Semenjak pasca peristiwa di arc Whole Cake Island, sosok Monkey D. Luffy digadang-gadang menjadi penguasa samudra kelima alias Yonko kelima. Memang, hal itu merupakan kabar yang dilebih-lebihkan oleh surat kabar Morgan mengenai Luffy pasca dia dan kelompok Topi Jerami berhasil kabur dari kejaran Big Mom. Namun, perlahan sepertinya Luffy mulai membuktikan hal tersebut.

Selama di arc Wano Country, Luffy mengalami banyak peningkatan kekuatan. Salah satu hal yang dilatih oleh Luffy adalah kemampuan Haki miliknya. Di penjara Udon, dia berlatih Ryuo dan Advanced Ryuo bersama Hyogoro. Namun, sayangnya, semua hal yang sudah dia lakukan dalam latihan masih belum cukup untuk bisa mengalahkan sosok Kaido.

Kaido masih terlalu kuat bagi Luffy. Kaido berhasil membuat Luffy tidak sadarkan dua kali dalam pertempuran di Onigashima. Bahkan, Kaido sempat menjatuhkan Luffy ke lautan setelah dia berhasil membuat Luffy tidak sadar. Meski pun begitu, terdapay satu hal yang kemudian berkembang secara tiba-tiba di tengah  pertempuran. Yaitu bagaimana kemampuan Haki Penguasa Luffy meningkat drastis.

Luffy menyadari bahwa bukan Haki Senjata yang membuat Kaido kuat dan abadi, melainkan Haki Penguasa yang dia lapisi dalam setiap serangan dan juga tubuhnya. Inilah yang kemudian membuat Luffy beradaptasi, dengan melakukan serangan yang dilapisi Haki Penguasa. Hasilnya cukup efektif membuat Kaido tersungkur meski pun tidak cukup kuat untuk bisa mengalahkannya.

Di chapter 1026, Luffy kembali bertarung melawan Kaido setelah dia tersadar. Yang menarik adalah Luffy kembali menyerang Kaido dengan Haki Penguasa miliknya. Poin penting dalam momen ini adalah bagaimana serangan keduanya tidak saling bersentuhan, namun menyebabkan langit terbelah dan muncul kilatan hitam di sekitar mereka. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian besar bagi Luffy.

Luffy memang sudah melakukan berbagai pencapaian seperti menghajar monster laut raksasa, menguasai buah iblis miliknya, mengalahkan Shichibukai, dan bahkan dia belajar tentang Haki. Dari momen epik tersebut tidak salah jika kita asumsikan bahwa Luffy sekarang sudah memiliki kemampuan yang hampir setara seperti halnya para Yonko. Luffy sudah tidak lagi berada di level pemula. Dia sudah melompat jauh, di mana dia memiliki kekuatan setara dengan para penguasa samudra.

Jika Geeks perhatikan, momen ini sama dengan momen epik dari para karakter legendaris lainnya. Contohnya adalah ketika Whitebeard bertarung menghadapi Roger di sebuah pulau, dan mereka bertarung selama tiga hari tanpa ada yang menang. Kemudian, kita melihat ketika Shanks dan Whitebeard bertarung saat Shansk mencoba memperingatkan Whitebeard tentang Blackbeard dan Ace.

Dan ketika Kaido dan Big Mom saling bertarung pun, langit kemudian terbelah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Luffy sudah berada di level yang sama dengan mereka. Ini menjadi bukti lain bagaimana mengerikannya sosok Luffy. Kaido mungkin terus berhasil memenangkan pertarungan melawan Luffy atau para Worst Generation. Namun, Luffy pun tidak pernah kehilangan determinasinya untuk bisa menang dari Kaido.

Namun, di sisi lain, hal ini pun memunculkan sebuah pertanyaan. Dengan Kaido yang mungkin akan berhasil dikalahkan oleh Luffy di akhir arcnya, akan seperti apa kemudian level musuh yang harus dihadapi oleh Luffy setelah semuanya selesai? Kaido adalah Yonko terkuat saat in. Dengan Kaido yang berhasil dikalahkan, artinya tantangan Luffy kedepannya hanya dua. Angkatan laut atau Pemerintah Dunia.

Yang menarik juga adalah banyaknya teori mengenai Luffy yang akan menghadapi Blackbeard di akhir cerita. Apakah Blackbeard juga akan mendapatkan tambahan kekuatan seperti halnya Luffy? Bagaimana kemudian Oda menghadirkan cerita tentang peningkatan kekuatan Blackbeard, jika kemudian para Yonko kuat seperti Kaido dan Big Mom sudah berhasil dikalahkan? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!