Pada chapter terbaru dari seri manga One Piece kita melihat bagaimana sosok Sanji mendapatkan peningkatan kekuatan dari Eiichiro Oda. Sanji tiba-tiba berubah menjadi sosok kuat dan luar biasa, di mana semua luka-luka parah yang dia derita bisa sembuh dalam waktu yang sangat cepat. Selain itu, Sanji juga mampu menahan serangan dahsyat dari Queen.

Dalam chapter 1028, kita melihat bagaimana Sanji melanjutkan pertarungannya melawan salah satu All-Stars yaitu Queen. Pertarungan diantara keduanya sebenarnya cukup lama diprediksi oleh para fans. Hal ini berdasarkan dari masa lalu Queen, di mana dia mengenal sosok ayah dari Sanji, yaitu Vinsmoke Judge. Menghadapi Queen tentunya menjadi hal yang tidak mudah bagi Sanji.

Meskipun awalnya Sanji banyak melakukan serangan, namun Queen sendiri sebenarnya masih menahan kemampuan aslinya. Baru pada chapter 1028 kita melihat kemampuan epik dari Queen, seperti teknik Brachio-snake yang diperlihatkan di mana Queen mampu melepaskan sebagian tubuhnya untuk kemudian melilit Sanji seperti ular. Dalam momen tersebut, Sanji benar-benar dibuat tidak berdaya.

Meskipun tubuh luarnya nampak baik-baik saja, tetapi organ dalam tubuhnya rusak. Tulang-tulangnya remuk. Anehnya, kemudian Sanji bisa pulih dengan segera seperti halnya healing factor dalam cerita komik. Sanji sendiri curiga bahwa kemampuan pemulihan ini ada kaitannya dengan kemampuan saudara-saudaranya yang lain, namun Sanji sendiri tidak ingin hal itu terjadi.

Puncaknya sendiri adalah ketika Queen mengayunkan pedangnya, dan pedang tersebut hancur akibat tubuh sanji yang mengeras. Ini menjadi peningkatan kekuatan yang sangat signifikan dari sosok Vinsmoke Sanji, selain juga peningkatan kekuatan yang diperlihatkan oleh Zoro dan Luffy. Namun, mungkin sebagian fans sendiri bertanya-tanya mengapa baru sekarang peningkatan tersebut muncul?

Banyak para fans yang mencoba berteori mengenai hal ini. Sebagian teori menyebutkan bahwa mungkin peningkatan kekuatan Sanji ini ada kaitannya dengan Raid Suit. Penggunaan Raid Suit yang dilakukan oleh Germa 66 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunanya. Sanji sendiri sempat mengenakan Raid Suit ketika dia menyelamatkan Momo dari tangan King. Dalam chapter 1023 kemarin. Di tengah-tengah pertarungannya melawan Queen dan King, Sanji merasakan bahwa tubuhnya menjadi aneh setelah mengenakan Raid Suit.

One Piece: Queen Dapat Hancurkan Raid Suit Sanji? | Greenscene

Ini pertama kalinya Sanji merasakan “efek samping” dari penggunaan Raid Suit. Dalam teorinya disebutkan bahwa mungkin Raid Suit membangkitkan kemampuan tersembunyi dari Sanji, yang selama ini menunggu untuk diaktifkan atau dibangkitkan. Namun, bisa jadi juga ada hal lain yang membuat kemampuan sebenarnya dari Sanji baru muncul saat ini.

Pada arc Whole Cake Island dijelaskan bahwa Sanji dan saudara-saudaranya yang lain secara genetik dimodifikasi oleh sang ayah, Vinsmoke Judge. Tujuannya adalah untuk menjadikan anak-anaknya tentara super yang tangguh, hebat, dan tidak memiliki emosi sama sekali. Sedari kecil, mereka sudah dilatih secara keras dan disiplin meskipun sepertinya hal tersebut tidak berpengaruh terhadap Sanji.

Namun, usaha dari Judge untuk mengubah anaknya menjadi tidak memiliki emosi coba untuk dicegah oleh Sora dengan meminum obat-obatan. Dari kelima anaknya, hanya Sanji yang kemudian gagal secara emosi untuk dimodifikasi. Dan hal itu membuatnya berbeda dari saudara-saudaranya yang lain. Karena itulah Sanji pun dianggap gagal oleh Judge dan yang lain.

9 Sosok Ibu Hebat yang Ada di One Piece - MogiMogy

Pertanyaanya kemudian bagaimana jika sebenarnya alasan di balik mengapa baru sekarang kekuatan Sanji muncul adalah karena obat-obatan yang diberikan oleh Sora dahulu. Mungkin kita bisa bercermin dari cerita Boruto: Naruto Next Generation, ketika Naruto meminta bantuan Amado untuk mengobati apa yang sedang diderita oleh anaknya, Boruto. Menurut Amado, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan segel Karma.

Tetapi, Amado memiliki obat untuk bisa mengurangi efek dari Karma dan memperlambat proses perubahan atau Otsutsukifikasi. Dalam konteks One Piece, bisa jadi sebenarnya obat yang diberikan oleh Sora berhasil untuk memperlambat – bukan menghentikan – efek yang muncul dari rekayasa genetik dari Judge. Artinya sekarang mungkin adalah waktunya bagi apa yang ditanamkan oleh Judge dahulu untuk bisa muncul, dengan kata lain efek samping yang selama ini ditunda akhirnya kembali seperti semula.