Sanji, Zoro, dan Luffy sering kali dikenal sebagai trio monster dari kelompok Topi Jerami. Mereka bertiga bisa dibilang adalah kru terkuat, dibandingkan kru lainnya untuk masalah kekuatan. Hampir setiap arc dalam ceritanya selalu menghadirkan mereka bertiga yang berada di garis terdepan. Namun, meskipun mereka bertiga sangat kuat, rasanya kita sendiri tahu siapa yang terkuat diantara mereka.

Sanji dan Zoro mungkin tidak lebih kuat dari Luffy, tetapi mereka memiliki keunggulan masing-masing. Zoro dengan kemampuan berpedangnya, dan Sanji dengan kekuatan kaki dan tendangannya. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, arc Wano merupakan tempat bagi karakter di seri One Piece untuk memperlihatkan kemampuannya, dan mengembangkan kemampuan mereka.

Contohnya adalah Luffy, yang belajar bagaimana menggunakan Ryuo dan menggunakan Haki Penguasa tingkat lanjut. Zoro sendiri mendapatkan peningkatan cukup drastis dengan mendapatkan pedang Enma, yang merupakan salah satu pedang milik Kozuki Oden dan pernah melukai Kaido. Bagaimana dengan Sanji? Mungkin para fans pada awalnya tidak berpikir bahwa Sanji juga akan mendapatkan peningkatan kekuatan di arc ini, apalagi Sanji sudah mendapatkan peningkatan kekuatan di arc Whole Cake Island dengan mendapatkan Raid Suit.

Sanji's Raid suit: OnePiece

Namun, ternyata Oda memberikan juga peningkatan kekuatan kepada Sanji seperti diperlihatkan di chapter 1028. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Sanji harus mengalami luka dalam yang cukup parah, setelah Queen berhasil meremukan tulangnya. Ajaibnya luka-luka tersebut sembuh dengan cepat. Melihat hal itu Queen mencoba menyerang kembali Sanji dengan sebuah pedang.

Diduga akan terluka, ternyata tubuh Sanji mengeras. Pedang milik Queen pun hancur. Baik Sanji ataupun Queen sendiri keheranan dengan apa yang terjadi. Sanji sendiri sempat merasakan tubuhnya yang terasa aneh pasca menggunakan Raid Suit. Sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui apa yang terjadi. Sanji menduga bahwa dia sudah berubah menjadi “monster” seperti saudara-saudaranya.

Berbicara mengenai Raid Suit dan peningkatan kekuatan baru Sanji ini, terdapat sebuah teori yang menarik di mana mungkin Queen akan berhasil menghancurkan Raid Suit milik Sanji. Raid Suit sendiri merupakan baju perlindungan yang dibuat oleh Vinsmoke Judge dengan menggunakan teknologi Germa. Baju tempur ini memang sengaja didesain untuk bertarung dan meningkatkan kekuatan dan kemampuan penggunanya.

Dengan teknologi yang canggih dan bahan yang digunakan untuk membuat Raid Suit adalah bahan terpilih, wajar jika daya tahan atau durabilitas Raid Suit sangat luar biasa. Hampir tidak ada yang bisa merusak Raid Suit. Bahkan, jika Geeks perhatikan, ketika King menyerang Sanji yang mengenakan Raid Suit untuk menolong Momonosuke, paruh dari form Pteranodon King sampai bengkok akibat menghantam Raid Suit.

Apakah artinya Raid Suit tidak bisa dihancurkan? Meskipun materialnya kuat, bisa jadi ada cara dan juga alat yang bisa merusak atau menghancurkan Raid Suit, seperti yang pernah dipraktikan oleh kru Big Mom dengan menggunakan senjata khusus. Artinya, Queen bisa saja memiliki teknologi dan sumber daya untuk bisa menghancurkan Raid Suit yang dimiliki Sanji.

Lagipula, Queen sendiri terus mendesak Sanji untuk menggunakan teknologi milik ayahnya tersebut. Sanji sendiri menolak hal tersebut dengan alasan dia tidak ingin sama seperti saudaranya. Dalam pertarungan melawan Queen ini, mungkin pada akhirnya Sanji akan menggunakan Raid Suit dan kemudian Queen akan mampu menghancurkan Raid Suit tersebut dengan alat ciptaanya.

Mengapa kemudian Raid Suit tersebut dirasa perlu dihancurkan? Pertama, untuk menghilangkan “beban” yang ada dalam diri Sanji. Sanji selalu merasa bahwa dia tidak mau seperti sang ayah dan saudaranya. Karena itulah dengan Raid Suit yang hancur, setidaknya tanggung jawab dan kenangan tentang keluarganya sudah tidak lagi ada. Sanji pun bisa mulai fokus pada kekuatannya sendiri.

Kedua, berbicara mengenai fokus kekuatannya sendiri, hancurnya Raid Suit ini pun bisa menjadi jalan bagi Sanji untuk bisa memahami apa yang terjadi dengan tubuhnya. Selain itu, dia juga mungkin akan memahami peningkatan kekuatan dan mengendalikan kekuatan tersebut. Sehingga, pada kemudian hari Sanji tidak perlu lagi memerlukan Raid Suit untuk tambahan kekuatan.

Di sisi lain, meskipun kemudian Raid Suit berhasil dihancurkan, Sanji sendiri masih bisa menggunakan sisa-sisa dari Raid Suit tersebut. Contohnya, Sanji bisa meminta tolong Usopp atau Franky untuk membangun sebuah exoskeleton yang berguna menghadapi musuh kuat. Atau mungkin mereka bisa mempelajari teknologi Germa tersebut untuk diaplikasikan ke benda lain. Misalnya bagaimana membuat sesuatu menjadi tidak terlihat. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah Raid Suit akan hancur atau justru akan tetap dimiliki Sanji sampai akhir serinya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.