Dalam dunia One Piece, kita diperkenalkan dengan berbagai macam karakter yang muncul di ceritanya. Mereka memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai segi, mulai dari desain sampai sifat dari karakternya. Dan yang menarik adalah di cerita One Piece, terdapat beberapa ras atau suku yang juga diperkenalkan dalam ceritanya sebagai bagian dari karakter tersebut.

Ras yang ada di cerita tersebut memiliki peran mereka masing-masing dalam perkembangan sejarah dunia. Terdapat sebuah teori bahwa para ras tersebut dahulu sempat menjalin kerja sama untuk kemudian bergabung dengan kerajaan kuno. Lalu, apa saja ras yang ada dalam cerita One Piece sejauh ini? Berikut adalah ulasannya.

Ras Manusia

Ras manusia merupakan ras yang mendominasi cerita. Secara garis besar, tidak ada bedanya ras manusia dengan manusia di dunia nyata. Mereka semua tinggal di wilayah daratan, dan memiliki peranan besar dalam sejarah peradaban di dunia. Contohnya adalah Gol D. Roger yang mampu berlayar ke seluruh Grand Line dan kemudian berhasil menemukan Laugh Tale.

One Piece: The 10 Worst Atrocities Committed By The World Nobles

Monkey D. Luffy dan mayoritas kru Topi Jerami pun adalah manusia. Ras manusia sendiri sering kali dianggap sebagai ras yang paling tinggi derajatnya, ras yang sempurna. Tidak jarang mereka berselisih dengan ras lain karena hal ini. Ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Joy Boy berusaha untuk membawa ras manusia ikan ke daratan.

Ras Manusia Ikan

Ras manusia ikan adalah salah satu ras yang juga cukup banyak muncul di ceritanya, selain ras manusia. Mereka tinggal di bawah laut, tepatnya di 10.000 meter di bawah permukaan laut. Mereka tinggal di sebuah kubah raksasa, yang memiliki banyak fasilitas menarik – meski pun mereka ada di bawah laut. Meski pun begitu, nasib ras manusia ikan tidak lebih beruntung dari manusia.

One Piece: Para Fishmen Terkuat di One Piece! | Greenscene

Sering kali mereka didiskriminasi oleh ras manusia, yang menganggap para manusia ikan jauh berada di bawah level mereka. Tidak jarang konflik besar pun muncul diantara keduanya. Contohnya adalah ketika Fisher Tiger terluka akibat diserang, tidak ada satu pun manusia yang mau mendonorkan darahnya. Perdamaian antara ras manusia dan manusia ikan pun terus diupayakan.

Ras Kurcaci

One Piece pun memiliki satu ras unik lainnya selain ras manusia ikan. Mereka adalah ras kurcaci. Suku Tontatta adalah bukti nyata dari ras kurcaci tersebut. Mereka tinggal di Green Bit, sebuah pulau yang ada di utara Dressrosa. Di sana terdapat sebuah kerajaan bernama Tontatta Kingdom. Para kurcaci ini memiliki sejarah yang buruk pula dengan manusia pada masa lalu.

One Piece: 5 Things You Didn't Know About The Giants (& 5 Things You Didn't Know About Dwarves)

Sekitar 900 tahun lalu, mereka semua dijadikan budak oleh keluarga Donquixote setelah sebelumnya keluarga tersebut menawarkan kebaikan kepada suku kurcaci tersebut untuk tinggal di wilayah Dressrosa. Yang terjadi justru mereka dimanfaatkan dengan menjadi budak. Mereka kemudian dibebaskan setelah King Riku berkuasa, tetapi kembali menjadi budak setelah Doflamingo mencuri 500 orang dari suku Tontatta untuk bekerja di pabrik SMILE.

Ras Manusia Hewan

Suku Mink merupakan bagian dari ras ini. Suku Mink pada dasarnya merupakan suku yang semuanya adalah hewan. Namun, sifat dan perilaku serta kecerdasan mereka sangat mirip seperti manusia. Misalnya mereka berjalan dengan dua kaki yang juga jadi penopang tubuh mereka. Satu hal yang menarik dari suku Mink adalah mereka memiliki kemampuan yang tidak dimiliki ras lain.

10 Ras Mink Terkuat di One Piece, Jauh Lebih Kuat dari Manusia Biasa! | Dunia Games

Mereka mampu menguasai teknik Electro, teknik di mana mereka mengendalikan listrik. Semua orang dari suku Mink bisa melakukannya. Kemudian mereka pun mampu berubah wujud ke bentuk liar mereka, yang kemudian disebut sebagai form Sulong. Suku Mink diyakini memiliki peran besar bagi peradaban dunia. Terbukti di mana tempat tinggal mereka, Zou, menjadi tempat di mana salah satu Road Poneglyph berada. Mereka pun memiliki koneksi mendalam dengan klan Kozuki.

Ras Manusia Langit

Manusia langit merupakan salah satu ras yang sampai saat ini masih misterius. Dari mana mereka berasal? Mengapa mereka bisa ada di bumi? Bagaimana kemudian mereka bisa tinggal di sebuah pulau yang melayang di atas langit? Itulah berbagai pertanyaan yang masih belum terjawab sampai saat ini, dan diharapkan Oda Sensei bisa menjawab hal ini sebelum ceritanya selesai.

One Piece Conis and the flame bazooka | Character design, Anime, Azumanga daioh

Ras manusia langit ini memiliki keunikan di mana mereka memiliki semacam sayap kecil di belakang tubuhnya. Inilah yang menjadi ciri khas dari ras ini. Seperti halnya suku Mink, ras manusia langit pun sepertinya memiliki peran penting pada zaman dahulu. Hal ini diketahui dari adanya Poneglyph sejarah di wilayah tersebut. Apakah mereka terlibat dalam dalam perang kuno? Bisa jadi.

Ras Mata Tiga

Sebenarnya tidak ada yang berbeda suku mata tiga dengan manusia biasa, secara tampilan fisik. Seperti namanya, mereka yang menjadi bagian dari suku mata tiga ini memiliki satu mata tambahan yang terdapat di bagian dahi mereka. Meski pun begitu, mereka selalu berusaha menutupi mata ketiga mereka, karena sering kali mereka menjadi incaran dari banyak orang terutama mereka yang berusaha pergi ke Laugh Tale.

Is Blackbeard part of the Three-Eye Tribe? - One Piece

Mengapa kemudian mereka diincar banyak orang? Salah satu hal yang banyak diminati dari ras ini adalah kemampuan mereka untuk membaca Poneglyph. Mereka pun memiliki semacam kemampuan menarik lainnya yang sangat langka yaitu mampu mendengar Voice of All Things. Berbeda dengan ras lainnya, suku mata tiga merupakan salah satu suku yang langka. Sejauh ini baru Charlotte Pudding yang diketahui menjadi bagian dari rasnya.

Ras Rakasasa

Jika ras kurcaci memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, maka ras raksasa memiliki ukuran tubuh yang luar biasa besar. Secara fisik sebenarnya mereka juga mirip dengan manusia, hanya saja ukuran tubuh mereka yang beberapa kali lebih tinggi dan lebih besar dari manusia biasa. Ukuran suku raksasa sendiri paling kecil ada 12 meter. Suku raksasa juga merupakan suku yang memiliki pengaruh dalam ceritanya.

One Piece (Brogy, Dorry, Nefeltari Vivi, Nami, Monkey D. Luffy, Usopp, Sanji, Roronoa Zoro) - Minitokyo

Sudah banyak sekali upaya yang dilakukan untuk bisa merubah manusia biasa menjadi suku yang tinggal di Elbaf ini. Dan sejauh ini, riset yang dilakukan selama ratusan tahun tersebut belum berhasil. Suku raksasa sendiri terbagi menjadi dua. Pertama, Ancient Giants, yang mana memiliki ukuran tubuh lebih besar dari suku raksasa biasa dan memiliki tanduk di kepalanya, gigi tajam, dan warna kulit yang tidak biasa.

Contoh dari hal ini adalah Oars dan juga Little Oars Jr. yang pernah ikut dalam upaya penyelamatan Ace di Marineford. Kemudian yang kedua adalah suku raksasa biasa. Contohnya adalah Hajrudin atau Dorry dan Brogy. Juga ada sebuah jenis suku raksasa lainnya yang masih misterius. Yeti Cool Brothers adalah contoh dari suku raksasa misterius ini.

Lunarians

Suku Lunarians merupakan suku yang misterius dan baru saja diperkenalkan dalam cerita. Berdasarkan informasi yang ada, ras Lunarian dahulu pernah tinggal di wilayah Red Line, dan memiliki kemampuan yang dahsyat di mana mereka bisa mengendalikan api. Mereka juga diketahui menjadi salah satu ras kuno yang sudah dianggap punah.

Mindblowing connection between Sanji and King, descendant of the Lunarians! - One Piece

Salah satu All-Stars dari kelompok bajak laut Beast, King, dianggap sebagai bagian dari ras ini. Namun, sebenarnya sampai sekarang masih belum ada konfirmasi apakah memang King merupakan bagian dari ras Lunarians dan seperti apa sebenarnya ras Lunarian yang disebut sebagai ras dari para dewa.