Mjolnir merupakan salah satu senjata yang sangat populer baik di komik Marvel atau pun di jagat sinematik Marvel. Mjolnir merupakan senjata yang digunakan oleh Thor Odinson dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pahlawan. Meskipun Mjolnir pun pernah digunakan oleh berbagai karakter, namun Thor tetap menjadi pemilik yang identik dengan senjata luar biasa ini.

Mjolnir sendiri merupakan senjata yang dibuat Odin untuk Thor, di mana Odin mempersiapkan Thor untuk menjadi penggantinya sebagai raja Asgard. Karena itulah, Odin menambah kekuatan Thor dengan membuatkannya Mjolnir. Seperti diperlihatkan dalam film Thor pertama, Thor tidak serta merta langsung bisa menguasai atau mampu menggunakan palu ajaib tersebut.

Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, hanya mereka yang dianggap pantas yang bisa menggunakannya. Pada awalnya, Thor sendiri dianggap belum pantas karena banyak faktor, seperti terlalu memikirkan diri sendiri, terlalu tergesa-gesa, dan sebagainya. Namun, setelah petualangannya di bumi Thor belajar banyak hal yang mana akhirnya dia pun mampu menggunakan Mjolnir.

Finally, Science Explains Why No One Can Lift Thor's Hammer | WIRED

Berbicara mengenai pengguna Mjolnir, di MCU sendiri baru ada dua orang yang bisa menggunakannya. Selain Thor, sosok Steve Rogers alias Captain America menjadi orang lainnya yang bisa mengangkat dan menggunakan palu ini. Hal ini diperlihatkan di akhir momen Avengers: Endgame ketika Steve bertarung menghadapi Thanos. Sebenarnya, petunjuk mengenai Steve yang mampu menggunakan Mjolnir sudah ada sejak lama.

Jika Geeks ingat salah satu momen di film Age of Ultron, diperlihatkan bagaimana Steve mampu menggeser Mjolnir. Hal ini sempat membuat Thor terkejut dengan apa yang dia lihat. Banyak fans yang berasumsi bahwa Captain America mampu menggunakan dan mengangkat Mjolnir berkat nilai-nilai yang dia yakini dan berbagai kebaikan yang dia tanamkan dalam dirinya. Belum lagi keberaniannya sebagai “sang pahlawan Amerika” dianggap sebagai faktor lain dari hal tersebut.

Dengan MCU sekarang sedang menjalankan Phase baru dan akan menghadirkan berbagai karakter baru lainnya, muncul sebuah pertanyaan. Apakah akan ada karakter lain yang bisa mengangkat Mjolnir setelah Steve Rogers? MCU memperkenalkan berbagai karakter baru yang kuat seperti Doctor Strange atau Captain Marvel. Mereka memiliki kelebihan masing-masing.

Contohnya Doctor Strange yang memang sangat ahli dalam dunia sihir, bahkan dia adalah penyihir agung saat ini. Kemudian Carol Danvers sendiri merupakan pahlawan yang berada di level berbeda dengan Avengers lainnya. Dia merupakan pahlawan Marvel yang sudah berada di level kosmik. Tetapi, kecil kemungkinan bahwa para karakter kuat ini mampu mengangkat Mjolnir.

Marvel/DC: Comic Movies Analisis dan Laporan Saluran YouTube - Didukung oleh NoxInfluencer Mobile

Satu hal yang menjadi kesamaan dari para karakter yang tidak bisa menjadi orang selanjutnya yang mampu mengangkat Mjolnir adalah mereka dianggap belum pantas. Bisa jadi, masih ada ego dalam diri mereka. Atau mungkin saja masih ada hasrat terbesar yang tersembunyi dalam diri mereka yang membuat karakter-karakter tersebut dianggap belum pantas untuk bisa mengangkat Mjolnir.

Meskipun begitu, sebenarnya ada satu karakter yang dianggap pantas dan mampu untuk bisa mengangkat dan menggunakan Mjolnir. Dia adalah Peter Parker alias Spider-Man. Peter dianggap sebagai karakter yang memang memiliki hati emas, sosok yang selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik ketika menggunakan kostum laba-laba miliknya. Sebenarnya dalam cerita komiknya sendiri Spidey pernah menggunakan Mjolnir, meskipun sangat sebentar dan dia membutuhkan bantuan.

Dalam film Endgame, kita melihat Captain America melemparkan Mjolnir ke arah Spidey, dan membantunya untuk bisa pergi dari situasi pelik di mana dia kelilingi oleh anak buah Thanos, sebelum kemudian dia diselamatkan oleh Valkyrie. Dilihat dari momen tersebut, meskipun Peter tidak mengangkat Mjolnir, namun dia secara tidak sadar berhasil memegang palunya.

Dan yang lebih penting adalah Mjolnir sendiri membiarkan Peter memegangnya, dan tidak menjatuhkannya ke tanah atau bahkan melemparnya. Hal ini seolah memberikan petunjuk  besar di Phase 4, di mana Peter mampu menggunakan Mjolnir tanpa perlu susah payah. Jika kemudian hal ini memang terjadi, maka Spider-Man menjadi sosok lain yang dianggap layak selain Steve Rogers. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.