Hulk sebenarnya mempunyai nama asli Dr. Bruce Banner, Ph.D., dia adalah seorang ahli di bidang nuklir dan radiasi gamma. Semua berubah ketika Bruce terpapar radiasi gamma yang sangat besar sehingga menyebabkan dirinya bermutasi, mengeluarkan sisi marah dari dalam dirinya yang terkenal sebagai Hulk. Sementara dia terkenal sebagai superhero pemarah yang akan makin kuat jika dia lebih marah, Hulk akhinya menjadi seorang Avengers paling berpengaruh. Semua pencapaian hidupnya sampai sekarang ini sebenarnya tidak lepas dari trauma masa kecilnya ketika dia sering disiksa oleh ayahnya.

Brian Banner adalah ayah Bruce Banner yang terkenal sangat kasar dan sering menyiksa Bruce ketika masih kecil. Hasil dari trauma yang Bruce dapatkan sejak kecil, dia pendam di dalam hatinya yang terdalam sebagai kepribadian lain Bruce yang dikenal sebagai Guilt Hulk, Hulk versi menyeramkan dan jahat. Sementara sebelumnya Guilt Hulk hanya diperlihatkan ketika berada di dalam pikiran Bruce Banner, akhirnya monster ini menampakan wujudnya ke dunia nyata di komik Symbiote Spider-Man: Crossroads #3 karya penulis Peter David dan ilustrator Greg Land, yang dirilis beberapa hari lalu.

Setelah Peter Parker alias Spider-Man diasingkan oleh penyihir jahat Asgard bernama Karmilla ke sebuah dimensi Crossroad, dia bertemu dengan Hulk yang langsung menyerangnya. Syukurnya Spider-Man bisa memenangkan pertarungan, sampai akhirnya mereka berdua jatuh ke portal yang menuju Valley of Flame. Di sana Spider-Man bertemu dengan Moon Boy yang mengendarai T-rex merah bernama Devil Dinosaur. Spider-Man kemudian bertanya kepada Moon Boy apakah dia melihat raksasa hijau, Moon Boy menjawab bahwa dia hanya melihat pria kurus yang dibawa oleh suku pembunuh.

Mengetahui bahwa pria kurus tersebut adalah Bruce Banner, Spider-Man kemudian mengajak Moon Boy untuk menunjukan jalan. Dan ternyata di tempat lain Bruce Banner sedang dijadikan korban untuk laba-laba raksasa oleh suku pembunuh. Bruce yang di dahinya menempel batu Norn justru berubah menjadi Guilt Hulk ketika dirinya hampir dimakan oleh laba-laba tersebut. Guilt Hulk yang pertama kali menampakan wujudnya ini kemudian berkata bahwa dia akan membunuh semua orang, termasuk laba-laba raksasa tersebut yang tidak berkutik saat Guilt Hulk membelah tubuhnya.

Spider-Man yang datang terlambat betapa kagetnya melihat wujud Guilt Hulk yang seperti alien terbungkus symbiote. Dibantu Moon Boy dan Devil Dinosaur, Spider-Man pun bertarung dengan Guilt Hulk, mencoba untuk mengambil batu Norn di dahinya dengan menggunakan jaring, tetapi berhasil digagalkan oleh Guilt Hulk. Pertarungan pun semakin runyam ketika Asgardian datang untuk mengambil Norn Stone juga. Sampai akhirnya sihir Doctor Strange menarik Spider-Man dan Guilt Hulk keluar dari dimensi Crossroad. Namun, ternyata sebelum kembali ke Bumi, mereka justru ditarik oleh Deviants Kro.

Sementara kisah Symbiote Spider-Man: Crossroads bersambung, setidaknya penggemar akhirnya bisa melihat wujud asli Guilt Hulk lebih jelas. Walaupun tidak sehijau Hulk, tetapi cukup jelas bahwa dia Guilt Hulk yang merupakan trauma Bruce Banner. Belum diketahui apakah wujud Guilt Hulk ini akan mengusai tubuh Bruce Banner untuk waktu yang lama atau tidak, tetapi yang jelas pertarungannya dengan Spider-Man masih belum berakhir. Kita nantikan saja penampilan Hulk paling jahat ini di Symbiote Spider-Man: Crossroads #4 mendatang, yang akan dirilis pada bulan Oktober 2021.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.