Seperti yang kita ketahui, pihak angkatan laut masih ragu untuk bisa datang ke Wano dan terlibat dalam pertempuran di Onigashima. Mereka masih belum mengetahui seberapa kuat para samurai Wano, dan mereka pun tidak tahu banyak informasi mengenai situasi yang terjadi di sana. Namun, dengan kabar munculnya pasukan CP-0 lainnya di Onigashima, apakah artinya pihak angkatan laut akhirnya akan pergi menuju Wano?

Perang besar di Onigashima menjadi cerita puncak dari arc Wanokuni. Menurut Eiichiro Oda, perang di Onigashima ini akan menjadi perang terbesar yang pernah ada dalam sejarah One Piece dengan skalanya yang lebih masif dari perang di Marineford. Jika dilihat, memang wajar Oda Sensei kemudian menyebutkan perang ini akan menjadi pertempuran paling besar.

Pertama dari jumlah pasukan yang ada. Kaido sendiri memiliki pasukan sekitar 30.000 orang sedangkan pasukan aliansi Luffy hanya kurang dari 10.000 orang. Kedua, karakter yang terlibat dalam pertempuran ini bukanlah karakter biasa. Ada dua Yonko dan beberapa Supernova yang akan ikut bertempur. Kemudian ada Marco dan Izo, mantan anak buah Whitebeard.

Hal itu membuat banyak para fans bertanya-tanya apakah angkatan laut akan terlibat dalam pertempuran ini? Seperti yang diungkapkan oleh Sakazuki, kekuatan armada mereka saat ini sedang tidak dalam keadaan sempurna karena harus disebar ke seluruh penjuru lautan untuk menangkap para mantan Shichibukai. Selain itu, Sakazuki sendiri sadar bahwa ada banyak “misteri” tentang Wano.

Tetapi, kemungkinan hal ini akan berubah setelah apa yang diperlihatkan pada chapter 1028 kemarin di mana pihak agen Pemerintah Dunia, CP-0, mengirimkan pasukannya ke Wano meskipun tidak dalam jumlah yang besar. Mereka memiliki dua tujuan, pertama mengambil alih Wano dan menjadikan Wano sebagai wilayah kekuasaaan mereka jika Kaido kemudian kalah dalam pertempuran.

Kedua, pihak Pemerintah Dunia berusaha untuk menangkap kembali Nico Robin. Dengan situasi yang terjadi saat ini, di mana munculnya pasukan dari pemerintah ke Wano, artinya bukan tidak mungkin pihak angkatan laut akhirnya mau pergi ke Wano. Pihak angkatan laut dan CP-0 sendiri menyadari bahwa pertempuran di Wano dan bertemunya dua Yonko adalah sesuatu yang buruk.

Keseimbangan kekuatan dunia dipastikan akan terguncang dan menjadi tidak seimbang, siapa pun yang kemudian menang dalam pertempuran Onigashima. Menyadari hal itu tentunya angkatan laut tidak akan tinggal diam. Seperti disebutkan di atas, mereka ragu pergi ke Wano karena meskipun mereka adalah “senjata” pemerintah, namun mereka pun memiliki batasan.

Sakazuki tidak ingin ceroboh dengan langsung mengirimkan pasukan ke Onigashima. Namun, hal ini mungkin akan berbeda jika kemudian ada pasukan CP-0 yang juga ikut terlibat atau pergi ke Wano. Pihak angkatan laut akan menjadi bantuan kekuatan bagi para CP-0 untuk menghentikan pertempuran tersebut. Tetapi, ada beberapa pertanyaan yang kemudian muncul dari hal ini.

Pertama, angkatan laut berada di bawah kendali Pemerintah Dunia. Apakah Pemerintah Dunia pun akan memerintahkan angkatan laut untuk pergi ke Wano? Jika Sakazuki bergerak sendiri, dan itu akan menghalangi apa yang direncanakan sebelumnya oleh pemerintah, bukan tidak mungkin akan terjadi konflik internal. Dan mungkin Sakazuki akan menghadapi hukuman atas tindakannya.

One Piece Chapter 1028 Manga Online: One Piece Chapter 1028 English - Page 2

Kedua, apakah angkatan laut memang dibutuhkan dalam penyerangan tersebut? Mengingat Wano adalah sebuah wilayah yang dianggap penting oleh Pemerintah Dunia, artinya mungkin ada beberapa hal yang sengaja tidak diungkapkan kepada pihak angkatan laut karena memang statusnya yang rahasia. Contohnya seperti jual beli senjata yang terjadi dengan Orochi dan Kaido.

Mungkin penyerangan yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia ke Onigashima saat ini merupakan salah satu misi rahasia, yang memang sengaja tidak diungkapkan kepada pihak angkatan laut. Terlepas dari semua itu, berdasarkan dari apa yang berkembang di ceritanya, angkatan laut bisa jadi pada akhirnya akan juga terlibat dalam pertempuran di Onigashima ini, entah apakah untuk membantu pihak CP-0 atau untuk alasan lain.