Cerita One Piece sangat erat kaitannya dengan kekuatan buah iblis. Hampir di semua arc dari One Piece selalu melibatkan kekuatan buah iblis, bahkan di episode awal dari One Piece pun kita sudah diperkenalkan dengan buah iblis yaitu Gomu Gomu, buah iblis yang kemudian menjadi senjata andalan Luffy. Meskipun sering muncul dalam cerita, masih ada banyak misteri yang berkaitan dengan buah iblis.

Seperti yang sudah Geeks ketahui, buah iblis sendiri terbagi menjadi tiga kelompok besar yaitu Paramecia, Logia, dan Zoan. Setiap kelompok buah iblis memang memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang bisa berubah menjadi binatang, menjadi benda, atau menjadi sesuatu lainnya. Meskipun buah iblis memberikan kekuatan kepada seseorang, bukan berarti mereka tidak bisa mati. Buktinya ada sederet nama pengguna buah iblis yang bernasib sangat tragis. Siapa saja?

Smiley

Smiley merupakan binatang peliharaan dari penguasa Punk Hazard, Caesar Clown. Smiley diciptakan dengan cara mengumpulkan dan mengkompresi seluruh gas beracun yang tersebar di penjuru Punk Hazard dan dengan menggunakan hasil penemuan dari Dr. Vegapunk untuk menciptakan buah iblis Zoan buatan, akhirnya Caesar pun menciptakan sosok Smiley.

Sara sara no mi | Anime, Mi one, Smiley

Smiley kemudian mengkonsumsi buah iblis Sara Sara no Mi, Model: Axolotl, yang mana buah iblis tersebut membuat Smiley bisa berubah menjadi seekor axolotl atau salamander. Buah iblis ini juga memberikan Smiley nyawa dan kehidupan. Konyolnya Smiley tewas karena salah satu hasil penemuan Caesar yaitu permen racun raksasa. Permen tersebut lebih berbahaya, karena efeknya sendiri bukannya membunuh korbannya melainkan mengubahnya menjadi bentuk lain. Karena itulah Smiley tewas dengan kembali ke wujud asalnya yaitu gas.

Monet

Respect Monet (One Piece): respectthreads

Monet merupakan salah satu karakter yang cukup kuat di series One Piece. Dia adalah asisten dari Caesar Clown dan pemakan buah iblis Yuki Yuki no Mi. Buah iblis salju ini mampu memberikan penggunanya kekuatan untuk menjadi elemen salju. Dalam pertarungan melawan Zoro dan juga Tashigi, kita melihat bagaimana Monet memanfaatkan arena bertarungnya dengan ditutupi oleh Salju. Hal itu tentunya menjadi sebuah keuntungan bagi Monet. Namun, meskipun Monet memberikan kesulitan bagi mereka berdua, dia harus tewas setelah Zoro berhasil “membelah” dirinya.

Mother Caramel

Mother Caramel merupakan sosok yang “berjasa” besar dalam hidup Charlotte Linlin alias Big Mom. Dia adalah ibu angkat Big Mom di panti asuhan, yang sebenarnya adalah tempat untuk perdagangan manusia. Mother Caramel dikenal sebagai human trafficker atau penyulundup manusia paling terkenal di Grand Line.

Rate Mother Carmel? | One Piece Amino

Mother Caramel sendiri diketahui memiliki buah iblis Soru Soru, di mana dia bisa mengendalikan jiwa orang lain. Namun, Mother Caramel harus tewas secara mengenaskan oleh salah satu anak asuhnya. Karena nafsu makan Big Mom yang sangat tinggi, saat acara ulang tahunnya Linlin memakan semua orang dan benda yang ada di sekitarnya termasuk Mother Caramel. Mother caramel sendiri tewas dalam kejadian ini sedangkan Big Mom kini memiliki kekuatannya.

Donquixote Rosinante

Donquixote Rosinante adalah salah satu bagian dari klan penguasa yaitu Donquixote, dan juga merupakan adik dari salah satu mantan Shichibukai yaitu Donquixote Doflamingo. Meskipun dia dikenal sebagai bagian dari kelompok bajak laut Donquixote, sebenarnya Rosinante adalah salah satu perwira angkatan laut. Dia ditugaskan untuk menyusup ke kelompok kakaknya.

Rosinante ternyata sudah lama menjadi mata-mata di kelompok bajak laut kakaknya. Rosinante memiliki buah iblis Nagi Nagi no Mi, dimana dia bisa menciptakan semacam penghalang suara sehingga suara dari luar tidak bisa terdengar ke dalam, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini digunakan sebagai salah satu cara untuk mengelabui Dofy yang berpikir bahwa dia memiliki kekurangan fisik. Rosinante sendiri harus tewas di tangan kakaknya sendiri setelah tahu bahwa dia adalah mata-mata angkatan laut.

Portgas D. Ace

Kematian Ace merupakan salah satu kematian paling memilukan di seri ini. Saat Luffy sudah berhasil menyelamatkan Ace, mereka pun sempat menghabisi sebagian pasukan angkatan laut. Sakazuki yang melihat kejadian tersebut langsung bertindak untuk menghabisi Ace. Pertarungan keduanya sebenarnya cukup seimbang dan Ace mampu menangkis serangan Sakazuki.

Menyadari hal itu, Sakazuki akhirnya mengincar orang lain yaitu Luffy. Melihat adiknya diincar, Ace pun kemudian menahan serangan itu dengan tubuhnya. Tinju magma Sakazuki menembus tubuh Ace dan membakar organ dalamnya. Ace pun tewas. Melihat kematian kakaknya di depan matanya Luffy langsung tidak sadarkan diri. Jinbei dan kelompok Law pun kemudian membawa pergi Luffy ke tempat aman. Buah Mera Mera no Mi sempat menjadi hadiah dalam turnamen gladiator di Dressrosa. Beruntung kini Sabo yang memiliki buah iblisnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.