Indiana Jones 5 adalah film mendatang yang akan melanjutkan kisah petualangan Dr. Henry Walton “Indiana” Jones, Jr., yang terakhir kali terlihat di film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008). Film ini disutradarai oleh James Mangold, yang juga terlibat langsung dalam penulisan naskahnya bersama Jez Butterworth dan John-Henry Butterworth. Aktor veteran Harrison Ford akan kembali sebagai Indiana Jones di film Indiana Jones kelima ini, bersama Phoebe Waller-Bridge, Mads Mikkelsen, Thomas Kretschmann, Boyd Holbrook, Shaunette Renée Wilson, Toby Jones, dan Antonio Banderas.

Meskipun judul resmi dan plot Indiana Jones 5 masih dirahasiakan, tetapi beberapa bocoran telah mengungkap bahwa latar waktu di filmnya akan berlangsung pada tahun 1960-an, dengan Nazi yang kembali muncul dan juga peristiwa peluncuran Apollo 11 di tahun 1969. Latar baru di film kelima ini cukup masuk akal, mengingat Kingdom of the Crystal Skull diceritakan berlangsung pada tahun 1957.

Namun, sebuah bocoran foto baru justru mengungkap bahwa Indiana Jones tidak hanya akan berpetualang pada tahun 60-an saja, melainkan pada era lain pada masa lalu. Hal itu karena para aktor, termasuk Harrison Ford, terlihat di sebuah lokasi syuting yang dibangun menyerupai abad pertengahan awal, di mana terlihat ada sekelompok orang yang mirip seperti pasukan romawi. Simak foto-fotonya di bawah ini:

Apakah foto-foto bocoran ini mengindikasikan bahwa film kelima Indiana Jones akan menyertakan time travel? Film-film Indiana Jones sebelumnya memang tidak ada yang murni tentang sains, karena banyak elemen fiksi juga di dalamnya, apalagi di film Kingdom of the Crystal Skull yang terasa lebih sci-fi dengan menghadirkan alien di dalamnya. Sehingga tidak terlalu aneh jika film Indiana Jones 5 nanti mengambil arah time travel, sebuah tema yang akhir-akhir ini populer.

Walaupun begitu, time travel bisa menjadi langkah yang cukup beresiko bagi waralaba, karena banyak penggemar yang berharap film kelima Indiana Jones ini kembali dengan resep tiga film sebelumnya, di mana lebih fokus pada cerita yang mengeksplorasi mitos dan artefak sejarah. Masih perlu dilihat apa yang dimaksud dengan pasukan romawi di bocoran foto tersebut. Jika tidak ada halangan, Indiana Jones 5 dijadwalkan rilis pada tanggal 29 Juli 2022 mendatang.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.