Sebagai bajak laut muda yang memiliki cita-cita menjadi raja bajak laut, Luffy memiliki musuh yang cukup banyak. Namun ada beberapa musuh Luffy yang justru membantunya dalam menyelesaikan masalah. Bahkan ada seorang musuh yang berhasil membantu Luffy menjadi lebih kuat kuat dari sebelumnya, secara tidak sengaja. Berikut lima musuh yang sempat membantu Luffy.

Kuma Menyelamatkan Luffy di Kepulauan Sabaody

Pertama kali Kuma bertarung melawan kelompok Topi Jerami, mereka dikalahkan dengan sangat mudah. Kuma saat itu telah menjadi Shichibukai dan memiliki kekuatan yang luar biasa dari Dr. Vegapunk. Luffy bahkan mengakui kekuatan Kuma yang jauh lebih besar dari mereka. Zoro kemudian berkorban di pertarungan melawan Kuma dan berhasil menyelamatkan semua anggota Topi Jerami.

Setelah pertemuan Kuma dan Topi Jerami, mereka kemudian bertemu kembali. Luffy menginstruksikan semua anggotanya untuk menyelamatkan diri dan keluar dari kepulauan Sabaody. Tujuan Kuma sebenarnya adalah untuk menyelamatkan Topi Jerami dengan cara mengusir mereka pergi. Kuma juga telah memprediksi tempat yang akan mereka tuju setelah dari Sabaody, agar bisa berlatih menjadi lebih kuat. Jika saja mereka tidak bertemu Kuma di Sabaody mungkin saja kelompok Topi Jerami tidak akan berlatih untuk menjadi kuat seperti sekarang.

Hachi Menolong Luffy di Sabaody

Hachi merupakan salah satu manusia ikan yang hidup di dunia permukaan sebagai bajak laut. Awalnya Hachi adalah anak buah Arlong yang paling setia. Dia sempat bertarung melawan Zoro dan kalah di arc Arlong Park. Hachi juga sempat mempersulit kelompok Topi Jerami menyelamatkan Nami. Setelah Arlong ditangkap, tidak ada kabar yang jelas mengenai Hachi, hingga dia kembali muncul di arc Sabaody. Hachi membantu Luffy selama di Sabaody. Dia membantu Topi Jerami untuk menemukan jalan masuk dan mempertemukan mereka dengan Rayleigh. Tanpa Hachi, mungkin Luffy tidak akan pernah bertemu Rayleigh dan mempelajari Haki.

Buggy Membantu Luffy Di Impel Down

Demi menolong Ace yang telah ditangkap oleh pihak Angkatan Laut, Luffy terpaksa melakukan segala cara agar bisa menolongnya. Sayangnya, tindakan Luffy membuatnya sempat mendekam di Impel Down. Ditempat itu, Luffy bertemu dengan Buggy dan meminta pertolongannya agar bisa bebas. Buggy awalnya memanfaatkan ini untuk menipu Luffy dan membalaskan dendamnya karena pernah kalah dari Luffy saat di Loguetown.

Namun tindakan yang dilakukan Buggy ternyata membuat Luffy selamat dari Impel Down sehingga membuatnya berhasil membebaskan diri dari sana. Tindakan itu memicu keributan dan mereka kabur hingga ke Marineford. Jika Luffy tidak ditolong Buggy, mungkin dia masih ada di Impel Down dan tidak bisa ikut serta di Perang Besar Marineford.

Crocodile Membantu Luffy di Marineford

Crocodile adalah salah satu lawan Luffy yang sangat merepotkan selama arc Alabasta. Setelah kalah dari Luffy, Crocodile terbukti bersalah dan membuat malu nama Shichibukai dan Angkatan Laut. Akhirnya dia mendekam di penjara Impel Down dalam waktu yang cukup lama. Setelah Luffy masuk Impel Down, dia menjanjikan kebebasan pada Crocodile, namun dia harus membantu Luffy menyelamatkan Ace yang akan dieksekusi.

Crocodile menyetujui syarat itu dan dia ikut bebas bersama Luffy. Crocodile ikut serta di Perang Besar Marineford dan berhasil menyelamatkan Ace. Meskipun akhirnya Ace tewas di tangan Akainu, namun Crocodile telah memenuhi janjinya pada Luffy. Setelah Perang Besar Marineford tidak ada kabar apapun mengenai Crocodile. Menurut informasi yang beredar dia berada di New World dan tampaknya memiliki sebuah rencana yang cukup misterius.

Katakuri Membuat Luffy Menjadi Semakin Kuat

Pertarungan Luffy melawan Katakuri menjadi salah satu scene yang sangat luar biasa di Arc Whole Cake Island. Katakuri yang merupakan anak Big Mom memiliki kekuatan Haki yang luar biasa dan menjadi lawan tangguh Luffy. Saat itu, Luffy masih belum terbiasa dengan kekuatan Haki, sehingga banyak kekurangan dari Haki yang dia gunakan.

Namun berkat bertarung melawan Katakuri, Luffy bisa meningkatkan kemampuan Hakinya dan berhasil menyaingi kekuatan Katakuri. Jika saja Luffy tidak bertarung melawan Katakuri, maka bisa jadi Luffy mudah dikalahkan Kaido dan tidak bangkit lagi seperti sekarang. Katakuri senang mendengar Luffy bisa keluar hidup-hidup dari Whole Cake Island, dia berharap bisa bertarung kembali dengan Luffy di masa depan. 

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.