Dragon Ball merupakan waralaba yang dimulai sejak tahun 1984 hingga sekarang. Waralaba ini memiliki banyak karakter hero, villain, dan anti hero yang masing-masing memiliki kekuatan beragam. Dragon Ball menceritakan seorang tokoh utama bernama Goku, seorang bangsa saiyan yang memutuskan tinggal di bumi. Kekuatan yang dimiliki Goku sangat luar biasa dan telah terbukti mengalahkan beberapa lawannya. Walau karakter utama, tetapi ternyata, bukan Goku karakter terkuat di Dragon Ball. Lantas karater terkuat dalam Dragon Ball?

Ternyata, karakter terkuat di Dragon Ball adalah Grand Minister atau High Priest. Dia merupakan asisten pribadi alias penasihat Zenos. Grand Minister juga ayah dari tiga belas angel, dan dua belas dari anak-anaknya menjadi pelayan dewa penghancur di masing-masing universe. Di serial animenya, Grand Minister terkenal memiliki kekuatan melebihi Z Fighter.

Semua makhluk mengakui kekuatan Minister. Bahkan Wish yang terkenal sebagai makhluk terkuat di Universe 7 merasa kalah telak jika dibandingkan dengan Grand Minister. Di manganyam Wish juga mengakui kekuatan Grand Minister melebihi semua makhluk di seluruh alam semesta, bahkan dia bisa membuat para dewa penghancur tunduk pada Grand Minister.

Grand Minister sempat membuat Beerus ketakukan dengan membuatnya menjadi kecil, hanya dengan sekali kedipan mata. Kekuatannya sangat cepat dan bisa membuat terkejut semua makhluk hidup. Beerus dan Prettyla sempat melawan Grand Minister. Tetapi Grand Minister hanya menahan serangan Beerus dan Prettyla hanya dengan jari-jarinya saja.

Sebagai seorang malaikat yang kuat, Grand Minister hanya bisa dibunuh jika “dimusnahkan”. Artinya diperlukan sebuah kekuatan yang sangat hebat untuk mengimbangi Grand Minister. Di juga bisa terbang menggunakan energi Ki layaknya karakter lain di Dragon Ball, dan bisa menggunakan Ultra Instinct dengan sangat hebat. Sangat sulit untuk menyerang Grand Minister tanpa memiliki rencana yang matang.

Grand Minister juga bisa menggunakan portal yang bisa membuatnya berpindah tempat sesuka hati. Dia bisa saja muncul dimanapun sesukanya tanpa ada yang bisa memprediksi kehadiran Grand Minister. Teknik ini membuat lawan yang menghadapi Grand Minister kebingungan dan sulit membaca pergerakannya. Portal ini biasa digunakan Grand Minister untuk berpindah-pindah antar dimensi dan untuk mengecek setiap kejadian yang ada di setiap universe.

Salah satu kekuatan yang luar biasa milik Grand Minister adalah dia bisa menghidupkan dan mematikan setiap makhluk. Dia bisa membunuh semua makhluk hanya dengan waktu singkat. Namun jika berkehendak, Grand Minister bisa menghidupkan kembali semua makhluk itu dalam waktu singkat. Meski makhluk itu telah hancur berkeping-keping, dia masih bisa menghidupkannya kembali.

Sebenarnya Grand Minister dikategorikan sebagai terkuat nomor dua, sedangkan yang terkuat sebenarnya adalah Zenos. Namun Zenos telah dikategorikan sebagai dewa (dewa yang menciptakan makhluk) maka wajar jika dia memiliki kekuatan yang luar biasa. Sehingga dia tidak bisa dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lain. Tapi ada beberapa penggemar yang menganggap bahwa kekuatan Grand Minister setara dengan Zenos dan bahkan bisa mengalahkannya. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah Grand Minister benar-benar sekuat itu? 

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.