Bumilangit Cinematic Universe atau Jagat Sinema Bumilangit (JSB) adalah universe superhero atau jagoan Indonesia yang akan mengadaptasi karakter-karakter dari komik Bumilangit. Pertama kali lahir dengan film Gundala (2019) yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar, Jagat Sinema Bumilangit akan terus mengembangkan tayangannya, dari mulai film sampai serial.

Banyak jagoan menarik yang sudah dikonfirmasi akan hadir pada masa depan JSB, selain Gundala, ada juga Sri Asih, Cempaka, Godam, Aquanus, Camar, Si Buta dari Gua Hantu, Virgo, Tira, dan masih banyak lagi. Selain film-film JSB yang sedang dikembangkan, akan ada juga tayangan serial yang turut membangun JSB, salah satunya adalah serial Tira. Baru-baru ini, dalam acara Disney+ Hotstar “APAC Content Showcase”, serial Tira diumumkan sebagai serial pertama JSB yang akan tayang di Disney+ Hotstar.

Serial Tira akan diproduksi oleh Screenplay Production dan diproduseri oleh Joko Anwar. Dalam acara APAC Content Showcase Joko Anwar menjanjikan bahwa Jagat Sinema Bumilangit, khususnya serial Tira, tidak akan kalah menarik dari superhero luar negeri. “Jagat Sinema Bumilangit akan menghadirkan jagoan-jagoan yang bukan cuma keren dan relevan [dengan masa sekarang], tetapi juga tidak akan kalah dari superhero luar.” ungkap Joko Anwar.

Jagoan Tira adalah karakter JSB yang mempunyai nama asli Susie. Situs Bumilangit menggambarkan Tira sebagai seorang mahasiswi yang ahli dalam seni bela diri. Ketika dia mengenakan kostum berteknologi tinggi, Susie menjadi Tira yang bersumpah untuk memerangi kejahatan dan ketidakadilan. Sejak insiden Gerbang Sembilan Naga, Tira selalu ditemani oleh arwah sembilan iblis naga. Dengan bermeditasi, Tira bisa memanggil roh-roh yang menjelma menjadi sembilan raksasa yang berbeda.”

COO Screenplay Production Wicky V. Olindo berharap bahwa serial Tira akan bisa dinikmati oleh seluruh penggemar superhero di Indonesia. Sejauh ini belum ada informasi yang mengungkap para pemeran lain di serial Tira. Yang jelas, Tira dipastikan akan diperankan oleh Chelsea Islan, dan kisahnya akan diceritakan dalam bentuk serial di Disney+ Hotstar. Kita nantikan saja kabar selanjutnya mengenai serial Tira ini ya, Geeks.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.