Chapter terbaru dari seri manga Dragon Ball Super kembali membangkitkan sosok ayah Goku yang sudah lama tewas, yaitu Bardock. Nama Bardock bahkan sempat menjadi trending di media sosial Twitter, setelah Akira Toriyama menghadirkan cerita bahwa Bardock memiliki koneksi dengan sosok Granolah. Ternyata Bardock adalah Saiyan yang menyelamatkan hidup Granolah.

Sudah cukup lama nama Bardock tidak terdengar di telinga para fans Dragon Ball, dan bahkan kembali menjadi bahan perbincangan hangat. Sebagian fans mungkin ada yang sudah mengenal sosok Bardock, namun sebagian dari Geeks mungkin ada yang belum mengenalnya. Lalu, siapa sebenarnya Bardock, yang merupakan ayah dari Kakarot alias Goku?

Bardock merupakan seorang Saiyan yang berasal dari masyarakat biasa. Dia merupakan pemimpin dari kelompok pemberontak kecil. Bardock kemudian menikahi sesama Saiyan bernama Gine, yang mana merupakan salah satu dari anggota kelompok pemberontak tersebut. Kelompok tersebut sering sekali bepergian dari satu planet ke planet yang lain. Mereka adalah tim pertama yang tiba untuk menghancurkan pertahanan di planet tersebut.

Setelah pertahanan dari planet tersebut hancur atau runtuh, barulah kemudian Frieza dan kelompoknya muncul. Meski pun angkuh, Bardock sangat peduli terhadap rekan-rekannya dan bahkan sering kali dia menyelamatkan mereka dalam pertarungan. Hal inilah yang membuat Bardock cukup populer di kalangan level bawah para Saiyan – terutama yang ikut bertarung bersamanya.

Bardock sendiri merupakan salah satu dari sedikit Saiyan yang berani menentang Frieza yang tidak jarang berlaku sewenang-wenang terhadap kelompoknya atau masyarakat bawah lainnya. Ini merupakan sesuatu yang bahkan King Vegeta pun tidak mau melakukannya. Bardock sendiri pernah diperlihatkan bersedih atas kehilangan sahabatnya, sesuatu yang jarang sekali terjadi bagi para Saiyan. Terlepas dari hal itu, dia adalah petarung yang brutal dan mengerikan.

Gine sendiri berbeda dengan Saiyan lainnya, di mana dia tidak terlalu handal dalam bertarung. Dia tidak kasar atau pun kejam, justru dia adalah Saiyan yang baik dan ramah. Karena itulah dia kemudian memutuskan untuk berhenti sebagai bagian dari kelompok pemberontak yang dipimpin Bardock. Dan sikap Gine tersebut sepertinya berpengaruh terhadap Bardock.

Bardock berubah menjadi jauh lebih peduli dan penuh kasih sayang terhadap dua anaknya, Raditz dan Goku. Kembali, ini menjadi sesuatu yang berbeda yang dilakukan oleh para Saiyan lainnya. Setelah mengetahui bahwa Frieza takut akan legenda Super Saiyan, akhirnya Bardock berencana mengirim Goku pergi dari planetnya agar dia bisa hidup. Dia pun berhasil mengirim Goku ke bumi.

Beberapa bulan setelahnya, Bardock dan seluruh Planet Vegeta pun hancur oleh Frieza. Fakta menarik mengenai Bardock, dia tidak muncul dalam seri manga atau pun anime pada awalnya. Bardock pertama kali muncul dalam film Dragon Ball Z: Bardock – The Father of Goku yang dirilis pada 1990. Jadi, sebenarnya Bardock merupakan karakter asli Toei Animation.

Bardock sempat muncul dalam manga, meski pun hanya dua panel, ketika Frieza pertama kali melihat Goku, yang mana mengingatkannya akan sosok Bardock. Bardock kembali muncul di seri anime Dragon Ball Z, ketika Frieza ingat bagaimana dia diserang oleh Bardock sebelum Planet Vegeta hancur. Bardock juga muncul sekilas di episode pertama Dragon Ball Z Kai.

Bardock bahkan mendapatkan sebuah cerita khusus pada 2011, di mana diselamatkan oleh Towa dari kematiannya akibat serangan Frieza. Dalam cerita Episode of Bardock tersebut, Towa berusaha untuk menangkap Bardock dengan menggunakan sebuah wormhole, tetapi Bardock berhasil kabur menuju Planet Plant. Di sana, dia kemudian bertemu dengan sekelompok penghuni dan menyelamatkan mereka dari serangan anak buah Chilled, kakek moyang Frieza.

Bardock kemudian mencapai level Super Saiyan, dan berhasil mengalahkan Chilled. Dia juga sempat muncul dalam film Cooler’s Revenge dan disebutkan dalam film Broly – The Legendaru Super Saiyan. Bardock memiliki versi lain yang disebut Xeno Bardock, yang merupakan anggota dari Time Patrol, dan muncul di Super Dragon Ball Heroes. Bardock juga muncul dalam berbagai judul game seri Dragon Ball. Selain menjadi kejutan besar, munculnya nama Bardock kembali dalam cerita juga cukup menyita perhatian besar dari para fans.