Senjata kuno merupakan salah satu elemen yang menarik dalam cerita di seri One Piece karya Eiichiro Oda. Senjata kuno sendiri merupakan teknologi yang digunakan pada zaman dahulu, yang diyakini menjadi kunci kekuasaan dari kerajaan kuno. Masih belum banyak informasi yang diketahui tentang senjata kuno, selain jumlahnya yang diketahui ada tiga buah.

Yang pertama adalah Pluton, kemudian Neptunus, dan terakhir adalah Uranus. Sejauh ini, dari ketiga senjata kuno yang sudah diperkenalkan baru dua senjata kuno yang memang diketahui bentuknya. Yang pertama adalah Pluton, yang diketahui merupakan sebuah kapal dengan persenjataan yang dahsyat. Kemudian yang kedua adalah Poseidon. Poseidon sendiri sebenarnya bukanlah benda atau sesuatu, melainkan manusia.

Dalam hal ini, Poseidon adalah putri Shirahoshi yang diketahui memiliki kemampuan untuk mengendalikan seluruh hewan laut, bahkan Sea Kings. Hanya uranus yang masih misterius dan tidak diketahui seperti apa bentuknya. Berbicara mengenai senjata kuno, khususnya Pluton, sebenarnya ada teori menarik mengani hal ini. Ada kemungkinan bahwa Pluton merupakan kapal yang akan dikemudikan atau dinaiki oleh kelompok Topi Jerami pada masa yang akan datang.

Berdasarkan dari apa yang diketahui sejauh ini, lokasi Pluton sendiri saat ini diketahui berada di Alabasta. Berdasarkan dari Poneglyph yang berhasil dipecahkan oleh Robin, Pluton sendiri sedang “tertidur” dan sedang menantikan kemunculan seseorang untuk membangkitkannya. Yang menjadi pertanyaan kemudian bagaimana jika kemudian Luffy yang berhasil membangkitkan Pluton?

Saat ini, Luffy dan kelompok Topi Jerami sedang menggunakan kapal Thousand Sunny atau Sunny Go. Dengan tantangan yang semakin besar dan ancaman yang juga terus menerus muncul, bukan tidak mungkin jika suatu hari Thousand Sunny akan mengalami nasib yang serupa dengan Going Merry. Sunny akan hancur secara perlahan dan kemudian Luffy harus kembali kehilangan kapal kesayangannya. Namun, pada akhirnya Franky akan membuatkan kapal yang baru, yang lebih besar lagi.

Kapal tersebut bisa jadi adalah Pluton. Ada beberapa alasan yang dianggap bisa mendukung teori ini. Pertama, Franky tahu cetak birunya. Seperti yang kita ketahui, cetak biru dari Pluton sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Terakhir cetak biru Pluton dimiliki oleh Franky. Sadar akan bahayanya, Franky pun memutuskan untuk membakar cetak biru tersebut. Meskipun begitu Franky sudah mengingatnya lebih dulu.

stuff — opbackgrounds: The fact that Pluton is an...

Berdasarkan ingatan tersebut mungkin Franky akan mulai membuat kapal tersebut. Ini kemudian berkaitan dengan alasan yang kedua, di mana alasan selanjutnya adalah dengan membangun Pluton, mungkin Luffy akan mewujudkan mimpi yang sebelumnya tidak pernah bisa terjadi yaitu menghancurkan Pemerintah Dunia dan membuat semuanya kembali bersatu.

Seperti yang disebutkan di atas, senjata kuno diyakini menjadi elemen penting yang membuat kerajaan kuno berkuasa. Dan ini juga yang diyakini membuat takut 20 kerajaan lainnya, yang kemudian memutuskan untuk menyerang mereka dan 20 kerajaan ini kemudian membentuk Pemerintah Dunia. Dengan menggunakan Pluton, Luffy bisa mewujudkan “ramalan” yang ada.

Diketahui bahwa Pluton mampu menghancurkan pulau dengan satu serangan meriamnya. Efek ini sama dengan serangan Buster Call. Dan Luffy akan menggunakan Pluton untuk menghancurkan apa yang selama ini sering menjadi halangan bagi semua orang, dan akhirnya mewujudkan perdamaian dunia dan kebebasan yang hakiki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.