Squid Game adalah serial terbaru Korea Selatan yang penayangannya sangat sukses di Netflix. Serial bergenre drama survival ini menceritakan orang-orang yang mengikuti sebuah game mematikan untuk mendapatkan hadiah sebesar ₩45,6 miliar atau sekitar Rp 554 miliar. Dengan hadiah besar tersebut, kontestan yang berjumlah 456 orang harus mengikuti game dengan mempertaruhkan nyawanya. Setiap orang yang mati akan terhitung sebagai hadiah sebesar ₩100 juta, dan orang terakhir yang berhasil menyelesaikan enam game selama enam hari akan mendapatkan semua hadiahnya.

Banyak hal misterius yang terjadi di Squid Game, salah satunya adalah penyelengara yang selalu menutup wajah mereka dengan topeng. Setelah para konstestan yang mempunyai masalah keuangan direkrut oleh salesman, mereka akan dibius dan dibawa ke sebuah lokasi misterius. Di lokasi misterius tersebut para konstestan akan terbangun dan disambut oleh para penjaga yang mengenakan kostum sama berwarna pink, yang membedakan mereka adalah simbol di topengnya yang terdiri dari segitiga, lingkaran, dan persegi. Di mana simbol-simbol tersebut sepertinya menyatakan hierarki dari para penjaga.

Sementara The Front Man dengan topeng mozaiknya merupakan pemimpin dari para penjaga, tingkatan para penjaga justru ditentukan oleh simbol masing-masing di topeng mereka. Pada dasarnya tugas para penjaga cukup sederhana, yaitu tidak boleh ada satu orang pun yang melihat identitas mereka. Mereka dilarang membuka topeng yang mereka kenakan dan tidak boleh berbicara kecuali pangkat yang lebih tinggi mengizinkannya. Namun, selain tugas utama tersebut, mereka juga memiliki pembagian tugas sederhana yang secara garis besar dibagi menjadi pekerja, prajurit, dan supervisor.

Ketiga tugas tersebut dibagi berdasarkan simbol di topeng para penjaga. Simbol lingkaran diperuntukan untuk pekerja, segitiga untuk prajurit, dan persegi untuk supervisor dari kedua pekerja. Hal itu dibuktikan dengan penjaga yang mengenakan topeng lingkaran pasti melakukan tugas seperti membawa mayat, membersihkan sisa-sisa game berdarah, dan sebagainya. Kemudian penjaga dengan simbol segitiga selalu terlihat membawa senjata dan bertugas untuk menembak siapa pun yang kalah atau melanggar. Dan terakhir supervisor yang selalu ada di setiap kelompok penjaga, di mana penjaga lain harus mematuhinya.

Sebelumnya banyak penggemar juga yang mengira bahwa simbol di topeng adalah simbol PlayStation, tetapi sebenarnya simbol tersebut berasal dari gambar cumi di permainan terakhir Squid Game. Dengan hierarki berdasarkan simbol tersebut, bisa disimpulkan bahwa para penjaga mendapatkan tugas dan tanggung jawab seperti koloni semut, dengan The Front Man sebagai ratu semutnya. Menariknya, serial Squid Game berakhir dengan terungkapnya bahwa The Front Man juga ternyata bekerja pada Elang Emas di akhir serial. Hal itu membuktikan bahwa mitologi Squid Game jauh lebih luas dari yang terlihat.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.