Film Joker pertama adalah sebuah kesuksesan fenomenal yang telah diraih oleh Warner Bros dan DC Films. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini telah meraup keuntungan sebesar $1 miliar atau sekitar Rp14 triliun di seluruh dunia, dari anggaran film sebesar $70 juta atau sekitar Rp1 miliar. Sebuah pencapaian fantastis untuk film psychological thriller dengan rating R (dewasa). Ditambah lagi, film ini terdaftar dalam 11 nominasi 92nd Academy Awards, dan berhasil memenangkan “Best Actor” dan “Best Original Score”.

Salah satu faktor sukses dari film yang disutradarai oleh Todd Phillips ini adalah karena akting dari Joaquin Phoenix yang telah berhasil membawakan kesedihan dan kengerian dari karakter Joker. Di film ini Arthur Fleck alias Joker diceritakan sebagai orang baik yang berubah menjadi jahat setelah mengetahui kenyataan pahit di sekitarnya. Sementara film berakhir dengan kelahiran supervillain Joker yang terkenal sebagai musuh Batman, para penggemar mengharapkan sebuah sekuel yang menceritakan kisah Joker lebih lanjut.

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan The Playlist, Joaquin Phoenix mengatakan bahwa dirinya juga sangat ingin mengekplorasi karakter Joker lebih jauh lagi, tetapi dia tidak mengetahui apakah sekuel Joker akan digarap atau tidak. “Maksud saya, saya tidak tahu,” kata Phoenix. “Dia [Joker] adalah orang yang menarik. Banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap orang ini dan bisa [dieksplorasi] lebih jauh. Tetapi apakah kita benar-benar akan melakukannya? Saya tidak tahu.” 

Walaupun belum ada kabar lebih lanjut yang mengonfirmasi kapan Joker 2 akan digarap, baik dari Warner Bros maupun dari sutradara Todd Phillips, tetapi setidaknya penggemar sudah mendengar langsung dari sang aktor pemeran Joker bahwa dia sangat berharap untuk mengekplorasi karakter Joker lebih jauh lagi. Untuk saat ini kita nantikan saja kabar selanjutnya mengenai Joker 2 ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.