Seri animasi What If…? akhirnya merilis episode terakhir untuk musim perdananya. Dalam episode terakhir ini, kita melihat pertarungan puncak di mana Guardians of the Multiverse akhirnya terbentuk. Sesuai dengan judulnya, “What If…? Uatu Broke His Oath,” Uatu the Watcher akhirnya mau tidak mau harus melakukan tindakan yang seharusnya dia tidak pernah lakukan yaitu mengintervensi cerita.

Seperti yang dihadirkan dalam episode sebelumnya, seluruh multiverse berada dalam bahaya setelah Ultron kembali muncul. Namun, kali ini Ultron muncul dengan kekuatan yang jauh lebih besar. Dia memiliki keenam Infinity Stones, yang dipasang di tubuhnya. Dan berkat Infinity Stones tersebut, Ultron menjadi ancaman besar bagi seluruh multiverse.

Inilah yang kemudian membuat Uatu harus mengumpulkan para pahlawan Marvel dari berbagai universe untuk bersatu dan menghadapi Ultron, seperti yang diperlihatkan di episode 9. Uatu pergi ke berbagai universe dan memilih salah satu dari mereka. Karakter yang dipilih sendiri adalah Stephen Strange, Gamora, T’Challa, Peggy Carter, Thor, dan Erik Killmonger.

What If Episode 9; Will Doctor Strange Supreme Manage To Defeat Ultron?

Meskipun sempat mengalami kesulitan, pada akhirnya Guardians of the Multiverse berhasil mengalahkan Ultron berkat bantuan dari Natasha Romanoff. Sosok Natasha ini berasal dari sebuah universe, di mana semua orang diperlihatkan tewas. Natasha menjadi orang terakhir di universe tersebut. Dan Ultron sendiri adalah pelaku dari hancurnya universe tersebut.

Natasha menembakan sebuah panah berisi virus yang dapat menghentikan program Ultron. Dalam virus tersebut terdapat sosok Arnim Zola, ilmuwan Hydra, yang kini sudah menjadi program. Peggy dan Natasha pun bekerja sama untuk bisa menembakan panah tersebut ke arah Ultron, dan akhirnya berhasil. Virus Arnim Zola berhasil mengambil alih tubuh Ultron dan bahkan menghabisinya – sesuai dengan misi barunya.

Sayangnya, setelah semuanya selesai, Erik Killmonger ternyata mengkhianati Guardians of the Galaxy dengan berusaha menguasai seluruh Infinity Stones. Namun, yang menarik adalah virus Arnim Zola pun ternyata masih ada dan pada akhirnya kedua karakter ini saling memperebutkan Infinity Stones satu sama lain. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan Doctor Strange untuk mengurung mereka dalam pocket universe. Dan dialah yang mengawasinya.

What If Episode 9 Easter Eggs & BreakdownUatu pun kemudian mempersilahkan semuanya kembali ke universe masing-masing, kecuali sosok Natasha Romanoff yang berasal dari universe di mana dia menjadi sosok terakhir. Natasha sendiri berusaha bernegosiasi untuk mengembalikan semua orang-orang yang dia sayang, namun Uatu tidak bisa mewujudkan hal tersebut. Mengancam tidak akan pergi dari tempat mereka, Uatu pun memberikan jalan lain bagi Natasha.

Dia mengantarkan Natasha ke sebuah universe, di mana menurut Uatu sosok Natasha di universe tersebut sudah tewas. Pertanyaanya adalah ke mana Uatu mengirimkan Natasha Romanoff dari universe lain tersebut? Berdasarkan dari apa yang diperlihatkan, ada kemungkinan Uatu mengirimkan variant Natasha Romanoff tersebut ke universe yang kita lihat di episode 3 kemarin.

Seperti yang diperlihatkan dalam episodenya, Natasha Romanoff menjadi salah satu korban dari aksi jahat yang dilakukan oleh Hank Pym. Hank Pym mengincar nyawa anggota pahlawan Marvel, seperti Natasha Romanoff, karena menurut Pym mereka dan juga organisasi SHIELD dianggap tidak pernah menghormati kematian sang anak, Hope Van Dyne, yang tewas dalam sebuah misi.

Dalam episode 9, ketika Natasha Romanoff menyelamatkan Nick Fury dari serangan Loki, Loki sendiri tidak percaya bahwa Natasha masih hidup. Dia mendengar kabar bahwa Natasha sudah tewas. Namun, Nick Fury sendiri meyakini bahwa sosok Natasha Romanoff tersebut bukanlah berasal dari universenya. Meskipun begitu, Nick tidak mempermasalahkannya karena dia melihat ada sosok Natasha “asli” dalam diri variant Natasha tersebut.

Yang juga menarik dalam momen tersebut adalah kita melihat adanya sosok Steve Rogers yang menjadi Captain America dan juga adanya sosok Captain Marvel. Ini semakin memperkuat bahwa variant Natasha tersebut dikirim ke universe di episode 3. Pasalnya, di akhir episode 3 diperlihatkan bagaimana Nick Fury menemukan tubuh dari Captain America yang membeku. Belum lagi, Nick berhasil menghubungi Carol Danvers dengan pager khusus yang dia miliki. Ini artinya Nick Fury berhasil melakukan inisiasi proyek Avengers yang dia rencanakan, sebelum rencana tersebut sempat tertunda akibat tewasnya beberapa pahlawan Marvel.

Adakah Black Widow Lain yang Menyebrang ke Universe Utama?

Saat ini, universe utama Marvel kehilangan salah satu pahlawan terbaik mereka yaitu Natasha Romanoff. Natasha tewas dalam film Avengers: Endgame, di mana dia mengorbankan dirinya demi mendapatkan Soul Stone di planet Vormir. Soul Stone tersebut dibutuhkan untuk membuat keadaan kembali seperti semula dengan mengembalikan Decimation yang dibuat Thanos sebelumnya.

Jika, melihat situasi yang diperlihat di seri What If…? pertanyaanya adalah apakah mungkin ada Black Widow dari universe lain (atau variant Black Widow) pergi atau menyebrang ke universe utama marvel? Jawabannya adalah mungkin saja. Memang, untuk kasus Natasha di episode 9 ini semuanya ada campur tangan dari Uatu the Watcher. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil terjadi.

Avengers: Endgame deleted scene shows a different death for Black Widow - Polygon

Seri Loki bisa menjadi petunjuk dari hal ini, di mana berbagai variant Loki dari berbagai universe bisa berkumpul di satu tempat. Artinya selama ada cara untuk bisa melompat atau pergi ke universe lain, maka kemungkinan bahwa Black Widow lain muncul di universe utama pun bukanlah sesuatu yang mustahil. Sayangnya, untuk saat ini, kita masih belum mengetahui bagaimana caranya untuk bisa pergi ke universe lain.

Sejauh ini, kita baru diperlihatkan bisa kembali ke masa lalu dengan menggunakan mesin waktu. Kemudian di film Spider-Man: No Way Home sendiri masih belum ada konfirmasi resmi apakah memang universe yang didatangi Peter adalah universe lain atau merupakan mantra dari Stephen Strange. Yang pasti, multiverse dikonfirmasi nyata dan ada. Tentunya akan sangat menarik jika kemudian Natasha Romanoff dari universe lain “kembali” bergabung dengan tim Avengers yang baru. Dan ini juga bisa menjadi jalan bagi Scarlett Johannsson untuk bisa kembali ke peran lamanya. Atau mungkin Marvel Studios bisa menghadirkan sosok Black Widow yang baru. Bagaimana menurut kalian Geeks?