Aang menjadi sosok pahlawan yang sangat menginspirasi dalam seri animasi Avatar: The Last Airbender dan juga penerusnya, Korra, memiliki perjalanan yang tidak mudah untuk memimpin dunia ke sebuah era yang lebih modern. Kedua pahlawan ini benar-benar berbeda satu sama lainnya, dan setiap para Avatar pada masa lalu pun memperlihatkan perbedaan dan keunikan mereka masing-masing.

Namun, sayangnya, meski pun mereka memang unik dan berbeda satu sama lainnya, para Avatar ini memiliki satu hal krusial yang sama: yaitu mereka semua adalah pahlawan. Franchise Avatar rasanya perlu untuk memperkenalkan seorang Avatar baru yang memperlihatkan seberapa mengerikan, dan berbahayanya kemampuan pengendali empat elemen jika jatuh di tangan yang salah.

Kompleksitas moral cerita adalah salah satu hal yang membuat franchise Avatar berbeda dibandingkan cerita anak-anak lainnya, di mana para orang dewasa pun dipastikan masih bisa dan tertarik untuk mau mengikuti ceritanya. Villain pertama yang diperkenalkan dalam cerita, Zuko, menjadi salah satu karakter dengan cerita terbaik, di mana serinya bukan hanya berfokus apa yang menjadi motif Zuko bersikukuh dengan misinya, tetapi juga bagaimana dia bisa berubah menjadi sosok baik.

Bahkan, yang menarik adalah para Avatar ini pun tidak jarang mendapatkan banyak efek atau reaksi beragam yang dihasilkan dari apa yang mereka lakukan sebagai penjaga perdamaian dunia. Pertanyaannya, apa yang akan terjadi jika kemudian seorang Avatar muncul dan benar-benar memberikan ancaman besar bagi seluruh dunia, dan bukan menjadi penjaga dunia?

Banyak villain yang sudah muncul di franchisenya yang berusaha untuk menghancurkan dunia tanpa memperdulikan apa pun. Dan efek yang dihasilkan pun benar-benar dahsyat. Tentu bisa dibayangkan seberapa mengerikannya jika salah satu villain tersebut memiliki kemampuan Avatar, dan para pahlawan di serinya akan menghadapi tantangan yang belum pernah mereka hadapi sebelumnya.

Menantang para pahlawan di ceritanya akan menjadi tujuan utama dari sang Avatar jahat tersebut. Dalam cerita sebelumnya, kita sering kali melihat bagaimana para Avatar yang menjadi pahlawan ceritanya harus kehilangan akses terhadap kekuatan mereka. Entah karena mereka belum menguasai teknik Avatar State atau kehilangan akses terhadap kemampuan ini, atau mungkin mereka belum menguasai berbagai teknik elemennya.

Dalam cerita baru ini, mungkin sang Avatar jahat tersebut diceritakan berhasil menguasai sepenuhnya seluruh kemampuan elemen sejak awal, namun karena sesuatu dia kemudian memutuskan untuk menjadi jahat. Di sisi lain, ini juga bisa menjelaskan bagaimana sosok Avatar menjadi sosok pahlawan yang dikenal sepanjang masa. Perjuangan mereka menghadapi musuh hebat yang bisa mengokohkan posisi para Avatar ini menjadi sosok pahlawan.

Kita sudah melihat bagaimana kompleksnya karakter Korra sebagai seorang Avatar, sehingga bukan tidak mungkin jika ada Avatar yang jauh lebih kompleks lagi muncul. Bisa saja sosok Avatar jahat ini muncul sebelum era Roku dan yang lain – artinya menjadi sebuah cerita prekuel. Atau bisa juga diceritakan terjadi pada masa yang akan datang alias masa depan pasca Avatar Korra.

Kehadiran sosok Avatar jahat tentunya akan memberikan warna yang berbeda dari cerita Avatar sebelumnya, sementara di sisi lain hal ini juga akan semakin memperluas dan memperkaya cerita dari franchise Avatar. Bisa saja sosok Avatar jahat ini menjadi cikal bakal “perubahan sikap” dari Avatar selanjutnya, di mana yang tadinya sosok Avatar adalah penjahat, namun perlahan berubah menjadi sosok yang baik. Atau mungkin sebaliknya. Bagaimana menurut kalian Geeks?