Boruto Uzumaki merupakan protagonis utama dalam seri karya Masashi Kishimoto Boruto: Naruto Next Generation. Dengan sikap dan kepribadiannya, Boruto pun kemudian mendapatkan banyak perhatian dari para fans dan karakter lainnya. Boruto sendiri muncul sebagai seorang anak kecil yang bermasalah. Boruto pun pada awalnya tidak memahami bagaimana pengorbanan seorang ninja.

Dia bahkan memutuskan untuk tidak mau menjadi seorang ninja. Namun, seiring waktu, Boruto mulai menghormati nilai-nilai ninja dan bahkan dia mau belajar untuk menjadi seorang ninja. Dalam ceritanya, sebagai protagonis utama dalam serinya tentu tidak heran banyak hal yang terjadi kepada Boruto. Ada beberapa momen yang dialami Boruto membuat lawan merasa hormat terhadap sosoknya.

Saat Bertarung Menghadapi Naruto Uzumaki

Boruto pun harus bertarung menghadapi Naruto dalam sebuah latihan uji tanding pasca peristiwa besar di arc Momoshiki. Dalam pertarungan tersebut, Boruto memperlihatkan semua kemampuan yang dia miliki. Dengan kekuatan baru yang ada dalam dirinya yang sudah dilatih selama berbulan-bulan, Boruto berhasil membuat Naruto terkesan dan takjub dengan kekuatan Boruto. Teknik Thunderclap Arrow alias Jinraisen serta teknik tinggi dari teknik Water Release menjadi beberapa hal yang disanjung oleh Naruto. Tidak diragukan lagi Naruto merasa bangga terhadap sang anak.

Ketika Dia Mengalahkan Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki Otsutsuki muncul sebagai salah satu antagonis terbesar dalam cerita Boruto. Dalam arc Momoshiki diperlihatkan bagaimana dia memang menjadi ancaman besar bagi semuanya. Menjelang akhir arcnya, Momoshiki kemudian berhasil dikalahkan oleh kombinasi Naruto dan Sasuke juga Boruto. Meskipun Naruto dan Sasuke berperan penting dalam melemahkan sosok Momoshiki, Boruto adalah orang yang kemudian menghabisi dan mengalahkan Momoshiki. Momoshiki sendiri terkejut bahwa Boruto mampu menggunakan Jougan dan memiliki kekuatan Otsutsuki.

Mampu Mengalahkan Ao

Ao adalah seorang shinobi yang luar biasa yang berasal dari desa Kirigakure. Namun, hal itu hanyalah sejarah. Setelah dia selamat dalam perang besar ninja keempat, dia kemudian bergabung dengan Kara dan dia pun menjadi Outer Kara. Pasca kekalahan dari Momoshiki Otsutsuki, Ao merupakan salah satu antagonis utama selanjutnya dalam seri ini. Ao sempat berhasil menghancurkan Team 7 sendirian, namun dia kemudian harus kalah dari Boruto. Berkat hal ini, Ao pun menaruh rasa hormatnya terhadap shinobi muda ini.

Ketika Kashin Koji Mengetahui Boruto Kalahkan Ao

Kashin Koji ada pada saat pertarungan Ao melawan Boruto. Dia terus memperhatikan pertarungan keduanya yang bertarung secara sengit. Yang mengejutkan adalah meskipun Ao berhasil menghancurkan Team 7, pada akhirnya dia harus kalah dari Boruto. Boruto berhasil mengkombinasikan berbagai peralatan modern ninja yang kemudian dikombinasikan dengan kekuatannya. Melihat hal ini, Kashin Koji pun merasa kagum dan tertarik terhadap Boruto. Kashin Koji pun kemudian memperkenalkan dirinya kepada Boruto, sebeum kemudian dia menghadapi Konohamaru.

Ketika Boruto Menghadapi Jigen

Boruto merupakan sosok yang sangat penting bagi Jigen, selain Kawaki. Jigen berniat untuk mengorbankan Boruto kepada monster ekor 10 untuk menjadi modal menumbuhkan pohon suci dan mendapatkan buah chakra untuk dirinya. Pada awalnya, Jigen memang hanya tertarik kepada Kawaki, karena dialah yang akan menjadi wadah selanjutnya bagi Isshiki Otsutsuki – sosok yang ada di dalam tubuh Jigen.

Boruto: Kawaki Masih Terpengaruh Oleh Jigen? | GreensceneNamun, setelah mengetahui bahwa Boruto memiliki Karma Momoshiki Otsutsuki, Jigen pun mulai menyukai Boruto. Boruto sering kali mengejutkan Jigen dengan melakukan berbagai hal yang diluar dugaannya, seperti berteman dengan Kawaki, sampai mengalahkan Boro demi menyelamatkan Naruto. Jigen benar-benar kagum terhadap Boruto.