memegang titel tersebut? Salah satu teori yang berkembang di kalangan para fans menyebutkan kalau sebenarnya ada sosok lainnya, sebelum Roger, yang juga pernah atau hampir menginjakan kakinya di wilayah Laugh Tale.

Orang tersebut bernama MontBlanc Noland. Noland sendiri hidup sekitar 400 tahun yang lalu sebelum timeline saat ini. Dia beberapa kali melakukan ekspedisi di wilayah Grand Line dan bahkan mengeksplor wilayah New World. Normalnya seseorang yang melakukan petualangan seperti itu, mustahil untuk bisa pulang tanpa luka sedikit pun atau setidaknya peluang hidup dan kembalinya sangat kecil.

Tetapi, yang menariknya Noland justru melakukan hal tersebut beberapa kali bersama krunya. Noland dikenal sebagai sosok yang sangat kuat, bahkan dia bisa mengalahkan Sea King dengan tangan kosong. Dia juga pernah membunuh Kashigami, hanya dengan satu ayunan pedangnya. Sesuatu yang Zoro dan Wiper tidak bisa lakukan.

Dengan kekuatan yang dahsyat tersebut setidaknya Noland memiliki level kekuatan yang sama dengan para Supernova atau bahkan Yonko. Artinya dia memiliki peluang yang besar untuk menjadi seorang raja bajak laut pada saat itu.

Mengapa Noland Disebut Raja Bajak Laut Pertama?

Untuk bisa disebut sebagai raja bajak laut, seseorang tentu harus bisa menginjakan kakinya di wilayah Laugh Tale. Sebelum era Roger pun, Laugh Tale sudah menjadi sebuah pulau yang legendaris sebagai tujuan akhir para bajak laut. Kemungkinan Noland pernah berada di pulau tersebut atau setidaknya pernah hampir sampai. Karena, Noland selalu bercerita kepada orang-orang di wilayahnya tentang petualangan yang dia lakukan.

Tetapi, setelah dia gagal untuk pergi ke wilayah Jaya untuk yang kedua kalinya, Noland kemudian diberi hukuman mati. Selain itu, seluruh warisan yang dia miliki dan seluruh cerita petualangannya dianggap sebagai sebuah cerita bohong karena sang raja memerintahkan hal itu. Jadi, cerita tentang Noland memiliki dua versi, Noland sebagai seorang penjelajah dan Noland sebagai pembual.

Jika Noland kemudian mengatakan tentang Laugh Tale dan apa saja yang ada di sana, orang-orang akan menganggap cerita Noland sebagai bualan saja, meskipun Roger sudah pernah berada di sana, mereka akan tetap menganggap hal tersebut sebagai cerita dongeng saja. Berdasarkan cerita yang dia ungkapkan, sepertinya Noland pernah mengunjungi Dressrosa dan membantu para penduduk Tontatta.

Menginspirasi Roger

Meskipun kerajaan Lyneel sudah menganggap cerita tentang petualangan Noland sebagai sebuah omong kosong belaka, tentunya tidak semua orang beranggapan seperti itu. Akan selalu ada orang yang percaya terhadap apa yang dibicarakan oleh seseorang, termasuk salah satunya adalah Gol D. Roger, yang pada akhirnya terinspirasi untuk memulai petualangannya sendiri.

Tetapi, jarak waktu antara masa hidup Noland dan masa hidup Roger sangatlah jauh. Mungkin leluhur Roger merupakan salah satu orang yang percaya kepada cerita Noland, dan kemudian dia menceritakan lagi kisah petualangan Noland kepada keturunannya, sampai kemudian didengar oleh Roger yang memulai petualangannya dan menjadi raja bajak laut.