Stranger Things adalah serial horor sukses Netflix yang pada tahun 2022 nanti akan hadir dengan season keempatnya. Sementara serial ini telah berumur lima tahun sejak pertama kali rilis pada tahun 2016, baru-baru ini CEO Netflix Ted Sarandos mengungkapkan rencana Netflix untuk membuat sebuah spin-off Stranger Things. Kabar tersebut telah menuai respons yang beragam dari penggemar, sebagian yang setuju merasa ingin sekali melihat sisi lain dari Stranger Things. Sejak pertama kali kabar beredar, banyak penggemar yang penasaran seperti apa spin off-nya nanti. Berikut 4 ide spin-off Stranger Things!

Petualangan Dustin & Steve

Kisah spin-off Dustin Henderson (Gaten Matarazzo) dan Steve Harrington (Joe Keery) adalah salah satu yang paling diantisipasi penggemar. Hal itu karena hubungan menarik mereka berdua di dua season Stranger Things sebelumnya. Steve awalnya tidak terlalu dekat dengan para anak-anak di season pertama, tetapi setelah season 2 berakhir, semua penggemar melihat kecocokan Steve dan Dustin sebagai sahabat karib yang lucu. Perbedaan usia mereka membuat interaksi mereka berdua bahkan lebih menarik lagi, sehingga kisah spin-off petualangan Dustin dan Steve sepertinya sangat menjanjikan.

Kisah Test Subject lain

Selain Eleven, sebenarnya ada beberapa test subject lain yang menjadi korban dari pemerintah saat mencari anak dengan kekuatan super. Beberapa diantaranya telah terungkap dalam serialnya maupun komiknya, termasuk test subject Three bernama Ricky, test subject Six bernama Francine, test subject Eight bernama Kali, test subject Nine bernama Jamie, dan test subject 9,5 bernama Nancy. Para karakter berkekuatan super tersebut cukup berpotensi menjadi bintang utama di serial spin-off mendatang, apalagi beberapa diantaranya sudah mempunyai fondasi kisah menarik di komik Stranger Things.

Awal Mula Upside Down

Sejak pertama kali diperlihatkan di season perdana Stranger Things, Upside Down selalu menjadi dunia lain yang penuh dengan misteri sampai sekarang. Upside Down adalah dimensi alternatif yang memiliki hubungan paralel dengan dunia manusia. Melalui gerbang yang diciptakan secara tidak sengaja oleh Eleven, monster raksasa Mind Flayer mulai menggunakan kekuasaannya untuk menyerang Bumi, dimulai dari kota Kecil Hawkins.

Selain penampakan sekilas Upside Down dan beberapa monster di dalamnya, termasuk Demogorgon dan Demodog, tidak ada yang mengetahui bagaimana asal usul dunia tersebut. Sehingga ceritanya akan sangat menarik jika dijadikan plot utama untuk serial spin-off yang akan datang.

Kisah Orang Tua Eleven 

Sementara Stranger Things season 2 akhirnya memperlihatkan Eleven yang diadopsi oleh Jim Hopper sebagai anak perempuannya, di season tersebut juga terungkap siapa ibu kandung dari Eleven, yaitu Terry Ives. Diceritakan dalam sebuah cerita flashback bagaimana akhirnya Terry menjadi bagian dari proyek MK Ultra, di bawah kepemimpinan Dr. Martin Brenner di Hawkins National Laboratory. Kemudian terungkap bahwa saat dirinya hamil, Brenner melakukan percobaan padanya dan lahirlah Eleven.

Sementara kisah kelahiran Eleven telah diceritakan cukup jelas, akan menarik juga jika kisah awal mulai proyek MKUltra pertama kali diceritakan di spin-off mendatang. Penggemar bisa mengetahui apa sebenarnya MKUltra dan apa yang mendasari obsesi pemerintah terhadap proyek yang menyebabkan banyak korban tersebut.