Michael Caine adalah aktor veteran asal Inggris yang sudah memulai kariernya sejak tahun 50-an. Namanya makin dikenal setelah membintangi film Zulu (1964) sebagai Letnan Gonville Bromhead dan The Italian Job (1969) sebagai protagonis Charlie Croker. Sejak saat itu, Caine tidak hanya berakting di Inggris, dia terus melebarkan sayapnya ke beberapa negara di Eropa dan juga industri perfilman Hollywood. Caine terdaftar sebagai salah satu bintang box office terlaris di seluruh dunia.

Saat ini bisa dibilang hampir semua orang di seluruh dunia mengenal Michael Caine, tanpa terkecuali orang Indonesia, yang mengenalnya sebagai “bapak-bapak bijak” di film-film karya Christoper Nolan. Kerja sama Nolan dengan Caine sudah berlangsung cukup lama, dari mulai sebagai Alfred Pennyworth di The Dark Knight Trilogy (2005–2012), sampai muncul kembali di film-film Christoper Nolan yang lain, seperti The Prestige (2006), Inception (2010), Interstellar (2014), dan Tenet (2020).

Baru-baru ini, dalam acara program Radio BBC, Michael Caine menjelaskan keputusannya untuk pensiun dari dunia akting karena beberapa alasan, termasuk karena masalah tulang belakang yang dideritanya, dan juga karena dia menikmati profesi barunya sebagai penulis. Aktor berusia 88 tahun ini percaya bahwa film terbarunya yang berjudul Best Sellers adalah film terakhirnya sebagai aktor.

“Karena saya tidak bekerja selama dua tahun, dan saya memiliki masalah tulang belakang yang memengaruhi kaki saya sehingga saya tidak bisa berjalan dengan baik, kemudian saya juga menulis beberapa buku yang diterbitkan dan sukses, jadi saya sekarang bukan seorang aktor, saya seorang penulis,” kata Caine. “Yang menyenangkan, sebagai seorang penulis, saya bisa mulai menulis tanpa meninggalkan tempat tidur. Saya pikir itu [Best Sellers] akan menjadi peran terakhir saya. Kalian tahu saya berusia 88 tahun. Tidak ada skrip yang membutuhkan seorang pria berusia 88.”

Walapun Caine mengatakan bahwa Best Sellers adalah film terakhirnya, IMDB masih mencantumkan namanya sebagai aktor yang terlibat dalam film-film mendatang, seperti Medieval, The Great Escaper, dan Now You See Me 3. Apapun itu, kita dukung saja keputusannya untuk lebih fokus sebagai penulis, dan kita doakan dia sehat selalu setelah pensiun nanti. Akting Michael Caine di film drama komedi Best Sellers bisa disaksikan saat filmnya rilis pada tanggal 17 September 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.