My Hero Academia Seasons 5 akhirnya telah selesai dan akan dilanjutkan ke Seasons 6 nanti. Namun tahukah kalian bahwa ada sesuatu yang janggal di Seasons 5 kemarin? Ketika My Hero Academia Seasons 5 rilis, ada cukup banyak penggemar yang merasa kecewa. Para penggemar memilih untuk membaca manganya daripada harus menonton Season 5. Mengapa bisa demikian?

Padahal ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di Seasons 5, seperti perkembangan yang sangat pesat dari para calon pahlawan Academi U.A, kontribusi Hawks sebagai mata-mata (yang sekarang telah menyusup ke organisasi villain), dan lain-lain. Seasons 5 juga membahas sedikit mengenai masa lalu Shigaraki dan memperlihatkan usahanya untuk menjadi murid All For One yang paling setia.

 Masa lalu Shigaraki yang kelam juga diungkap dalam Season 5. Sejak kecil dia selalu mendapat perlakuan keras dari ayahnya yang membenci pahlawan, karena nenek Shigaraki yaitu Nana Shimura adalah pahlawan sekaligus guru All Might. Ayah Shigaraki merasa ditinggalkan Nana dan tidak pernah diperdulikan. Karena merasa tertekan, akhirnya Shigaraki tidak sengaja melepaskan kekuatannya dan membuat seluruh keluarganya musnah.

Sejak itulah, Shigaraki menggelandang dengan wajah buruk rupanya, hingga akhirnya ia dipertemukan dengan All For One dan menjadi muridnya. Sejak menjadi murid All For One, Shigaraki menjadi jahat dan mulai menaruh dendam pada masyarakat serta pahlawan. Para penggemar juga diperlihatkan sebuah kelompok pembebasan yang memiliki paham revolusi dan ingin menghapus gelar pahlawan di dunia.

Lantas, mengapa Seasons 5 menjadi kurang populer? Menurut para penggemar, arc latih tanding antara kelas 1.A dan 1.B di Season 5 sangat memakan waktu yang lama. Walau arc latih tanding cukup penting, tetapi beberapa penggemar merasa kelanjutan kisah kelompok villain yang saat sedang mengalami krisis keuangan dan krisis keanggotaan jauh lebih penting untuk dibahas. Arc latih tanding terjadi cukup lama di awal Seasons 5. Arcnya sendiri diceritakan sepanjang 11 episode, dan nampaknya itu terlalu lama bagi beberapa penggemar.

Karena merasa bosan, banyak penggemar yang memutuskan untuk kembali membaca manganya. Untuk manga My Hero Academia, saat ini menganya tengah menceritakan apa saja yang terjadi pasca perang besar antara pahlawan vs villain. Deku yang memilih keluar dari U.A menjadi sorotan para penggemar, sebab mereka mengenal Deku sebagai seorang tokoh periang dan optimis. Karakter Deku yang berubah drastis membuat penggemar menjadi penasaran akan kisah selanjutnya Deku di manga.

Terutama, ketika Deku mengubah penampilannya menjadi lebih misterius. Awalnya beberapa penggemar menganggap Deku akan menjadi villain sama seperti Eren di serial Attack on Titan Seasons 4. Sebab perubahan Deku dan Eren hampir diwaktu yang bersamaan. Jalan cerita manga My Hero Academia menjadi semakin Deep dan memperlihatkan sisi lain Deku yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya.

Meski terlihat kurang populer, namun ada beberapa penggemar yang masih menyukai My Hero Academia Seasons 5. Mereka bisa mengikuti alur ceritanya secara utuh. Sayangnya popularitas Seasons 5 tidak sama seperti beberapa seasons sebelumnya yang lebih sukses. Perhatian penggemar yang diambil alih manganya ketika seasons 5 rilis cukup memberi dampak besar.

Setelah My Hero Academia Seasons 5 tamat, mereka segera mengumumkan kehadiran Seasons 6 nanti yang akan memperlihatkan pertarungan antara Deku dan Shigaraki di arc perang besar pahlawan vs villain. Mungkin ini semacam strategi pemasaran agar seasons 6 tidak bernasib sama seperi seasons 5. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah kalian suka My Hero Academia Seasons 5? 

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.