Sebagai Sorcerer Supreme, bisa dibilang semua orang mengakui kehebatan Dr. Stephen Strange alias Doctor Strange sebagai ahli sihir terbaik di Bumi dan bahkan di alam semesta. Menariknya, Strange memulai karirnya sebagai penyihir dari seorang dokter bedah saraf yang arogan. Diceritakan bahwa masa depan Strange seketika berubah setelah sebuah kecelakaan mobil menyebabkan tangannya cacat. Untuk menyembuhkan tangannya, Strange kemudian menjadi murid Ancient One dan menekuni sihir Mystic Art, sampai pada akhirnya dia sembuh dan malah menjadi seorang Sorcerer Supreme.

Sorcerer Supreme adalah gelar yang diberikan hanya kepada penyihir yang paling hebat. Doctor Strange adalah Sorcerer Supreme yang mendapat gelarnya setelah menjalani pelatihan bertahun-tahun dari Ancient One, Sorcerer Supreme sebelumnya. Setelah menjadi Sorcerer Supreme, Strange diberkati kekuatan sihir yang sangat besar, dan konon tidak ada makhluk mana pun yang bisa menandingi kekuatan sihir tersebut. Seakan masih kurang, dalam salah satu kisah di Marvel Comics, justru Strange mendapatkan kekuatan baru yang membuatnya menjadi “Dewa”.

Cerita Doctor Strange menjadi dewa diceritakan pertama kali di komik Doctor Strange #384 karya penulis Donny Cates dan ilustrator Gabriel Hernandez Walta pada tahun 2018, tepatnya di kisah “Loki: Sorcerer Supreme – Part Four”. Di komiknya diceritakan bahwa Vishanti telah menjadikan Loki sebagai Sorcerer Supreme, menggantikan Doctor Strange. Sementara awalnya Strange sempat menerima penurunan jabatannya, Loki justru mulai mencari The Exile of Singhsoon, sebuah mantra yang dapat membuat penggunanya mendapatkan semua kekuatan sihir di alam semesta.

Strange yang mulai terusik dengan keserakahan Loki dan mengetahui keberadaan The Exile of Singhsoon, langsung menitipkan mantra tersebut pada salah satu mantan muridnya yang bernama Zelma Stanton. Mengetahui bahwa cepat atau lambat Loki akan menemukan mantra tersebut, Strange kemudian pergi ke Asgard dan mencoba menerima kekuatan dari Pohon Dunia yang disebut Yggdrasill. Sejak saat itu, Strange terlahir kembali sebagai sosok Dewa Sihir. Dengan kekuatan tersebut, Strange mendatangi Loki di Sanctum Sanctorum. Betapa kagetnya Loki setelah melihat Strange yang berubah menjadi Dewa Sihir.

Pertarungan mereka pun tidak terelakan. Saat merasa tidak mampu mengalahkan Strange sendirian, Loki membawa Strange ke Dimensi Blood, sebuah dimensi dengan banyak gunung berapi dan iblis bersayap. Namun, dengan seketika Strange mengubah Dimensi Blood menjadi tempat surgawi dengan padang rumput yang subur, sedangkan iblis-iblis yang menyerang Strange berubah menjadi kelinci-kelinci yang lucu.

Mengetahui bahwa tidak ada cara untuk mengalahkan Dewa Sihir Strange, Loki bertanya pada Strange tentang bagaimana dia mendapatkan semua kekuatan tersebut. Karena walaupun pohon Yggdrasill mampu memberikan kekuatan sebesar itu, manusia biasa tidak akan bisa membayar harga atas sihir tersebut. Namun, Loki lupa bahwa Doctor Strange bukan lah manusia biasa.

Walaupun penampilan “Dewa Sihir” Doctor Strange cukup singkat, tetapi cukup jelas bahwa kekuatan saktinya sangat tidak masuk akal dan tidak akan mudah untuk dikalahkan oleh siapa pun, termasuk Loki yang merupakan salah satu dewa Asgard. Pada dasarnya Strange memang sudah cukup kuat, tetapi sangat jarang dia diperlihatkan mempunyai kekuatan yang tidak terbatas sebagai Dewa Sihir, sama seperti Strange Supreme di serial animasi What If…?. Menurut kalian kira-kira siapa yang akan menang, Geeks, jika Dewa Sihir Strange melawan Iblis Strange Supreme?

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.