Batman adalah salah satu superhero DC Universe yang cukup sering berganti kostum. Hal itu dilakukanya sebagai upaya untuk memaksimalkan potensinya dan mengekploitasi kelemahan lawan. Dengan kostumnya yang beragam, Batman selalu berhasil mengalahkan para supervillain. Sementara kostumnya memiliki desain yang berbeda-beda, ciri khasnya selalu sama yaitu telinga runcing dan warna gelap. Dari sekian banyak kostum yang dia gunakan, hampir semuanya selalu menjadi favorit penggemar, termasuk kostum robot canggih Superheavy yang dikenakan oleh Jim Gordon saat menjadi superhero Batman!

Origins Kostum Superheavy

Sebelumnya diceritakan di kisah “Batman: Endgame” bahwa Bruce Wayne tewas saat menyelamatkan Kota Gotham dari virus mematikan yang disebarkan oleh Joker. Sementara Joker juga tewas dalam kejadian tersebut, orang-orang yang tersisa berusaha menghidupkan kembali identitas Batman dengan bantuan Jim Gordon, yang telah dipecat dari Departemen Kepolisian Kota Gotham. Di komik Batman Vol 2 #41 karya penulis Scott Snyder dan ilustrator Greg Capullo pada tahun 2015, Superheavy diciptakan sebagai kostum robot yang digunakan oleh Jim Gordon saat melanjutkan identitas sebagai Batman.

Sebagai orang yang paling mengenal Kota Gotham, Jim dinilai sangat pas untuk mengambil identitas Batman selanjutnya dengan mengenakan kostum Superheavy. Kostum robot ini pertama kali diciptakan oleh Power Tech yang dipimpin oleh Geri Powers untuk GCPD. Kostum ini mempunyai ukuran yang lebih besar dengan telinga runcing khas Batman, kostumnya juga dilengkapi dengan persenjataan canggih. Warna dasar kostum Superheavy ini berwarna biru dengan sedikit aksen putih dan hitam, menegaskan bahwa Superheavy adalah Batman yang terkenal dengan warna khasnya yaitu biru, abu, atau hitam.

Kekuatan Superheavy

Kostum Superheavy ini dilengkapi dengan berbagai macam teknologi canggih yang dimasukan oleh Power Tech, baik teknologi untuk menyerang maupun teknologi untuk bertahan. Kostum ini sangat kuat, hal itu terbukti ketika Batman dengan kostum Superheavy-nya melawan penjahat Precious Precious dari Whisper Gang. Kostum ini mampu menahan pukulan monster energi yang dikendalikan oleh Precious Precious, dan bahkan saat monster tersebut melemparkan mobil ke arah Batman, Batman langsung mengeluarkan jubah besi dari pinggang Superheavy yang bisa menahan ledakan. 

Selain itu, kostum robot ini mempunyai teknologi kamuflase yang bisa membuatnya tembus pandang menjadi tidak terlihat, dan menariknya teknologi tersebut bisa mengubah corak Superheavy menjadi corak kostum Batman lain, seperti kostum Zurr-en-Arrh, kostum Earth-31, kostum Silver-Age, atau kostum Zero Year. Teknologi canggih lainnya yang ditanamkan di kostum Superheavy adalah pendeteksi panas, x-ray, sepatu anti-gravitasi, roket, sengatan listrik, tembakan gas air mata, pengubah suara, peningkatan kekuatan fisik, dan teknologi lain yang membuatnya menjadi salah satu kostum tercanggih Batman.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.