Dengan diperkenalkannya klan Otsutsuki menjelang akhir series Naruto, ada banyak kemungkinan baru yang bisa terjadi dimana series sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, sejauh ini sudah cukup berhasil mengeksplor hal tersebut. Salah satu kekuatan dalam ceritanya yang cukup banyak menarik perhatian adalah sebuah segel yang disebut sebagai Karma.

Karma sendiri saat ini sudah menjadi pusat cerita di series Boruto, dengan adanya beberapa karakter yang memiliki tanda ini, salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto. Dan baru-baru ini, sebagian besar misteri dari karma diungkapkan kepada para fans. Fakta-fakta mengenai Karma sendiri diungkapkan oleh Amado, ilmuwan dari Kara yang sekarang berada di desa Konoha untuk meminta perlindungan.

Karma memberikan kekuatan dan kemampuan yang sangat dahsyat, kepada orang yang sudah terhubung dengan kekuatan ini. Tetapi, pada akhirnya, perlahan namun pasti jika segel Karma tersebut terlalu lama menyatu dengan wadahnya maka tubuh orang tersebut akan kehilangan kendali tubuhnya dan akan menjadi sepenuhnya milik Otsutsuki tersebut dan sosoknya pun akan menjadi sosok yang sempurna.

Namun, seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya ketika Isshiki akhirnya menggunakan Karma yang ada di tubuh Kawaki, jika kemudian seorang Otsutsuki menggunakan segel Karma yang sudah lama dia “simpan” di tubuh seseorang maka, segel Karma di tubuh orang tersebut akan hilang.

Apa yang dijelaskan di atas sebenarnya merupakan pengertian secara umum dari Karma hitam, segel Karma yang selama ini diperlihatkan kepada para fans di serinya. Namun, yang menarik adalah di chapter 55 kemarin para fans diperkenalkan dengan jenis segel Karma baru. Meskipun secara bentuknya mirip dengan Karma yang kita kenal, namun dari segi warna, segel Karma yang ada di tubuh Code tersebut berwarna putih.

Menurut penjelasan Code sendiri, Karma tersebut merupakan sebuah Karma yang gagal. Karena itulah, dia tidak bisa menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki dan Isshiki sendiri lebih memilih Kawaki sebagai wadahnya. Meskipun begitu, kita kemudian mendapatkan penjelasan lain dari jiwa Isshiki. Menurutnya, Code masih berpeluang menjadi sosok yang paling kuat di alam raya ini.

Meskipun Code tidak bisa menjadi wadah bagi jiwa Otsutsuki, tetapi dia sudah menerima kekuatan murni dan alami dari Otsutsuki. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Code menjadi bagian dari klan Otsutsuki. Berbeda dengan Kawaki dan mereka yang memiliki Karma hitam, Code memiliki peluang untuk menjadi seorang dewa baru, menjadi sosok Otsutsuki sempurna dengan cara memakan buah chakra.
Sebenarnya, secara keseluruhan kita masih belum mengetahui seberapa kuat dan mengerikan Karma Putih. Tetapi, bagaimana penjelasan tentang Code mampu menjadi sosok mengerikan dan bagaimana Amado serta Code juga memberikan penjelasan mengenai kemampuan Code menjadi petunjuk seberapa dahsyat Karma putih.
Code sendiri adalah “sosok cadangan” dari Kawaki yang mana, menurut Amado, dia memiliki potensi yang luar biasa. Amado menjelaskan kepada Naruto dan Shikamaru bahwa ada beberapa orang yang sengaja dia tahan kekuatannya, dengan menggunakan ‘limiter’ atau pembatas. Amado melakukan hal tersebut atas perintah Jigen yang menganggap bahwa Code akan sangat berbahaya jika tidak dibatasi kekuatannya.

boruto Chapter 62, boruto 62, Read boruto Chapter 62, boruto Chapter 62 Manga, boruto Chapter 62 english, boruto Chapter 62 raw manga, boruto Chapter 62 online, boruto Chapter 62 high quality, boruto 62 chapter, boruto Chapter 62 manga scan, boruto : naruto next generations chapter 62, boruto next generations chapter 62

Artinya jika Isshiki sendiri sudah mengatakan hal tersebut, Karma putih dipastikan akan mampu memberikan ancaman besar terhadap seluruh dunia shinobi. Dan ini juga yang kemudian membuat Code mengincar nyawa dari Amado, yang tidak lain untuk membuat sang ilmuwan melepaskan pembatas kekuatan dalam dirinya sehingga dia bisa menggunakan seluruh potensi dalam dirinya.

Dalam chapter 62 kemarin, kita melihat bagaimana Code begitu mendominasi Kawaki. Memang, hal ini dikarenakan Kawaki sudah kehilangan segel Karma miliknya, sehingga dia tidak lebih kuat dari Code. Belum lagi tujuannya bertemu dengan Code adalah untuk berunding dan menyerahkan diri. Tetapi, dalam praktiknya kita melihat bagaimana Code benar-benar dahsyat dengan kekuatannya dan Kawaki sendiri mengakui hal tersebut.

Mungkin Masashi Kishimoto bisa memberikan penjelasan lain mengenai Karma ini di chapter yang akan datang. Dalam seri anime Boruto Episode 219 kemarin terdapat petunjuk bahwa Code kemungkinan bisa menggunakan 100% kekuatan Isshiki. Mungkin inilah yang kemudian membuat dia dipasangi pembatas oleh Amado atas perintah Isshiki. Pertarungan antara Boruto dan Kawaki melawan Code sendiri mungkin baru akan dimulai pada chapter 63 mendatang. Jadi, kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks dan mudah-mudahan saja kita bisa mendapatkan informasi tambahan dari Karma putih.