Dalam cerita One Piece, ada tiga elemen utama dalam serinya. Pertama adalah angkatan laut, kedua adalah bajak laut, dan ketiga adalah Pemerintah Dunia. Pemerintah Dunia dan angkatan laut sering bekerja sama, karena angkatan laut merupakan “senjata” bagi pihak Pemerintah Dunia untuk membasmi berbagai ancaman bajak laut. Tetapi, angkatan laut sebenarnya bukanlah satu-satunya senjata yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Dunia.

Ciper Pol (CP) merupakan organisasi yang berada dibawah kendali langsung Gorosei. Mereka adalah organisasi yang bergerak atas perintah Pemerintah Dunia atau Gorosei. Biasanya tugas mereka adalah melakukan spionase atau melakukan berbagai misi berbahaya lainnya. apakah angkatan laut juga memiliki organisasi rahasia seperti CP? Jawabannya ada.

SWORD merupakan organisasi rahasia yang ada di tubuh angkatan laut. Kelompok ini baru diperkenalkan di babak kedua arc Wanokuni. Namun, berbeda dengan CP, meski pun belum ada konfirmasi resmi, diduga SWORD sebenarnya tidak diketahui keberadaannya oleh Pemerintah Dunia atau pun oleh pihak angkatan lautnya sendiri. X Drake merupakan pemimpin dari kelompok itu, beserta Koby adalah salah satu anggotanya.

Sampai sejauh ini masih belum diketahui juga apa sebenarya tujuan dari organisasi ini. Namun, tujuan sebenarnya dari SWORD sendiri kemungkinan adalan menghancurkan korupsi yang ada di angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Sama seperti sebuah “pedang” organisasi ini akan memotong berbagai kejahatan yang terjadi di angkatan laut.
Ada kemungkinan juga jika organisasi ini bekerja sama dengan Pasukan Revolusi untuk menghancurkan para Tenryuubito. Seperti yang kita tahu, tujuan utama dari Pasukan Revolusi adalah menghancurkan para kaum naga langit tersebut, bukan menghancurkan angkatan laut atau Pemerintah Dunia secara keseluruhan.
SWORD sendiri berisi berbagai anggota dari pasukan angkatan laut yang direkrut secara rahasia karena memiliki pandangan yang serupa. Mereka kemungkinan akan ikut bertarung bersama Pasukan Revolusi melawan CP-0 dan angkatan laut yang memihak kepada kaum naga langit ketika waktunya tiba. Ketika para Tenryuubito tersebut berhasil ditaklukan, maka para petinggi di organisasi SWORD akan mengambil alih kendali di angkan laut.
Dan hal ini bisa menjadi jalan bagi Koby untuk meraih mimpinya sebagai seorang admiral. Kerja sama antara SWORD dan Pasukan Revolusi juga dirasa masuk akal yang artinya Dragon punya mata-mata dari pihak angkatan laut. Hal ini akan memberikan keuntungan kepada Pasukan Revolusi karena mereka bisa mendapatkan berbagai hal yang mereka butuhkan. Contohnya adalah denah dari markas angkatan laut dan juga Mary Geoise.
Dengan cara begini, Dragon bisa mengendalikan semuanya dengan mudah. Hal ini juga bisa menjelaskan bagaimana Pasukan Revolusi bisa menyusup ke wilayah Mary Geoise tanpa ketahuan saat peristiwa Reverie berlangsung. Dengan masih misteriusnya organisasi SWORD, tentu akan menarik jika Oda Sensei memberikan gambaran lebih banyak mengenai organisasi ini kedepannya.
Di sisi lain, menarik juga untuk melihat apa reaksi yang akan dihadirkan oleh pihak angkatan laut jika kemudian mereka tahu bahwa ada kelompok lain di organisasi mereka. Kita nantikan saja ya Geeks apa sebenarnya tujuan terbentuknya SWORD dan bagaimana peran mereka pada masa yang akan datang di chapter selanjutnya!