Scopper Gaban adalah salah satu orang kepercayaan dari Gol D. Roger, selain Rayleigh. Dia ikut berlayar sampai ke pulau Laugh Tale bersama kru Roger lainnya. Mempertimbangkan statusnya di kru tersebut, ada kemungkinan kalau Scopper Gaban termasuk salah satu kru awal yang bergabung dengan Roger. Sang kapten sendiri menggambarkan Scopper Gaban sebagai salah satu kru terbaiknya, yang bisa diartikan dia sangatlah kuat.

Namun, yang menjadi pertanyaanya kemudian sekuat apa sosok Scopper Gaban? Ada beberapa hal yang diperlihatkan di filmnya yang mungkin bisa menjadi petunjuk bagi kekuatan dari Gaban. Pertama, dia adalah pengguna senjata jarak dekat. Dalam beberapa momen, diperlihatkan bahwa Scopper Gaban memegang dua buah kapak yang menjadi senjata andalannya.

Momen pertama bisa kita lihat dalam kilas balik Buggy si badut, saat dia masih menjadi bagian dari kru Roger. Dalam sebuah momen pertarungan, terlihat Gaban, yang memakai kacamata hitam, menggunakan dua buah kapak untuk menghadapi musuh yang banyak. Kemudian, ketika momen Gaban memimpin pasukan Roger lainnya saat bertarung melawan pasukan Whitebeard.

one piece chapter 966 | Explore Tumblr Posts and Blogs | Tumgir

Terlihat Gaban sedang mengacungkan salah satu kapak miliknya, sedangkan satu kapak lainnya dia simpan di pundaknya. Sebagai kru dari Roger, bisa disimpulkan bahwa kemampuan jarak dekat Scopper Gaban di atas rata-rata, yang artinya dia sangat ahli dalam menggunakan kapak tersebut. Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah dia merupakan pengguna buah iblis?

Sejauh ini, berdasarkan dari apa yang diperlihatkan dalam cerita, tidak ada kru dari kelompok Roger yang memiliki kekuatan buah iblis – kecuali Buggy. Dalam chapter 1 disebutkan oleh Shanks bahwa tidak bisa berenang – yang merupakan efek samping dari memakan buah iblis – merupakan kelemahan paling besar dari seorang bajak laut. Artinya, seorang bajak laut tidak boleh tidak bisa berenang.

Lagipula, kelompok Roger sedari dulu tidak percaya dengan kemampuan buah iblis. Sehingga, ketika mereka menemukan buah iblis mereka lebih memutuskan untuk menjualnya. Karena, dari segi harga pun cukup besar, bisa mencapai ratusan juta Belly. Jadi, kesimpulannya Scopper Gaban mungkin bukanlah pengguna kekuatan buah iblis dan merupakan pengguna kekuatan Haki.

Artur - Library of Ohara on Twitter: "SCOPPER GABAN IN THE ANIME!!… "

Jika Rayleigh, orang nomor dua di kelompok tersebut bisa menguasai ketiga jenis Haki, bagaimana dengan Gaban? Ada kemungkinan bahwa Gaban memiliki keahlian dalam salah satu Haki, dalam hal ini adalah Observation Haki. Dalam chapter 894, Rayleigh pernah mengatakan pada Luffy bahwa ada beberapa orang di dunia ini yang mampu melihat ke masa depan.

Itu artinya Rayleigh pernah melihat atau mengenal sosok yang memang memiliki kemampuan untuk melihat ke masa depan. Dan orang yang Rayleigh kenal memiliki kemampuan tersebut salah satunya adalah rekannya sendiri, Scopper Gaban. Belum diketahui sekuat apa Observation Haki dari Gaban, dan sejauh mana dia bisa melihat ke masa depan.

Mungkin, Gaban bukan hanya bisa melihat ke masa depan dalam beberapa detik saja. Melainkan jauh sebelumnya. Dalam chapter 966 diperlihatkan bagaimana Scopper Gaban terlihat tersenyum seolah dia sudah siap dan sudah tahu tentang serangan Oden. Kemungkinan lainnya adalah Gaban mungkin bisa memotong hampir apapun, seperti yang disebutkan oleh Koushiro tentang “Breath of Things.”

Dengan masih misterinya sosok Scopper Gaban, para fans saat ini hanya bisa berspekulasi dan menerka-nerka mengenai sosoknya, termasuk mengenai kekuatannya. Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan memberikan kejutan dengan menghadirkan Gaban menjelang akhir cerita serinya. Apakah Scopper Gaban memang menunggu di pulau terakhir? Atau justru kita akan dibuat terkejut dengan kedatangannya di Wano? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/