Situasi pertempuran di Wano akhirnya perlahan mulai membaik bagi pasukan aliansi Luffy, berkat kemunculan Otama. Kemunculan Tama dalam perang besar di Wano benar-benar menjadi sebuah kejutan besar di arc Wanokuni. Tama tiba-tiba muncul dan menyelamatkan Usopp serta Nami. Dan kemunculan Tama sendiri sekarang perlahan mulai bisa menyamakan jumlah pasukan aliansi, yang mana hal ini memperbesar peluang mereka untuk menang.

Seperti kata salah satu anggota dari CP-0, saat ini situasi pertempuran di Wano sudah mulai berbalik di mana pasukan aliansi perlahan mulai menambah pasukannya. Sedangkan pasukan Kaido yang justru semakin berkurang pasukannya. Dengan jumlah awal mencapai 30.000 pasukan, jumlahnya kini tersisa di bawah 20.000 pasukan. Salah satu alasan terbesarnya adalah berkat Kibi Dango milik Otama.

Dijelaskan di chapter 1004, Tama sebelumnya meminta tolong kepada Speed/Horsella untuk membawanya pergi ke Onigashima. Selain Speed, saat itu Tama juga berhasil menaklukan Gifters lainnya dengan Kibi Dango miliknya. Selama di kapal pun Tama memaksakan dirinya untuk menghasilkan banyak sekali Kibi Dango, yang kemudian akan dimakan oleh para Gifters lainnya.

Dan ternyata hal ini terbukti efektif. Jumlah mereka kini bertambah secara drastis berkat Kibi Dango tersebut. Sekarang mereka sedang berlari ke setiap lantai untuk memberikan Kibi Dango tersebut kepada para Gifters. Para Gifters yang sudah memakan Kibi Dango Tama, mulai berbalik untuk menyerang pasukan Kaido. Namun, ada sebuah pertanyaan menarik mengenai Kibi Dango ini.

Dari mana Otama memiliki kemampuan buah iblis Kibi Dango tersebut? Ada kemungkinan bahwa Tama tidak sengaja memakan buah iblis yang kemudian memberikannya kekuatan seperti saat ini. Seperti yang kita ketahui, Wano merupakan wilayah atau negara yang paling terisolir dari dunia luar. Sangat sedikit pertukarangan yang terjadi antara Wano dan dunia luar.

Di sisi lain, Wano sendiri pada awalnya memang merupakan sebuah wilayah yang makmur dan hijau. Namun, semuanya berubah semenjak Orochi dan Kaido berkuasa. Semua penduduk Wano harus menderita, wilayah Wano sendiri kini dipenuhi oleh polusi yang diakibatkan oleh asap pabrik senjata, dan yang paling parah adalah mereka semua menderita kelaparan.

Hal itu disebabkan polusi udara dari pabrik senjata mencemari air dan juga tanaman mereka. Kelaparan ini juga yang kemudian membuat banyak penduduk Wano rela memakan sisa buah iblis SMILE, yang membuat mereka harus kehilangan emosi mereka. Ini juga yang mungkin terjadi kepada Tama. Bisa jadi, Tama tidak sengaja memakan buah iblis setelah pemilik sebelumnya tewas.

One Piece Chapter 918 – Repaying Tama | 12Dimension

Seperti yang kita ketahui, jika pengguna buah iblis tewas, maka kekuatannya akan pindah ke buah terdekat. Mungkin, kebetulan saat itu Tama yang kelaparan menemukan buah yang unik. Namun, karena kelaparan, dia tidak memperdulikan apa pun dan langsung memakannya. Tanpa disadari Tama ternyata memiliki kemampuan buah iblis di mana dia bisa menaklukan hewan buas – dalam hal ini pengguna buah iblis Zoan.

Kemungkinan lainnya adalah Ace yang memberikannya kepada Tama saat dia pergi ke Wano. Mengetahui bahwa Tama kelaparan, akhirnya Ace memberikan buah iblis yang dia temui. Hal ini dikarenakan, seperti disebutkan di atas, akses keluar masuk informasi atau apa pun sangat terbatas di Wano. Sehingga mungkin saja Ace yang memberikan buah itu kepada Tama.

Hal ini juga mungkin ada kaitannya dengan sebutan dari buah iblis di Wano, di mana mereka menyebutnya sebagai buah ajaib (magic fruit). Dengan tidak banyaknya buah iblis di Wano dan mengingat betapa sulitnya untuk mendapatkan sesuatu di wilayah ini, para penduduk Wano pun kemudian menganggap pemilik kekuatan buah iblis sebagai pengguna sihir. Bagaimana menurut kalian Geeks?