Peta kekuatan di antara superhero atau supervillain selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas oleh penggemar, tanpa terkecuali di Marvel Universe. Sementara karakter Marvel sudah cukup sering diperlihatkan bertarung di Marvel Comics, baik antar sesama superhero maupun supervillain, karakter Marvel Cinematic Universe justru belum mempunyai materi pertarungan sekaya di komiknya. Hal itu yang sering memicu perdebatan di kalangan penggemar terkait peta kekuatan di MCU.

Biasanya penggemar selalu mengadu para karakter Marvel berdasarkan kekuatan utamanya, misalnya kecerdasan Tony Stark dengan Hank Pym, kekuatan Hulk dengan Thor, kemampuan sihir Doctor Strange dengan Scarlet Witch, dan seterusnya. Menjelang perilisan Eternals pada 5 November 2021, banyak penggemar yang bertanya-tanya apakah kehadiran para Eternals bisa menggeser posisi peta kekuatan yang sebelumnya banyak dipegang oleh Avengers? Untuk menjawab hal itu, produser Eternals, Nate Moore memberikan sedikit bocoran terkait peta kekuatan MCU setelah kehadiran para Eternals.

Dalam sesi wawancaranya dengan ComicBook.com, Nate Moore ditanya terkait harapan penggemar untuk melihat pertarungan antara Thena dan Captain Marvel. Moore menjawab bahwa Thena mungkin tidak akan mudah untuk dikalahkan, tetapi Captain Marvel dengan kekuatan binary-nya akan jauh lebih sulit lagi. “Ketika Captain Marvel mengeluarkan kekuatan binary, itu akan sulit. Begitu juga dengan Captain America, yang menurut saya mungkin petarung fisik terbaik. Dia [Thena] akan menjadi masalah, tetapi sekali lagi, Captain Marvel akan sangat sulit [untuk dikalahkan].” kata Moore.

Walaupun begitu Moore menambahkan bahwa Eternals adalah makhluk yang lebih kuat dari manusia biasa, sehingga mereka bisa saja mengalahkan beberapa anggota Avengers. “Mereka [Eternals] jelas lebih kuat dari manusia, jadi menurutku, melihat pahlawan kita yang luar biasa seperti Hawkeye dan Black Widow tidak akan menjadi masalah [bagi Eternals],” kata Moore. “Tetapi kami juga tidak ingin mereka menjadi terlalu seperti dewa, karena saya pikir itu akan membuat mereka menjadi kurang relatable.”

Pada tahun 2013, Stan Lee juga pernah mengatakan bahwa yang akan menang dalam sebuah pertarungan adalah karakter yang ingin dimenangkan oleh penulisnya. Sepertinya hal itu juga berlaku di Marvel Cinematic Universe. Sementara peta kekuatan bisa saja terus berkembang sesuai dengan perdebatan penggemar, pada akhirnya hanya penulis yang bisa memutuskan siapa pemenangnya. Namun, cukup jelas bahwa kehadiran Eternals sebagai ciptaan Celestials, dapat mengubah peta kekuatan di MCU secara keseluruhan.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.