Team Rocket merupakan trio antagonis yang tergabung dalam sebuah kelompok di franchise Pokémon. Mereka sering kali menjegal berbagai kegiatan dan juga misi yang dilakukan oleh Ash Ketchum dan teman-temannya. Team Rocket sendiri terdiri dari dua manusia dan satu Pokémon, yaitu Jessie, James, dan Meowth. Misi utama mereka adalah adalah menangkap Pikachu.

Dalam berbagai kesempatan, sering kali mereka harus bertarung satu sama lain. Bahkan, selain para trainernya, Pikachu dan Meowth sering kali saling serang dan pertarungan. Meskipun begitu, tidak jarang juga mereka membentuk sebuah aliansi. Memang, situasi dan kondisi yang mungkin memaksa mereka untuk bekerja sama. Namun, pada intinya baik Meowth mau pun Pikachu mereka memiliki moral yang sama. Berikut adalah berbagai momen kebersamaan Meowth dan Pikachu.

Pokémon: Bound For Trouble – Episode 104

Dalam cerita “Bound For Trouble,” Ash dan teman-temannya memutuskan untuk beristirahat di sebuah pulau. Namun, mereka kemudian dikejutkan dengan kedatangan Team Rocket yang mengacaukan tempat tersebut. Team Rocket kemudian menyiapkan jebakan, berupa lubang besar, untuk para trainer tersebut. Pikachu pun kemudian berhasil tertangkap, dan tubuhnya terikat di bagian pinggangnya.

Namun, ternyata bukan hanya Pikachu yang terikat melainkan juga Meowth. Sebelum Team Rocket pergi membawa Pikachu, seekor Pigeot kemudian membawa mereka berdua. Pikachu kemudian menyetrum Pigeot, yang mana hal itu membuat mereka harus terjatuh di alam liar. Pada awalnya, mereka berdua saling menyalahkan atas apa yang terjadi, namun pada akhirnya keduanya setuju untuk bekerja sama.

Ketika seekor Rhydon hendak menyerang mereka, Meowth sama sekali tidak bisa bergerak, dan Pikachu pun berhasil menyelamatkannya sebelum terkena serangan Rhydon. Ketika malam tiba, mereka pun lapar dan Pikachu berhasil menjatuhkan apel di sebuah pohon. Melihat Meowth yang sedih, akhirnya Pikachu memutuskan untuk membagi apelnya. Meowth sendiri kemudian menyadari bahwa mereka sebenarnya bisa menjadi teman.

Pokémon: Advanced Challange: A Scare To Remember – Epsiode 98

Seri “A Scare To Remember” menghadirkan sebuah cerita dengan twist yang menarik dalam franchise Pokémon. Setelah bertarung melawan Team Rocket, Ash harus kehilangan Pikachu, yang memukul kepalanya dan kemudian mengidap amnesia. Meowth kemudian memanfaatkan kesempatan untuk untuk memanipulasi Pikachu, dengan mengatakan bahwa dia adalah bagian dari Team Rocket.

Meskipun sebenarnya episode ini lebih kepada cerita tentang manipulasi Meowth terhadap Pikachu, yang memanfaatkan keadaan, namun kita melihat bagaimana hubungan baik keduanya di sepanjang episode. Meowth berbicara banyak kepada Pikachu, dan meyakinkan bahwa dia harus tetap bersamanya dan juga Team Rocket. Ketika Meowth hampir terjatuh dari tebing, Pikachu berhasil meraih ekornya dan menyelamatkannya.

Ceritanya sendiri kemudian diakhiri dengan Meowth dan Pikachu yang kelaparan, dan kemudian mereka berbagi apel yang sama. Meowth sendiri tidak percaya bagaimana dia bisa menerima kebaikan Pikachu, dan hal itu membuatnya menangis.

Pokémon The Series: XY: Dream A Little Dream From Me! – Episode 98

Persahabatan antara Pikachu dan Meowth pun kemudian berlanjut di era modern dalam seri Pokémon The Series: XY, Pikachu dan Meowth memutuskan untuk bersatu demi menolong para Pokémon lainnya. Situasi semakin aneh ketika pada saat malam Pikachu dan Meowth terbangun dalam keadaan haus, dan ketika mereka berusaha mencari air mereka kemudian bertemu dengan Pokémon lainnya, Squishy.

Seperti halnya Meowth, Squishy adalah Pokémon yang mampu berbicara. Dia mengatakan kepada Meowth bahwa ada sosok mengerikan yang mengejarnya dan dia butuh bantuan untuk bisa loos dari makhluk mengerikan tersebut. Ternyata yang dimaksud oleh Squishy adalah Mythical Pokémon, Darkrai, yang sengaja membuat Meowth dan Pikachu bisa muncul dalam mimpi Squishy. Dan pada akhirnya semua terungkap bahwa semuanya hanya mimpi.

Pokémon: The First Movie

Mungkin momen pertemanan antara Pikachu dan Meowth terjadi dalam puncak cerita Pokémon: The First Movie. Dalam filmnya, diperlihatkan bagaimana kloning dari Mewtwo harus bertarung menghadapi berbagai Pokémon lainnya. Baik Pikachu maupun Meowth juga berhasil dikloning oleh mesin Mewtwo. Namun, bukannya saling bertarung satu sama lain, kloning dan Pokémon asli dari Meowth dan Pikachu justru menyadari bahwa pertarungan mereka tidak ada gunanya.

Meowth kemudian menyelamatkan Pikachu dan membawanya ke tempat yang aman ketika tidak sadarkan diri akibat kelelahan. Ini menjadi bukti bahwa Meowth memiliki  kepedulian terhadap kesehatan dan juga keamanan Pikachu. Ketika semuanya selesai, Meowth menyadari bahwa tidak perlu lagi ada pertengkarangan jika mereka bisa saling bersatu dan berteman.