Dalam episode terbaru seri anime Boruto: Naruto Next Generation kita melihat bagaimana akhirnya Isshiki Otsutsuki berhasil dikalahkan oleh oleh Naruto, Sasuke, Boruto, dan Kawaki. Meskipun begitu, kematian Isshiki ini harus dibayar mahal dengan tewasnya Kurama, yang mengaktifkan Baryon Mode. Namun, ada kejadian yang cukup mengejutkan terjadi setelah kekalahan Isshiki.

Arwah atau roh dari Isshiki kemudian menemui Code. Isshiki meminta Code untuk melanjutkan apa yang menjadi misi besarnya, yaitu memanen buah chakra. Isshiki meminta Code menculik Kawaki dan Boruto serta menghabisi Naruto. Sebelum benar-benar menghilang, Isshiki sendiri sempat menjelaskan kepada Code mengenai segel Karma yang ada di tubuhnya. Karma di tubuh Code berbeda dengan Karma yang ada di tubuh Boruto atau Kawaki.

Menurut penjelasan Code sendiri, Karma tersebut merupakan sebuah Karma yang gagal. Karena itulah, dia tidak bisa menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki dan Isshiki sendiri lebih memilih Kawaki sebagai wadahnya. Meskipun begitu, kita kemudian mendapatkan penjelasan lain dari jiwa Isshiki. Menurutnya, Code masih berpeluang menjadi sosok yang paling kuat di alam raya ini.

Boruto: Isshiki's White Karma Mark Be Bad News for the Ōtsutsuki Clan

Meskipun Code tidak bisa menjadi wadah bagi jiwa Otsutsuki, tetapi dia sudah menerima kekuatan murni dan alami dari Otsutsuki. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Code menjadi bagian dari klan Otsutsuki. Dengan kata lain, Karma putih di tubuh Code sebenarnya adalah warisan tekad yang dimiliki oleh Isshiki Otsutsuki. Sebenarnya, secara keseluruhan kita masih belum mengetahui seberapa kuat dan mengerikan Karma Putih.

Tetapi, bagaimana penjelasan tentang Code mampu menjadi sosok mengerikan menjadi petunjuk seberapa dahsyat Karma putih. Berbicara mengenai Code dan juga Karma putih sebagai warisan tekad Otsutsuki, dalam franchise Naruto, Code sebenarnya bukanlah yang pertama yang diperlihatkan mewarisi tekad Otsutsuki. Zetsu Hitam (Black Zetsu) adalah karakter yang pertama kali diperlihatkan mewarisi tekad Otsutsuki.

Zetsu Hitam sendiri merupakan perwujudan atau jelmaan dari jiwa atau arwah Kaguya Otsutsuki, sebelum kemudian dia disegel oleh kedua anaknya, Hagoromo Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki. Dibuatnya Black Zetsu dari arwah Kaguya bertujuan untuk bisa membangkitkan kembali sosoknya suatu hari nanti. Black Zetsu melakukan manipulasi terhadap Indra Otsutsuki dan para keturunannya, klan Uchiha.

Boruto Episode 219: Naruto Next Generations enters a new arc, reveals Code and his strength (Spoilers ahead)

Selain memanipulasi Indra dan keturunannya, Black Zetsu juga memanipulasi Asura Otsutsuki beserta keturunannya, yaitu klan Senju. Manipulasi tersebut memiliki satu tujuan utama, yaitu membuat salah satu diantara dua klan tersebut membangkitkan Doujutsu Rinnegan. Seiring berjalannya waktu, Madara Uchiha yang kemudian berhasil melakukannya.

Mengetahui hal tersebut, Black Zetsu pun kemudian secara diam-diam melakukan berbagai manipulasi lainnya dengan memanfaatkan Madara Uchiha, untuk bisa membangkitkan kembali Kaguya Otsutsuki. Pada akhirnya, Madara memang berhasil membangkitkan Kaguya Otsutsuki ketika dia memiliki Rinnegan dan memiliki chakra yang cukup untuk melakukannya.

Berbeda dengan Code yang mana Karma putih miliknya membuat dia bisa memiliki sedikit kemampuan Isshiki, Zetsu Hitam justru tidak memiliki kekuatan apa pun yang diwarisi oleh Kaguya. Dalam episode terbaru kemarin, Amado menjelaskan bahwa bukan hanya para Otsutsuki kalangan elit saja yang mampu bangkit kembali melalui Karma, melainkan juga Otsutsuki kalangan bawah seperti halnya Kaguya.

Who is the better mastermind: Black Zetsu or Aizen? - Gen. Discussion - Comic Vine

Itu artinya jika kemudian Kaguya menjadi tumbal bagi Juubi atau dikonsumsi oleh Isshiki, maka dia bisa kembali bangkit dengan menggunakan Karma seperti halnya Isshiki atau Momoshiki. Lalu, apakah Kaguya Otsutsuki bisa dibangkitkan kembali? Jawabannya bisa. Syarat utamanya adalah sosok Zetsu Hitam tersebut. Seperti halnya Karma, sosok Zetsu Hitam menjadi komponen utama untuk membangkitkan kembali Kaguya.

Tetapi, sayangnya, saat ini Kaguya hampir dipastikan tidak bisa kembali bangkit meskipun ada yang mampu menggunakan Mugen Tsukuyomi. Jadi, pada intinya, ada kesamaan atau paralel antara Zetsu Hitam dan juga sosok Code. Namun, di sisi lain, Code dan Zetsu Hitam juga memiliki perbedaan terkait dengan warisan kemampuan yang dimiliki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.