Dune adalah salah satu film sci-fi mendatang yang paling diantisipasi pada tahun 2021 ini. Film karya Denis Villeneuve ini diadaptasi dari novel populer berjudul sama karya Frank Herbert pada tahun 1965. Fokus cerita film ini adalah kisah Paul Atreides dan keluarganya, yaitu House Atreides, yang harus melakukan perjalanan ke planet Arrakis atau yang dikenal sebagai Dune. Di Arrakis, House Atreides di bawah kepemimpinan Duke Leto Atreides diberi tugas oleh Galactic Padishah Empire untuk mengawasi penambangan rempah-rempah yang disebut “Spice Melange”.

Film Dune digadang-gadang akan menjadi salah satu film Sci-Fi terbaik, hal itu karena film yang telah menghabiskan ongkos produksi sekitar Rp2,3 triliun ini, berjanji akan menampilkan sinematografi terbaik, mitologi unik, dan cerita yang sangat seru. Setelah sempat diundur berkali-kali, akhirnya film Dune dijadwalkan rilis secara global pada tanggal 22 Oktober 2021. Sambil menunggu tanggal perlisannya tiba, alangkah lebih baiknya kita memoles beberapa pengetahuan tentang mitologi Dune agar mendapatkan pengalaman terbaik saat menonton. Berikut guide lengkap menonton film Dune!

Plot

Dune akan berlatar waktu jauh pada masa depan, di mana manusia sudah menguasai dan tinggal di berbagai planet alam semesta. Duke Leto Atreides, penguasa Planet Caladan, diperintahkan oleh Imperium untuk mengelola planet Arrakis, satu-satunya planet yang mempunyai Spice Melange di dalamnya. Spice Melange adalah rempah yang sangat langka dan paling berharga di alam semesta.

Meskipun Leto tahu bahwa tugas yang diberikan padanya adalah sebuah jebakan yang diatur oleh musuh dari keluarga House Atreides, dia tetap membawa selirnya yaitu Bene Gesserit Lady Jessica, dan putranya yaitu Paul Atreides. Saat Leto mengambil alih operasi penambangan rempah-rempah di Arrakis, dia harus menghadapi berbagai macam bahaya, dari mulai cacing pasir raksasa, sampai musuh dalam selimut yang merupakan saingan House Atreides, yaitu House Harkonnen.

Karakter

Karakter protagonis utama di film Dune adalah Paul Atreides (Timothée Chalamet), dia adalah calon pewaris House Atreides. Ayah dari Paul adalah penguasa planet Caladan yang bernama Duke Leto Atreides (Oscar Isaac), sedangkan ibunya adalah anggota dari persaudaraan Bene Gesserit yang bernama Lady Jessica (Rebecca Ferguson). Bene Gesserit adalah organisasi keagamaan yang terdiri para wanita yang sering campur tangan dalam politik galaksi, tujuan dari persaudaraan ini adalah menemukan juru selamat yang disebut Kwisatz Haderach.

Selain keluarga inti House of Atreides, ada juga ahli senjata sekaligus mentor Paul bernama Gurney Halleck (Josh Brolin), serta ahli pedang yang mempunyai hubungan dekat dengan Paul yaitu Duncan Idaho (Jason Momoa). Antagonis di film Dune diisi oleh pemimpin House Harkonnen bernama Baron Vladimir Harkonnen (Stellan Skarsgård), serta keponakan dan orang kepercayaannya yaitu Glossu “The Beast” Rabban (Dace Bautista). House Harkonnen adalah musuh abadi House Atreides yang sudah lebih dahulu ditugasi oleh Imperium untuk mengelola tambang Spice Melange.

Konflik kedua keluarga tersebut pada akhirnya akan menyebabkan pertemuan antara Paul dengan perempuan Fremen yang selalu ada di mimpinya yaitu Chani (Zendaya). Chani hidup di Arrakis bersama ibunya yang bernama Liet Kynes (Sharon Duncan-Brewster), seorang ahli planet Arrakisdan dan ahli ekologi yang bertindak sebagai penghubung House Atreides dengan Fremen. Fremen dipimpin oleh kepala suku bernama Stilgar (Javier Bardem).

Bangsa

Film Dune akan menceritakan konflik dan hubungan antara tiga bangsa, yaitu House Atreides, House Harkonnen, dan Suku Fremen. House Harkonnen adalah salah satu Houses Major (klan utama dan besar) di Galactic Padishah Empire sekaligus penguasa planet subur Caladan selama 12 generasi. Klan ini dipimpin secara patriarki oleh keluarga Atreides, dengan pemimpin yang disebut “Duke”, yang saat ini dipegang oleh Duke Leto Atreides. Lawan abadi dari House Atreides adalah House Harkonnen.

House Harkonnen adalah Houses Major lain di Galactic Padishah Empire dan penguasa dari planet Giedi Prime, sebuah planet industri dengan tingkat polusi yang sangat tinggi. House Harkonnen dipimpin oleh seorang “Baron” yang selalu berambisi dan brutal, yang saat ini dipegang oleh Baron Vladimir Harkonnen. House Harkonnen terkenal dengan taktik politiknya yang licik dan jahat, dan juga perseteruan abadinya dengan House Atreides.

Selain dua Houses Major, filmnya juga akan menghadirkan satu suku Arrakis yang disebut Fremen, mereka akan menjadi tempat berlindungnya Paul dan Lady Jesica setelah House Harkonnen membunuh satu per satu keluarga House Atreides. Walaupun Fremen sering dianggap sebagai penduduk asli planet Arrakis, tetapi Fremen sebenarnya adalah bangsa yang menduduki Arrakis setelah meninggalkan Bumi, dan merupakan keturunan langsung dari Pengembara Zensunni.

Dikucilkan karena keyakinan mereka, Zensunni mengembara dari planet ke planet lain, di mana legenda Fremen mengatakan bahwa Arrakis adalah planet ketujuh yang mereka sebut “rumah”. Agar tetap bebas, pengembara Zensunni yang menjadi Fremen melarikan diri ke tengah gurun yang berbahaya di Arrakis, dan di sana mereka belajar bertahan hidup. Dipimpin oleh Stilgar, Fremen mempunyai mimpi untuk membersihkan Arrakis dari orang-orang yang akan mengeksploitasi planet Arrakis, seperti House Harkonnen dan House Atreides.

Spice Melange

Spice Melange adalah obat atau rempah-rempah yang menjadi penyebab konflik antara House Atreides, House Harkonnen, dan Fremen. Melange menjadi sumber daya yang sangat penting dalam cerita Dune. Bahkan Melange menjadi sumber pemasukan terbesar bagi Galactic Padishah Empire. Melange merupakan rempah-rempah yang berfungsi seperti narkoba, di mana Melange dipercaya bisa memperpanjang umur, memungkinkan orang untuk melihat masa depan, dan dapat mempermudah perjalanan cahaya di ruang angkasa.

Ketika seseorang mulai ketergantungan terhadap Melange, mata mereka lama kelamaan akan berubah menjadi biru, hal itu terlihat dari suku Fremen yang mempunyai mata berwarna biru. Melange menjadi sangat langka dan berharga karena hanya ada di planet berbahaya yang dijaga oleh cacing pasir raksasa, yaitu planet Arrakis. Melange sendiri berasal dari tanah berbahaya di wilayah Arrakis. Untuk memanen Melange, dibutuhkan sebuah kendaraan khusus yang disebut Harvester. Harvester sendiri dilindungi oleh kapal yang disebut Carryalls, yang siap membawanya Harvester ke tempat yang aman.

Teknologi 

Sementara banyak teknologi yang rusak dan gagal dalam menghadapi kondisi berbahaya Arrakis, Fremen justru hidup di Arrakis tanpa hambatan. Hidup selama berabad-abad di Arrakis telah menempa Fremen untuk bisa bertahan hidup. Mereka menciptakan pakaian yang disebut Stillsuit, yang melindungi mereka dari paparan panas dan juga cacing raksasa. Fremen mempunyai kait khusus untuk mengendarai cacing pasir raksasa di Arrakis, yang biasanya mereka gunakan juga untuk memanen Spice Melange.

Selain Fremen, House Atreides dan Harkonnen juga mempunyai beberapa teknologi khas Imperium, seperti perisai energi yang melindungi mereka agar tetap aman. Perisai energi ini dikalibrasi khusus sesuai kebutuhan pemakainya, ukuran dan kepadatan energinya bisa disesuaikan. Selain perisai energi, ada teknologi yang disebut “Mentat”. Setelah sebelumnya perang besar galaksi terjadi karena sebuah mesin komputer cangih yang bisa berpikir sendiri, Houses Major memutuskan untuk melarang secara permanen penggunaan komputer canggih dan menggantinya dengan manusia komputer yang disebut Mentat.

Mentat mampu melakukan perhitungan rumit dalam hitungan milidetik, seperti strategi militer, dan sebagainya. Pelatihan Mentat biasanya dimulai sejak lahir, dan mereka dibiarkan terpapar sesuatu yang disebut Jus Sapho untuk lebih memperluas pikiran mereka. Masing-masing Houses Major mempunyai satu Mentat, Piter De Vries (David Dastmalchian) adalah Mentat di House Harkonnen, dan Thufir Hawat (Stephen McKinley Henderson) adalah Mentat dari House Atreides. Sementara komputer canggih dilarang, para Houses Major masih memperbolehkan laser dan teknologi sejenis untuk berperang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.