Valyrian steel adalah salah satu logam yang ada di universe Game of Thrones. Logam tersebut dinilai sangat langka dan sakti. Konon, logamnya ditempa oleh naga pada masa kejayaan Valyrian Freehold. Setelah bangsa Valyria musnah karena kejadian “The Doom”, pedang yang terbuat dari logam ini menjadi sangat langka. Hanya ada beberapa pedang valyrian steel di seluruh dunia, termasuk 227 pedang di Westeros, dan beberapa diantaranya bahkan hilang dari sejarah.

Pedang yang terbuat dari valyrian steel terkenal lebih ringan, lebih kuat, dan lebih tajam dari pedang biasa. Selain itu, menariknya pedang ini juga tidak akan pernah tumpul walaupun sering digunakan. Sebelumnya ada beberapa pedang valyrian steel yang diperlihatkan di serial Game of Thrones, seperti Ice, Oathkeeper, Widow’s Wail, Longclaw, Heartsbane, dan Dagger. Dan sekarang, pedang valyrian steel lain tampaknya akan muncul juga di serial spin-off Game of Thrones mendatang yang berjudul House of the Dragon. Berikut dua pedang valyrian steel yang muncul di trailer House of the Dragon!

Darksister

Pedang Darksister adalah satu dari dua pedang valyrian steel yang dipegang oleh House of Targaryen. Pedang ini muncul di trailer perdana House of the Dragon pada menit 0:37, di mana pedang tersebut terlihat sedang digunakan oleh Daemon Targaryen (Matt Smith) untuk bertarung. Desain dari pedang valyrian steel tersebut tampak sangat cocok dengan armor epik yang sedang dikenakan Daemon.

Di sejarah novelnya, pedang Darksister secara turun termurun telah dipegang oleh banyak pertarung tangguh dari House of Targaryen, termasuk Putri Visenya Targaryen dan Pangeran Aemon Targaryean the Dragonknight, sampai akhirnya diturunkan pada orang luar sekaligus pengawal setia Raja Daeron II Targaryen, yaitu Ser Brynden Rivers the Bloodraven. Setelah Aegon V Targaryen mengasingkan Ser Brynden Rivers sebagai seorang Night’s Watch di Wall, tempat orang buangan di Seven Kingdom, keberadaan pedang Darksister tidak pernah diketahui lagi sejak saat itu.

Blackfyre  

Pedang Blackfyre adalah pedang valyrian steel lain milik House of Targaryen selain Darksister. Di trailernya, King Viserys I Targaryen (Paddy Considine) terlihat sedang memegang Blackfyre dengan gagah di menit 0:23. Sementara bentuk penuhnya belum terungkap, sepertinya Blackfyre mempunyai ukuran yang kurang lebih sama dengan Darksister, perbedaannya yang paling mencolok adalah desain ulir di pegangannya dan desain kepala naga di quillons-nya.

Pedang Blackfyre ini pernah digunakan oleh Aegon I Targaryen the Conqueror saat pertama kali menaklukan Seven Kingdom dalam perang Targaryen Conquest. Di novelnya, selain Aegon I, pedang valyrian steel yang satu ini pernah dipegang juga oleh Daemon Blackfyre alias Daemon Targaryen. Setelah Daemon dikalahkan oleh Ser Brynden Rivers dalam perang Blackfyre Rebellion, pedang Blackfyre jatuh pada penerus House of Blackfire, sebelum akhirnya hilang setelah garis keturunan House of Blackfire musnah dalam perang Ninepenny Kings.

Dengan kehadiran dua pedang valyrian steel ini, cukup jelas bahwa serial House of the Dragon tampaknya akan kembali mengangkat banyak elemen penting dari mitologi Game of Thrones, khususnya karena kejadian di serial ini akan berlatar 200 tahun sebelum kejadian Game of Thrones. Yang tidak kalah menariknya dari pedang valyrian steel adalah 17 naga yang kabarnya akan muncul juga di serial House of the Dragon nanti. Serial berjumlah 10 episode ini, diharapkan akan segera dirilis pada tahun 2022 mendatang.