Jika membahas kostum Batman, sepertinya sudah tidak terhitung lagi kostum dimiliki olehnya. Dari mulai kostum klasik dengan celana dalam di luar, sampai kostum super kuat Hellbat yang menyerap metabolisme penggunanya. Sejak pertama kali debut di DC Comics pada tahun 1939, mungkin sudah ada puluhan kostum Batman yang mempunyai maksud dan kegunaannya masing-masing. Namun, di antara semua itu, ada satu kostum baru Batman yang mempunyai berbagai kegunaan, hal itu bukan karena Batman membawa banyak kostum, melainkan karena kostumnya bisa berubah-ubah menjadi kostum lain.

Kostum Batman baru ini adalah kostum berteknologi super-canggih. Sejak pertama kali diperlihatkan di komik Batman: Urban Legend #7 yang telah dirilis pada bulan September lalu, banyak penggemar yang berpendapat bahwa kostum ini adalah kostum terbaik Batman sepanjang sejarah. Di kisah “The Batman With No Name”, diceritakan bahwa pada abad ke 853, manusia sudah membangun penjara terketat di galaksi, tepatnya di Planet Pluto. Planet ini adalah rumah bagi puluhan ribu penjahat terburuk dari seluruh galaksi.

Namun, suatu hari beberapa penjahat tiba-tiba berhasil kabur dari penjara tersebut. Mereka adalah supervillain Hades, Holo-Body, The Reader, dan Cry-O yang langsung membuat kekacauan di Pluto. Untungnya Batman yang tidak diketahui identitas aslinya, bersama Robin yang merupakan robot, datang untuk mengamankan situasi. Batman versi abad ke 853 ini adalah anggota Justice Legion Alpha dan sipir dari Planet Asylum Pluto. Dia berpatroli di seluruh planet dengan dibantu oleh sahabat karibnya Robin Toy Wonder.

Sementara Robin melawan penjahat-penjahat kecil yang turut kabur, Batman langsung menghadapi Holo-Body. Saat Holo-Body menyerangnya, Batman langsung mengubah kostumnya menjadi kostum Dark Knight dan pada akhirnya berhasil mengalahkan Holo-Body yang kalah pintar darinya. Batman kemudian mengajar Hades yang jauh lebih kuat, mengetahui hal tersebut, Batman mengubah kostumnya menjadi kostum Knightfall yang langsung bisa membanting Hades tanpa ampun.

Tinggal dua supervillain lagi, yaitu The Reader dan Cry-O. Saat The Reader mencoba memanipalasi pikiran Batman, kostum Batman langsung berubah menjadi kostum Zur-En-Arrh, kostum menakutkan yang justru membuat pikiran The Reader kacau setelah melihatnya. Dan terakhir adalah Cry-O yang mempuyai kemampuan untuk memanipulasi es. Untuk menghadapi, Batman membutuhkan kelincahan, oleh karena itu Batman mengubah kostumnya menjadi kostum Batman Beyond yang langsung membuat Cry-O mengalah.

Walaupun kostum super canggih ini hanya muncul dalan cerita pendek komik Batman: Urban Legend #7, Kehadirannya langsung disukai oleh para penggemar, karena kostum canggih ini memungkinkan Batman untuk mengakses berbagai kostum dalam satu pertarungan. Cukup masuk akal mengapa kostum ini langsung menjadi favorit, karena kostum baru ini sudah meliputi semua kostum dengan maksud dan kegunaannya masing-masing.

Menurut kalian bagaimana, Geeks, apakah kostum ini layak disebut kostum Batman terbaik sepanjang masa? Di masa depan, sangat mungkin Batman akan mendapatkan kostum-kostum baru yang tidak kalah unik. Apalagi kiprah Batman di DC Comics, masih akan terus ada, dan belum ada tanda-tanda untuk berhenti. Kita tunggu aja ya Geeks kostum apalagi yang dimiliki Batman di masa depan.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.