Avatar merupakan waralaba terkenal yang menceritakan para pengendali elemen yang bertugas menjaga perdamaian dunia. Cerita dari franchise Avatar (untuk versi kartunya) diawali dari serial Avatar The Legend Of Aang. Dalam Avatar The Legend of Aang, penjajahan yang dilakukan oleh negara api ke seluruh negara menjadi masalah utama. Aang yang saat itu masih sangat muda merasa tidak siap untuk menjadi Avatar dan memilih untuk menghilang. Pada akhirnya, dia tidak sengaja membeku di wilayah kutub selatan dan tidur selama ratusan tahun. Singkat cerita setelah beratus-ratus tahun berlalu dan kerajaan api menguasai dunia, Aang kembali ditemukan dan kisah petualangan Avatar dimulai.

Aang akhirnya berhasil menyelesaikan misinya dengan baik dan membawa perdamaian. Dia mati di usia sekitar 65 tahun dan siklus Avatar kembali terjadi. Avatar setelah Aang adalah Korra. Dia merupakan seorang gadis suku air yang telah bisa menguasai tiga elemen sejak kecil. Korra menjadi karakter utama di serial kartun Avatar the Legend of Korra. Korra belajar pengendalian udara pada Tenzin yang merupakan anak kandung Aang.

Konflik yang terjadi selama era Korra lebih rumit. Karena ada beberapa orang yang akhirnya merasa para pengendali elemen berbuat semena-mena pada masyarakat lemah, dan bahkan ada yang menganggap bahwa siklus Avatar sangat tidak adil. Sehingga selama era Korra, banyak masalah baru yang terjadi namun masih bisa diatasi. Lantas apakah setelah Korra akan ada Avatar yang baru?

Menurut informasi yang beredar, setiap zaman memiliki Avatarnya masing-masing. Siklus itu terus berlanjut selama Rava (Roh baik) yang ada di dalam tubuh Avatar terus mencari wadah baru. Ending Avatar Korra adalah setelah keadaan dunia damai, dia memilih berlibur sedikit lebih lama di dunia roh bersama dengan kekasihnya. Jika Korra masih hidup maka tidak ada lagi Avatar selanjutnya. Namun jika dia akhirnya memilih menyatu dengan alam dunia roh seperti paman Zuko (Airoh), maka mungkin saja Rava akan keluar dari tubuh Korra dan akan berkelana untuk mencari penerus Avatar.

Selama Rava masih hidup maka siklus Avatar akan terus berlanjut. Menurut siklusnya seharusnya Avatar selanjutnya akan berasal dari kerajaan bumi. Jadi elemen dasar si Avatar baru nanti adalah elemen tanah. Namun tampaknya sang penulis kurang berkenan untuk melanjutkan kisah Avatar hingga sekarang. Bahkan beberapa penggemar Avatar sempat membuat petisi agar kisah Avatar dilanjutkan.

Sampai pada akhirnya ada isu yang mengatakan bahwa ada beberapa sukarelawan dari para penggemar Avatar membuat sebuah sekuel yang berjudul Avatar The Legend of Genji. Namun kisah ini tidak resmi, dan bukan berasal dari Nickelodeon dan pihak penulis Avatar. Alasan mereka membuat sekuel ini adalah untuk menghidupkan kembali kisah Avatar yang dulu sempat sangat viral di kalangan para penggemar.

Avatar nampaknya harus selalu ada. Sebab setiap manusia memiliki kepentingannya masing-masing dan kemajuan teknologi di dunia Avatar menimbulkan banyak masalah baru. Avatar perlu hadir untuk membawa kedamaian di duni. Selain untuk dihormati, paling tidak kehadiran Avatar berguna untuk membuat takut para pelanggar hukum yang tidak memperdulikan hak-hak orang lain. Lantas Bagaimana menurut kalian, apakah setelah ini akan ada sekuel Avatar baru?