Rasanya tidak perlu lagi diragukan bagaimana kepopuleran dari sosok Uzumaki Naruto. Sejak pertama kali diperkenalkan pada pada 1999, kepopuleran manga Naruto membuatnya menjadi salah satu karakter yang dikenal bukan hanya di Jepang, melainkan juga di seluruh dunia. Bahkan, bisa dibilang sosok Naruto saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari budaya populer modern.

Meskipun sosok Naruto sudah sangat populer saat ini, namun masih ada misteri yang menyelimuti karakter tersebut. Salah satu contohnya adalah mengapa kemudian nama lengkap Naruto adalah Uzumaki Naruto, yang notabene merupakan klan dari sang ibu, bukan Naruto Namikaze? Ada alasan logis di balik dipilihnya nama lengkap dari Naruto tersebut.

Minato Namikaze Memiliki Banyak Musuh

Naruto sendiri merupakan anak satu-satunya dari pasangan Uzumaki Kushina dan Minato Namikaze. Mereka berdua merupakan shinobi hebat dari Konoha, yang kemudian saling jatuh cinta dan akhirnya menikah. Sosok Minato Namikaze, ayah dari Naruto, adalah salah satu shinobi terhebat di desa Konoha. Bahkan, bisa dibilang dia adalah salah satu shinobi terbaik dalam sejarah ninja.

Dalam perang besar shinobi ketiga, sebelum kelahiran Naruto, sosok Minato dikenal sebagai shinobi yang memiliki julukan Yellow Flash atau cahaya kuning Konoha. Hal ini dikarenakan kemampuan Minato yang mampu bergerak dengan secepat kilat. Bahkan, kecepatannya hampir mirip seperti sebuah teleportasi. Dengan kekuatan dan kecepatan epik yang dia miliki, pada perang shinobi tersebut Minato sudah membunuh lebih dari 1.000 ninja musuh.

Berbagai Jenis Flying Raijin di Cerita Naruto! | Greenscene

Minato adalah alasan mengapa Konoha bisa menang dalam pertempuran dan dia juga yang membuat Konoha disegani. Meskipun Minato menjadi ninja yang ditakuti oleh musuhnya, di sisi lain, hal tersebut membuat Minato justru menjadi incaran bagi lawan. Tidak sedikit shinobi, pada zaman tersebut, yang rela melakukan apa pun demi bisa membalas dendam terhadap Minato dan juga keluarganya.

Ketika momen mengerikan di Konoha terjadi ketika Kurama mengamuk, pasca kelahiran Naruto, Minato – yang saat itu sudah menjadi Hokage keempat – beserta Kushina kemudian mengorbankan diri mereka demi melindungi Konoha dan juga anak mereka, Naruto. Dengan menggunakan sisa-sisa tenaga yang ada, keduanya kemudian mengurung dan mengunci Kurama di dalam tubuh Naruto, membuatnya menjadi seorang Jinchuriki.

Sosok Naruto pun kemudian dipercayakan kepada Hiruzen Sarutobi, yang mana Hiruzen kemudian memberikan nama Uzumaki bagi Naruto. Sejak saat itulah Hiruzen mulai merawat dan memperhatikan Naruto, meskipun tidak secara langsung terlibat dalam tumbuh kembang Naruto. Lalu, apa alasan yang kemudian membuat Hiruzen memutuskan memberikan nama Uzumaki kepada Naruto?

Nama Uzumaki Lebih Aman Dibanding Namikaze

Setelah peristiwa mengerikan pada zaman dahulu, di mana klan Uzumaki dihabisi, beberapa dari mereka yang selamat kemudian diburu dan ditangkap untuk kemudian dimanfaatkan kemampuannya. Orochimaru adalah salah satu contoh orang yang mencoba memanfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh klan Uzumaki. Namun, seiring berjalannya waktu, orang-orang sudah tidak lagi “berburu” klan Uzumaki.

Seperti yang disebutkan di atas, sosok Minato memiliki banyak sekali musuh setelah apa yang dia lakukan saat perang besar ninja ketiga. Berdasarkan hal tersebut, mengingat Minato memiliki banyak musuh, dan bagaimana ninja dari desa lainnya berusaha untuk menghabisi keluarganya, maka sangat masuk akal jika kemudian Hiruzen memberikan nama depan bagi Naruto yaitu “Uzumaki” dibandingkan dengan “Namikaze.”

Sebenarnya, baik Uzumaki atau pun Namikaze bukanlah sebuah pilihan nama depan yang baik bagi Naruto, mengingat bahaya yang mengintai pemilik namanya. Karena tidak ada pilihan lainnya, akhirnya mau tidak mau Naruto pun diberikan nama depan “Uzumaki” demi melindunginya dari musuh-musuh masa lalu sang ayah. Dibandingkan dengan “Namikaze,” pilihan nama “Uzumaki” dirasa lebih baik.

Terlepas dari semua masa lalu yang ada, Naruto pun kemudian mulai percaya diri untuk mulai berbicara fakta tentang siapa orang tuanya. Naruto sudah tumbuh menjadi sosok yang kuat, yang mana dia tidak peduli siapa pun lawan dari masa lalu ayahnya yang ingin balas dendam, dia akan siap bertarung.