Selama ratusan tahun wilayah Wano menjadi sebuah wilayah yang tertutup terhadap dunia. Dalam cerita One Piece, Wano menjadi satu-satunya wilayah yang sangat sulit untuk diakses. Hampir sama sekali tidak ada informasi yang masuk atau pun keluar dari Wano, kecuali jika mereka mengetahui celahnya atau mereka memang terbiasa pergi ke Wano.

Karena hal itulah, Wano menjadi negara yang masih menghadirkan nuansa feodalisme. Meskipun begitu, di sisi lain ini seolah memberikan kebebasan bagi Wano untuk berkuasa. Namun, dalam chapter 1028 kemarin pihak Pemerintah Dunia mengancam akan mengambil alih kekuasaan Wano, jika kemudian Kaido – sosok yang berkuasa saat ini – berhasil dikalahkan oleh Luffy. Dengan asumsi bahwa Wano berhasil dikuasai Pemerintah Dunia, apa yang akan terjadi?

Wano Semakin Menderita

Saat ini hampir semua penduduk Wano harus merasakan penderitaan panjang, akibat kekuasaan Shogun Orochi dan juga sosok Kaido. Sebelumnya, para penduduk Wano hidup dengan tenang dan damai. Mereka selalu hidup berkecukupan, tidak ada warga atau penduduk yang lapar. Sayangnya, semuanya berubah ketika Orochi mengambil alih kekuasaan Shogun Wano dengan melengserkan Kozuki Sukiyaki.

Udon prison!

Orochi tidak sendiri. Dia dibantu oleh Kaido mewujudkan semua hal itu, dengan menjalin sebuah kesepakatan. Sudah 20 tahun Wano sekarang berubah menjadi sebuah wilayah yang mengerikan bagi warganya. Mereka semua kelaparan, karena sumber daya makanan menipis akibat polusi udara dari pabrik senjata. Tidak sedikit juga yang harus tewas akibat hal ini.

Jika kemudian pihak Pemerintah Dunia berkuasa, maka bukan tidak mungkin hal ini masih akan terus berlanjut bahkan lebih buruk. Dengan semua “fasilitas” yang ada seperti pabrik senjata, bukan tidak mungkin jika mereka akan terus menggenjot produksi senjata yang mana hal itu tentu akan semakin membuat Wano menderita. Akan jauh lebih banyak penduduk yang tewas.

Pemerintah Dunia Semakin Berkuasa

Berbicara mengenai senjata, dengan berhasil menguasai Wano, artinya Pemerintah Dunia berhasil menguasai “pabrik senjata.” Dengan produksi yang dihasilkan dari wilayah Wano ini, Pemerintah Dunia tentu bisa memberikannya kepada pihak angkatan laut untuk menambah armada mereka. Mengingat angkatan laut adalah salah satu alat Pemerintah Dunia, artinya ini juga menjadi salah satu cara membuat Pemerintah Dunia berkuasa.

One Piece: The 10 Worst Atrocities Committed By The World Government

Di sisi lain, seperti halnya yang terjadi di dunia nyata. Pemerintah Dunia bisa terus melakukan hal mengerikan dan ilegal seperti penyelundupan senjata atau penjualan senjata. Mereka bisa menjualnya kepada kerajaan-kerajaan yang sedang berkonflik atau kepada mereka yang bersedia membayar mahal. Pada intinya, Pemerintah Dunia yang memegang kendali perputaran senjata di dunia.

Tidak Akan Ada Yang Bisa Pergi ke Laugh Tale

Seperti sudah menjadi sebuah jalur yang harus dilalui, setiap bajak laut yang berniat untuk pergi ke Laugh Tale pasti akan melalui rute yang ada. Dimulai dari empat jalur yang ada di Grand Line, sampai kemudian masuk ke New World. Di New World inilah para bajak laut mulai mengambil jalan “satu jalur” artinya tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh selain melalui New World.

One Piece: Inikah Petunjuk Untuk Masuk ke Laugh Tale? | Greenscene

Di New World terdapat berbagai pulau atau wilayah, seperti Whole Cake Island, Zou, dan bahkan Wano. Wano sendiri dianggap sebagai “dua langkah terakhir” sebelum Laugh Tale. Jika kemudian Pemerintah Dunia menguasai Wano, rasanya akan sulit ada bajak laut lainnya yang mampu pergi ke Wano. Mereka kemungkinan sudah akan hancur terlebih dahulu sebelum menuju Wano. Artinya mungkin tidak akan ada bajak laut yang mampu pergi ke Laugh Tale – pasca Luffy.

Korupsi dan Eksperimen Ilegal Semakin Menggila

Korupsi dan melakukan berbagai eksperimen ilegal merupakan beberapa kejahatan yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia selama ini. Mereka sepertinya tidak pernah ragu, takut, atau malu melakukan hal tersebut. Contohnya adalah ketika mereka melakukan transaksi jual beli senjata dengan Orochi dan juga Kaido. Atau bagaimana mereka bisa melenyapkan seseorang atau bahkan semua orang tanpa ampun.

Di sisi lain, Pemerintah Dunia pun sering kali melakukan eksperimen yang membuat mereka jauh unggul dalam hal persenjataan dan teknologi. Namun, eksperimen yang dilakukan oleh mereka sering kali melibatkan manusia. Contoh nyatanya adalah Pacifista yang diambil dari tubuh Kuma. Jika Wano dikuasai, hal ini akan semakin menggila. Wano sendiri dikenal karena sumber daya mineral yang mereka miliki terutama batu laut, yang membuat pengguna buah iblis tidak bisa berbuat banyak. Pemerintah Dunia mungkin akan menyalahgunakan hal tersebut untuk kepentingan mereka.