Chapter 1010 dari seri manga One Piece kemarin akhirnya mengkonfirmasi sesuatu yang sangat penting dari Zoro, yaitu dia ternyata memang memiliki kemampuan Conqueror Haki. Namun, fakta bahwa Zoro memiliki Conqueror Haki pada dasarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, selama ini pun Eiichiro Oda sudah sejak lama memberikan petunjuk terkait hal tersebut – yang mana memunculkan banyak teori dan spekulasi tentang hal tersebut.

Zoro sendiri sering kali dianggap bagaikan Rayleigh. Zoro adalah kru yang sangat dekat dengan Luffy, dan Zoro mau mengikuti Luffy karena Zoro mempercayainya. Zoro juga tangan kanan Luffy yang memiliki kekuatan hampir setara dengan Luffy. Sementara Rayleigh sendiri, ia merupakan pengguna dari Conqueror Haki, jadi dengan spekulasi bahwa adanya kemiripan antara Zoro dan Rayleigh, artinya Zoro pun memiliki Haki tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, fakta bahwa Zoro memiliki Conqueror Haki menjadi konfirmasi dari apa yang sebelumnya dispekulasikan oleh para fans. Oda Sensei sendiri sudah sejak lama memberikan petunjuk mengenai hal ini, dengan mereferensikan Haki ini dengan sebutan “aura yang sangat kuat”, “hasrat membunuh”, “hawa iblis” yang sangat kuat dari sosok Zoro.

Mengenal Ashura, Teknik Mengerikan Milik Zoro | Greenscene

Di awal arc Wano, Urashima – sang juara sumo – mencoba untuk menculik Kiku tapi dia tidak jadi melakukannya. Hal itu dikarenakan Urashima merasakan hawa yang mengerikan dari Zoro. Kekuatan tekad dari Zoro benar-benar sangat kuat dan luar biasa, bahkan sampai-sampai mampu menciptakan sebuah ilusi dari tubuhnya yang seolah bertambah banyak seperti seorang iblis.

Di sisi lain, para Worst Generation merasakan bagaimana hawa membunuh Zoro sangat luar biasa. Di chapter 997, Zoro marah terhadap Queen, dan berteriak dengan mengatakan bahwa dia tidak memiliki waktu untuk bermain-main dan menghabiskan waktu untuk permainan yang dia lakukan. Pada momen tersebut terlihat bagaimana Queen terintimidasi oleh hal tersebut. Di sisi lain, Kaido menjadi penyebab dari gempa bumi di Onigashima, karena dia mengangkat pulaunya.

Namun, banyak orang mengira bahwa gempa tersebut diakibatkan oleh Conqueror Haki dari Zoro. Brook bahkan meyakini hal tersebut juga. Meskipun pada awalnya hal itu mungkin hanya sebagai lelucon saja, namun kita akhirnya tahu bahwa hal tersebut bukan lelucon. Namun, hal tersebut menarik, karena orang-orang mengira bahwa gempa tersebut diakibatkan oleh kemarahan dari Zoro dan juga Conqueror Haki yang dia miliki.

99¢ dream emporium — au where everything's the same except luffy has...

Seperti yang diungkapkan oleh Rayleigh, Conqueror Haki adalah “kekuatan untuk menaklukan.” Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi kepada Monet, ketika dia “tewas” akibat tebasan Zoro. Momen ketika Zoro hendak menyerang Monet, terlihat Zoro begitu serius dengan tatapannya. Dan yang menarik, ekspresi dan tatapan tersebut sesuai dengan apa yang biasanya dilakukan oleh para pengguna Conqueror Haki.

Artinya sejak di Punk Hazard sendiri Zoro sudah memperlihatkan Haki Penguasa miliknya ini. Bagi Monet, yang mampu untuk bisa kembali ke wujud semula, tebasan Zoro seolah nyata sehingga dia menyangka bahwa dia benar-benar tewas. Dan juga sedari kecil dia sudah memiliki kemampuan Haki tersebut. Yang menjadi pertanyaan kemudian mengapa Mihawk tidak mengajarkan Zoro tentang hal ini?

In One Piece what happened in the fight between Zoro and Monet? - Quora

Saat time-skip di Kuraigana, Mihawk tentunya mengajari Zoro banyak hal. Dengan statusnya sebagai ahli pedang terbaik di dunia, rasanya dia mampu merasakan potensi besar dalam diri Zoro. Mengapa kemudian Mihawk tidak mengajari Zoro tentang Haki Penguasa? Jawaban yang paling logis, karena Mihawk sendiri tidak memiliki kemampuan itu – meskipun dia bisa merasakannya.

Mihawk hanya mengandalkan Haki Pengamatan dan Haki Persenjataan, sehingga hanya kedua Haki itu saja yang mungkin lebih difokuskan dalam latihannya bersama Zoro. Bila memang begitu, wajar jika kemudian Zoro tidak tahu menahu mengenai Haki Penguasa dalam dirinya, yang dia gunakan dalam teknik Asura yang dia gunakan untuk menghadapi Kaido. Mungkin Zoro perlu juga untuk berlatih bersama Rayleigh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.