Portgas D. Ace dikenal sebagai salah satu anggota dari kru bajak laut Whitebeard. Kru bajak laut Whitebeard memang terdiri dari berbagai divisi, dan Ace sendiri merupakan pemimpin dari divisi dua. Meski pun sempat menaruh dendam kepada Whitebeard, Ace pada akhirnya menjadi salah satu kru yang paling setia kepada sosok Whitebeard.

Sosok Ace juga diketahui memiliki kemampuan dahsyat di mana dia menggunakan kekuatan Mera Mera no Mi. Ace pun merupakan kakak dari Luffy dan juga Sabo. Selain karena kemampuan buah iblis Mera Mera, satu hal yang menarik dari sosok Ace adalah bagaimana dia memiliki sebuah topi yang selalu dia kenakan dan sudah menjadi ciri khasnya.

Namun, jika diperhatikan, terdapat sebuah detail menarik yang diperlihatkan di topi tersebut. Terdapat dua lambang wajah dengan ekspresi yang berbeda, sedih dan senang. Hal ini sempat menjadi misteri di kalangan fans, di mana banyak teori dan spekulasi muncul berkaitan dengan hal tersebut. Dan akhirnya Oda pun memberikan penjelasan mengenai dua lambang wajah tersebut.

Dalam salah satu kolom SBS, seorang fan bertanya mengenai arti dari dua ekspresi berbeda tersebut. Yang menariknya, pada saat kematian Ace di Marineford, ekspresi wajahnya menunjukan kemiripan dengan dua lambang wajah yang ada di topi Ace tersebut. Lalu, apakah ada arti penting dari dua ekspresi tersebut?

Menurut Oda Sensei, dia sendiri terkejut mendapatkan banyak pertanyaan yang sama mengenai hal ini. Namun, menurut Oda, tidak ada yang spesial dari dua ekspresi tersebut.  Itu hanyalah sebuah aksesoris atau hiasan semata yang dihadirkan pada topi Ace, tanpa memiliki makna apa pun. Meski pun begitu, Oda sendiri menyebutkan bahwa saat Ace pertama kali muncul, dia sempat berpikir akan seperti apa karakternya kedepan.

Dan untuk kesamaan ekspresi ketika Ace tewas di Marineford dengan dua lambang wajah tersebut benar-benar sebuah ketidak sengajaan. Menurut Oda, akan sangat relevan jika dia menggambar dua ekspresi wajah yang berbeda dalam dua panel yang bersebelahan. Artinya Oda memang tidak ada intensi untuk “menyamakan” ekspresi Ace dengan dua wajah tersebut.

Berdasarkan penjelasan Oda, wajah sedih Ace saat dia tewas menggambarkan perasaanya pada saat itu. Dia merasakan sakit, terbakar, terluka, merasa bersalah, dan tidak ingin tewas. Meski pun begitu, Ace tidak merasakan penyesalahan sedikit pun atas apa yang terjadi. Dia mungkin mencoba untuk mengatakan kepada Luffy apa yang dia rasakan pada saat itu.

Dan untuk ekspresi tersenyum, menurut Oda Sensei, Ace ingin orang yang dia sayangi tersenyum. Ace pun tewas dalam keadaan tersenyum damai. Hal tersebut menunjukan kebaikan dalam dirinya. Jadi, pada intinya, tidak ada intensi Oda Sensei untuk menyesuaikan dua lambang wajah di topi Ace dengan ekspresi yang dirasakan oleh Ace dalam ceritanya. Semuanya hanya ketidak sengajaan saja. Meski pun begitu ada arti mendalam yang dihadirkan dari dua ekspresi berbeda ketika Ace tewas.