Doctor Strange adalah salah satu superhero terpenting di Marvel Universe. Marvel Comics bahkan sudah menceritakan kisahnya dari sejak lama. Sebagai seorang Dokter Bedah Saraf yang arogan, masa depannya berubah setelah sebuah kecelakaan mobil menyebabkan tangannya cacat. Untuk menyembuhkan tangannya, Strange kemudian menjadi murid Ancient One dan menekuni sihir Mystic Art, sampai pada akhirnya tangannya berhasil sembuh dan dia menjadi seorang Sorcerer Supreme. Sementara berkat gelar tersebut Strange sangat dihormati oleh para superhero lain, apa sebenarnya Sorcerer Supreme itu?

Secara umum Sorcerer Supreme adalah gelar yang diberikan pada penyihir Mystic Art yang mempunyai kemampuan paling hebat dari penyihir lain. Sorcerer Supreme juga diberkati kekuatan sihir yang sangat besar, dan konon tidak ada makhluk mana pun yang bisa menandingi kekuatan sihirnya. Doctor Strange adalah Sorcerer Supreme yang mendapat gelarnya setelah menjalani pelatihan bertahun-tahun dari Ancient One, Sorcerer Supreme sebelum Doctor Strange. Untuk mendapatkan gelar tersebut bahkan Strange harus menghadapi musuh-musuh kuat seperti Dormammu, Satannish, Vishanti, dan Death.

Jauh sebelum Ancient One, sebenarnya gelar Sorcerer Supreme dipegang pertama kali oleh Agamotto, diturunkan secara turun-menurun melalui sebuah tes kelayakan, sampai akhirnya jatuh pada Ancient One dan akhirnya Doctor Strange. Sebenarnya selain Strange banyak karakter Marvel lain yang sempat menjadi Sorcerer Supreme, baik hanya sementara seperti Loki Laufeyson dan Doctor Voodoo, maupun Sorcerer Supreme sebelum Ancient One seperti Demon Rider, Sir Isaac Newton, dan Merlyn

Marvel sudah cukup sering menjelaskan tentang arti sosok seorang Sorcerer Supreme, gelar yang telah lama dipegang oleh Doctor Strange. Namun, di komik terbaru Marvel, Death of Doctor Strange #1 karya penulis Jed MacKay dan ilustrator Lee Garbett, yang baru saja dirilis bulan September lalu, Doctor Strange kembali menjelaskan arti sosok Sorcerer Supreme dengan penjelasan yang cukup lengkap dan mudah dimengerti. Hal itu karena di komiknya diceritakan Doctor Strange sedang menjelaskan pada anak-anak yang bersekolah di perguruanya, yaitu Strange Academy.

Di sela-sela kesibukannya sebagai Sorcerer Supreme dan dokter bedah, Strange selalu menyempatkan waktunya untuk mengajar di Strange Academy. Di kelas Zelma Stanton, Strange mencoba menjelaskan sosok Sorcerer Supreme. Dia membuka penjelasannya dengan mengatakan bahwa Sorcerer Supreme itu bukan gelar pribadi, melainkan berkat Vishanti yang diberikan secara turun-menurun melalui sebuah tes kelayakan, yang biasanya diturunkan pada orang dengan kemampuan sihir paling unggul. Strange juga menegaskan bahwa dirinya bukan lah Sorcerer Supreme pertama maupun terakhir.

Sebagai Sorcerer Supreme, Strange mengatakan bahwa dirinya mempunyai akses pada sumber kekuatan sihir besar yang tidak bisa diakses oleh penyihir lain. Dan karena hal itu juga seorang Sorcerer Supreme mempunyai tanggung jawab yang sangat besar. Strange memberikan gambaran bahwa Sorcerer Supreme itu adalah bagian dari sistem pertahan diri Bumi, seperti lapisan ozon yang melindungi manusia dari radiasi matahari. Oleh karena itu Sorcerer Supreme bertanggung jawab pada barrier atau pelindung vital yang melindungi Bumi dan semua isinya dari ancaman dimensi lain.

Strange kemudian menutup pejelasannya dengan mengatakan bahwa alasannya menjelaskan hal tersebut, karena ada kemungkinan Sorcerer Supreme berikutnya adalah salah satu dari murid-muridnya. Di mana di kelas tersebut banyak penyihir muda berbakat, salah satunya adalah anak Dormammu yaitu Doyle Dormammu. Di akhir Doctor Strange diperlihatkan tewas secara misterius, dan sepertinya cepat atau lambat harus ada yang menggantikan posisinya sebagai Sorcerer Supreme. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di Death of Doctor Strange #2 yang akan dirilis pada bulan Oktober 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.